Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Buah Pete Dibalik Baunya Yang Menyengat

 manfaat buah pete

Duniahobiku.com - Apakah anda mengetahui manfaat buah pete? Meskipun banyak dihindari karena dapat menyebabkan bau mulut yang menyengat tetapi tidak sedikit orang yang menggemari buah pete. Buah berbentuk bulat pipih dan berwarna hijau ini sering dijadikan lalapan atau dicampur ke dalam masakan. Tetapi dibalik baunya ternyata buah ini memiliki berbagai khasiat yang terbukti baik bagi kesehatan anda.

Penyebab bau pete

Bau yang ditimbulkan ketika memakan pete adalah bau mulut kurang sedap bahkan bau ini masih tercium saat kita buang air kecil. Jadi tidak heran jika beberapa orang lebih memilih untuk menghindari makan pete dan orang yang memakan buah ini.  Bau ini disebabkan kandungan asam amino yang mengandung sulfur dan menghasilkan gas H2S (Hidrogen Sulfida) yang menjadi sumber bau saat mengkomsumsi buah pete. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan bau ini selain sikat gigi dan berkumur dengan larutan pembersih mulut yaitu dengan mengkomsumsi buah atau sayur, meminum susu, bahkan beberapa orang menggunakan cara yang sedikit unik dengan mengunyah beras dan bubuk kopi.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pada Pete

Buah petai dapat dikomsumsi dengan mengolahnya terlebih dahulu tetapi beberapa orang juga sering mengkomsumsi pete dalam keadaan mentah, meskipun bisa tetapi cara ini sebaiknya dihindari untuk mencegah resiko terkena sakit perut karena kurang higienis. Menurut berbagai penelitian yang dilakukan kandungan nutrisi buah pete dalam 100 gram buah petai adalah sebagai berikut :

Energi 92 kalori

Lemak 1,10 gram

Vitamin B10,80 mikrogram

Vitamin B20,10 mikrogram

Vitamin B36,10 mikrogram

Vitamin C 34 miligram

Karbohidrat 15,20 gram

Protein 5,40 gram

Serat pangan 2 gram

Kalsium 14 miligram

Fosfor 170 miligram

Natrium 55 miligram

Kalium 221 miligram

Zat besi 1,60 miligram

Betakaroten 114 mikrogram

Air 77,2 gram

Manfaat Buah Pete Dibalik Baunya Yang Menyengat

Pete atau petai yang ada dipasaran umumnya merupakan jenis petai gajah dan petai kacang, perbedaaanya dapat diketahui dari jumlah polong dan panjang buah.  Petai gajah memiliki biji yang lebih banyak (15-18 biji) dan panjangnya dapat mencapai 25-30 cm sedangkan petai kacang memiliki buah yang lebih sedikit sekitar 10-12 biji dan panjang  buah hanya sekitar 20 cm.

buah pete
gambar buah pete

Mengkomsumsi pete bisa menjadi solusi agar hidup anda lebih sehat tanpa menggunakan obat-obatan asalkan dikomsumsi dalam batas yang wajar. Harga pete pun terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan harga obat-obatan kimia yang memiliki harga lebih mahal dan tentu saja lebih alami sehingga aman untuk dikomsumsi. Berikut 8 Manfaat Buah Pete Yang Perlu Anda Ketahui

1.      Menghilangkan Depresi

Percaya atau tidak manfaat buah pete dapat menghilangkan depresi dan insomnia. Orang-orang bisa saja terkena depresi entah itu karena masalah yang dihadapinya atau faktor lainnya. Bagi Anda yang ingin terhindar dari depresi bisa memakan buah pete. Kandungan tryptophan di dalam buah pete ternyata bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, terasa sangat bahagia atau mengembalikan mood seseorang.

2.      Mencegah Anemia

Anemia yang merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan darah ternyata bisa diatasi dengan memakan pete. Buah yang memiliki bau tidak sedap ini menyimpan kandungan zat besi yang sangat banyak. Anemia sendiri mempunyai ciri seperti badan terasa lemas, sering pusing, aktivitas yang dikerjakan tidak bisa optimal dan daya tahan tubuh yang lemah. Untuk itu jika Anda mengalami ciri-ciri seperti ini jangan ragu untuk memakan buah pete.

3.      Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Manfaat buah pete yang satu ini sangat dianjurkan bagi para pecandu rokok yang ingin mencoba untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Di dalam pete terkandung Kalium, Magnesium dan Vitamin B6, B12 yang terbukti bisa membantu seseorang untuk menghentikan kecanduannya dari nikotin.

4.      Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Buah pete mengandung Kalium yang tinggi tetapi memiliki kadar garam yang rendah. Makan buah pete sangat dianjurkan bagi seseorang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi mengingat tekanan darah yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

5.      Mencegah Gangguan Lambung

Buah pete ternyata sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami penyakit maag. Pete juga menjadi salah satu buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita maag. Manfaat yang didapat antara lain adalah dapat menetralisir asam lambung dan mencegah terjadinya infeksi pada dinding lambung.

6.      Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa dalam 100 gram buah petai terdapat sekitar 34 milligram vitamin C. Vitamin C seperti kita ketahui sangat baik untuk merningkatkan daya tahan tubuh, mengobati gusi berdarah dan sariawan, panas dalam dan sejumlah manfaat lainnya. Tetapi jangan berlebihan ya mengkomsumsi buah pete karena dikhawatirkan dapat meningkatkan asam urat dan resiko penyakit ginjal.

7.      Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas

Buah petai mengandung serat alami yang sangat baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet ataupun yang mengalami obesitas.  Serat alami pada buah ini akan membantu sistem pencernaan anda menjadi lebih dan membuat perut anda terasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk selalu ngemil yang menjadi salah satu pemicu suilitnya mengontrol penambahan berat badan.

8.      Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kalium dan potassium pada buah pete ternyata berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat sehingga membuat kita mudah menangkap dan mengingat pelajaran yang diberikan. Bagi yang sering lupa dimana meletakkan benda-benda yang dimilikinya (pikun) atau ingin anaknya menjadi pandai maka jangan lupa untuk menyertakan olahan buah pete dalam menu makanan dirumah anda.

Semoga artikel tentang 8 Manfaat Buah Pete Dibalik Baunya Yang Menyengat dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang berbagai manfaat buah yang ada di Indonesia. Jadi pilih mana sehat atau bau?.