Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Memancing Di Laut Yang Perlu Anda Perhatikan

 

tips memancing dilaut

Duniahobiku.com - Artikel dibawah akan mengulas tentang tips memancing dilaut yang dapat menjadi panduan anda sebelum memancing dilaut. Memancing adalah aktivitas menyenangkan dan bisa membuat anda awet muda dengan keluar sejenak dari rutinitas yang selama ini anda lakukan. Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik karena tidak mungkin bolak balik saat ditengah laut karena melupakan barang bawaan.

Memancing dilaut memang kegiatan berlibur yang unik meskipun anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tetapi kepuasan mendapatkan ikan berukuran besar cukup sebanding dengan sensasi yang anda peroleh saat memancing  dan hal ini tidak bisa dikur dengan materi dan perasaan ini hanya dirasakan oleh para mancing mania. Sebelum berangkat tentunya anda harus memeprsiapkan segala sesuatu dengan matang. Berikut beberapa tips memancing dilaut yang mungkin bisa membantu anda menyusun rencana

1.      Keringkan Air Pada Lantai Kapal

Salah satu yang perlu anda perhatikan saat akan menggunakan perahu yaitu air tergenang yang berada pada lantai kapal, penting untuk menjaga lantai perahu sekering mungkin. Hal terburuk yang bisa saja terjadi adalah terjatuh di kapal dan ada benda tajam yang berbahaya di dekatnya. Gunakan handuk atau kain pel untuk membuat lantai sekering mungkin sebelum melakukan perjalanan.

2.      Cara Mencari Spot Mancing Di Laut

Saat memancing di laut, selalu lihat daerah yang memiliki air terdalam. Ikan suka berkumpul di daerah jenis ini, terutama di cuaca hangat. Tempat lain yang bagus untuk mencarinya adalah di sekitar bebatuan besar dan di bawah hamparan batu atau rumpon, burung laut yang ramai beterbangan bisa menjadi pertanda ada kerumunan ikan disekitar daerah tersebut. Ketika Anda telah menemukan lokasi yang bagus, ingatlah lokasi tersebut  sebagai spot memancing berikutnya.

lokasi memancing di laut
lokasi memancing di laut

1.      Cara Mancing Dilaut Supaya Dapat Ikan Besar

Untuk menangkap ikan yang lebih besar, Anda mungkin ingin mencoba umpan yang lebih besar. Umpan yang lebih besar mungkin lebih mahal, tetapi dapat menghasilkan tangkapan yang jauh lebih besar. Ini masuk akal karena ikan yang lebih besar secara alami akan memakan sesuatu yang lebih besar di dalam airnya, jadi mereka juga akan tertarik pada umpan yang lebih besar. Anda bisa menggunakan cumi-cumi, ikan, dan udang untuk memancing dilaut, umpan tiruan pun banyak digunakan para mancing mania.

cara mancing ikan besar
cara mancing ikan besar

2.      Patuhi Peraturan Yang Ada

Berhati-hatilah dengan undang-undang penangkapan ikan yang berbeda yang berlaku di berbagai wilayah tempat Anda memilih untuk memancing. Beberapa tempat melarang penangkapan ikan di danau, sungai dan laut, dan tempat lain mungkin tidak mengizinkan jenis umpan tertentu. Anda selalu dapat memverifikasi informasi dengan memeriksa melalui informasi online maupun mendatangi dinas setempat.

3.      Ketahui Cara Memasang Kail Yang Baik

Simpul kali yang baik sangat efektif untuk memasang umpan atau kail ke pancing Anda. Selipkan garis Anda melalui ujung pengait, dan bungkus sekitar lima kali sebelum Anda memasukkan tali ke dalam mata kail.  Untuk menyelesaikan simpul, tarik ujung di sekitar simpul dengan sangat erat. Ada banyak teknik mengikat simpul yang bisa anda pelajari baik melalui buku atau Youtube.

Jika Anda akan menjadi nelayan, maka pastikan Anda tahu cara memasang kail. Terutama saat menggunakan umpan, set hook cepat sangat penting. Tidak ada yang lebih menyakitkan perasaan pemancing ketika mendapatkan ikan besar dan ikannya lepas hanya karena pemasangan kail yang tidak tepat.

4.      Siapkan Sarana Perlengkapan Memancing

Saat Anda berangkat memancing, pastikan untuk membawa semua barang dan perlengkapan penting bersama Anda. Ini bisa berbeda, tergantung di mana Anda berada atau ke mana Anda akan pergi. Barang-barang seperti tabir surya, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam harus dimiliki untuk setiap perjalanan memancing. Anda juga harus membawa senter, kompas dan ponsel, terutama jika Anda akan pergi ke lokasi baru. Pastikan joran, senar yang kuat, mata kail, umpan dan perlengkapannya memiliki kualitas yang baik.

sarana perlengkapan memancing
sarana perlengkapan memancing

5.      Waktu Yang Tepat Mancing Di Laut

Selalu tahu seperti apa cuaca saat Anda berangkat memancing. Anda tidak akan terlalu siap jika tidak tahu seperti apa cuacanya. Jika ternyata di luar tidak menyenangkan, Anda mungkin berada dalam situasi yang sangat berbahaya jika Anda tidak siap. Sebelum Anda pergi memancing, pastikan untuk memeriksa ramalan cuaca sampai Anda benar-benar siap pergi. Hindari memancing saat bulan bersinar dengan terang karena cenderung hasil pancingan tidak maksimal.

badai di Laut
gambar badai di Laut

6.      Gunakan Mesin Pencari Ikan / Fish Finder

Gunakan salah satu dari banyak mesin pencari ikan yang tersedia untuk menemukan tempat memancing yang optimal saat berperahu. Mesin pencari ikan / fish finder memanfaatkan teknologi sonar untuk mendeteksi ikan di dalam air. Mesin ini akan sangat membantu anda mengetahui posisi ikan berkumpul dan ukurannya.

fish finder
gambar fish finder

7.      Siapkan Obat Anti Mabuk Laut

Menurut para ahli, Anda tidak boleh memancing di air asin tanpa membawa obat untuk mabuk laut. Meskipun Anda biasanya tidak mudah mabuk perjalanan, gerakan goyang kapal dapat menyebabkan mual, yang bisa membuat anda tidak akan memancing dan cenderung hanya muntah dan lebih ingin beristirahat dibandingkan memancing Untuk amannya, pastikan untuk menyimpan persediaan sampai Anda terbiasa dengan gerakan air yang bergoyang. Siapkan juga kotak P3K.

8.      Kesabaran Kunci Pemancing Sukses

Kesabaran adalah kunci sukses memancing. Jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa duduk diam, memancing mungkin bukan olahraga yang cocok untuk Anda. Anda mungkin perlu melakukan perjalanan memancing kecil untuk melatih tingkat kesabaran Anda. Memancing jauh lebih rumit daripada yang terlihat pada awalnya. Anda perlu mengetahui kebiasaan ikan dan ikan apa yang ditemukan di mana, dan bagaimana cara menangkap ikan secara efektif. Anda dapat menemukan banyak nasihat bagus di internet atau di berbagai buku.

pemancing dilaut
gambar pemancing dilaut

9.       Faktor Keselamatan Penting

Saat mengajak anak Anda memancing, selalu utamakan keamanan dan keselamatan. Jangan biarkan mereka memasang umpan sendiri atau memegang kailnya. Jelaskan kepada mereka betapa berbahayanya melakukan itu.

Jika Anda memancing bersama keluarga, pastikan anggota yang lebih muda memiliki peralatan yang sesuai dengan mereka dan kemampuan mereka. Anda tidak dapat mengharapkan anak-anak Anda sukses jika pancingnya lebih besar dari mereka. Ingatlah untuk selalu aman setiap kali Anda pergi memancing. Pastikan untuk mengenakan jaket pelampung jika menggunakan kapal. Memancing di atas kapal memang menyenangkan, tapi pastikan Anda aman.

perlengkapan keamanan dilaut
gambar perlengkapan keamanan dilaut

10.      Periksa Kondisi Kapal

Kapal merupakan “kendaraan” anda memancing ditengah laut dan harus mendapat cukup perhatian. Anda tentunya tidak ingin ada masalah dengan mesin kapal dan segala perlengkapan pendukung saat ditengah laut bukan? Layaknya mobil dan motor yang kita miliki, kita harus memeriksa secara berkala kondisi kapal dan mesin agar selalu siap mengarungi lautan.

pemeriksaan mesin kapal
gambar pemeriksaan mesin kapal

Semoga 10 Tips Memancing Di Laut Yang Perlu Anda Perhatikan dapat bermanfaat dan memberikan panduan kepada untuk mempersiapkan segala perlengkapan dan apa saja yang harus dilakukan sebelum memancing dilaut. Semoga beruntung!