Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Daftar Minuman Dan Makanan Yang Berbahaya Untuk Anjing

 

makanan yang berbahaya untuk anjing

Duniahobiku.com - Daftar minuman dan makanan yang berbahaya untuk anjing dalam artikel ini perlu diketahui oleh para pencinta anjing agar tidak keliru memberikan makanan dan minuman buat anjing kesayangan kita. Terkadang kita memberikan makanan yang sebenarnya berbahaya karena tidak mengetahui resikonya dan terkadang juga kita memberikannya karena saat menyantap makanan tersebut anjing berada didekat kita. Namun ternyata minuman dan makanan tersebut bisa memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan anjing  milik  kita dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada anjing.

Makanan yang baik akan membuat pertumbuhan anjing menjadi optimal dan membuat anjing makan sehat. Nutrisi terbaik yang dibutuhkan pada anjing biasanya terdiri dari protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Tentu saja pemberian dari nutrisi ini juga akan disesuaikan dengan porsi dan umur anjing. Bila terlalu banyak memberikan porsi nutrisi maka hal itu akan berakibat buruk bagi kesehatan anjing hingga mengalami obesitas.

Ada beberapa jenis minuman dan makanan yang sering dikonsumsi oleh manusia namun berbahaya untuk anjing. Sehingga hal ini juga harus anda perhitungkan dan tidak memberikannya kepada anjing milik kita. Berikut 11 jenis minuman dan makanan yang berbahaya untuk anjing yang sebaiknya dihindari oleh anjing :

1.      Minuman yang mengandung alkohol

Jenis minuman ini adalah musuh utama bagi kesehatan anjing anda. Jangan pernah memberikan minuman beralkohol apapun kepada anjing. Bahkan, minuman ini akan sangat berbahaya bila hanya diberikan sedikit saja. Menurut dokter hewan, minuman beralkohol jenis apapun akan menyebabkan anjing anda mengalami kesulitan bernafas, muntah dan diare, keracunan bahkan pingsan dalam waktu yang cukup lama hingga kematian. Selain itu, beberapa anjing ras memang akan mengalami perubahan yang sangat mendadak bila mengkonsumsi minuman beralkohol baik sengaja ataupun tidak.

anjing dan minuman beralkohol
gambar anjing dan minuman beralkohol

2.           Minuman Mengandung kafein

Minuman yang mengandung kafein juga termasuk salah satu hal yang harus dihindari. Apalagi jenis minuman seperti ini banyak dikonsumsi oleh manusia. Meskipun kita sering mengkonsumsi minuman seperti ini bukan berarti bisa diberikan pada anjing. Beberapa jenis minuman yang mengandung banyak kafein seperti berbagai jenis kopi, cokelat, teh hijau, dan lainnya. Minuman yang banyak mengandung kafein akan memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh pada anjing seperti diare berkepanjangan, muntah, hingga kerusakan sistem saraf yang menyebabkan lumpuh. Menurut dokter hewan, jenis minuman kafein yang akan memberikan dampak buruk biasanya memiliki kandungan theobromine atau theophylline.

anjing dan minuman mengandung kafein
gambar anjing dan minuman mengandung kafein

3.      Olahan yang berasal dari alpukat

Anda mungkin sering mengkonsumsi alpukat untuk mendukung kesehatan tubuh. Namun, anda harus ingat bahwa alpukat yang baik untuk anda tidak selalu memberikan dampak yang baik juga pada anjing. Alpukat termasuk dalam daftar jenis olahan minuman atau makanan berbahaya bagi anjing. Olahan alpukat memiliki kandungan zat persin yang sangat berbahaya bagi anjing. Sebaiknya anda tidak memberikan olahan apapun yang berasal dari buah ini. Zat persin pada alpukat akan menyebabkan diare yang cukup membahayakan bagi anjing.

makanan olahan alpukat
gambar makanan olahan alpukat

4.      Tulang ayam atau ikan

Jenis makanan ini biasanya sering terlihat diberikan pada anjing secara langsung. Meskipun kita memiliki niat yang baik untuk memberikan makanan sisa pada anjing, namun jenis makanan ini akan berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Ukuran yang cukup kecil pada tulang ayam atau ikan akan membuat sistem pencernaan terganggu. Bahkan, pada beberapa kasus ukuran yang cukup kecil itu bisa menusuk bagian dalam dari sistem pencernaan. Hal ini justru membuat anjing merasakan sakit yang cukup menyiksa.

anjing dan tulang
gambar anjing dan tulang

5.      Selalu hindari makanan kucing

Setiap jenis makanan yang diberikan pada hewan peliharaan memiliki kandungan yang berbeda. Hal ini berlaku juga pada saat memberikan makanan kepada anjing. Jangan pernah memberikan makanan kucing kepada anjing kesayangan anda. Nutrisi dan kandungan material makanan yang terdapat pada makanan kucing akan sangat berbeda pada kebutuhan nutrisi anjing. Apalagi beberapa jenis makanan kucing juga biasanya mengandung nutrisi protein dan karbohidrat yang terlalu tinggi untuk diberikan pada anjing. Hal ini akan membuat anjing memiliki potensi untuk mengalami obesitas.

makanan kucing
gambar makanan kucing

6.      Ikan dan olahan sejenisnya

Ikan menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Namun, hal itu hanya berlaku pada manusia. Jangan pernah berpikir untuk memberikan ikan ataupun olah sejenisnya kepada anjing. Selain memiliki tulang atau duri yang cukup kecil, ikan juga mengandung protein tinggi. Bila diberikan kepada anjing, biasanya hal ini akan menyebabkan dampak defisiensi thiamine atau mendapatkan vitamin B secara berlebihan. Kondisi ini membuat anjing tidak akan memiliki selera terhadap jenis makanan lainnya. Bahkan, beberapa anjing ras akan mengalami kejang yang cukup buruk bila mengkonsumsi daging ikan.

olahan ikan
gambar olahan ikan

7.      Pemberian garam berlebihan pada makanan

Porsi setiap makanan anjing sudah memiliki perhitungan nutrisi yang sangat baik. Anda harus menghentikan kebiasaan menambahkan bahan makanan lainnya pada dog food. Garam adalah salah satu bahan makanan yang harus dihindari bagi anjing. Jangan pernah menambahkan garam pada jenis makanan anjing. Meskipun memberikan rasa tambahan, namun garam akan membuat anjing mengalami elektrolit yang tidak seimbang pada seluruh bagian tubuh.

garam
gambar garam

8.      Daging dan telur juga harus dihindari

Jumlah protein yang dikandung pada daging dan telur selalu dianggap akan menjadi pilihan untuk makanan anjing. Apalagi beberapa jenis dog food memang banyak mengandung protein seperti pada jenis makanan itu. Namun, beberapa dokter menyarankan untuk menghindari pemberian daging atau telur mentah kepada anjing. Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan anjing khususnya pada sistem pencernaan. Bila anda ingin memberikan olahan daging sebaiknya sudah melalui proses memasak. Jangan pernah memberikan daging mentah kepada anjing. Apalagi beberapa daging mentah banyak mengandung bakteri yang bisa menyebabkan anjing diare. Selain itu, telur mentah juga mengandung enzim avidin yang akan membuat tubuh anjing mengalami penurunan vitamin B. Kondisi ini biasanya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tulang.

daging dan telur
gambar daging dan telur

9.      Berbagai kacang-kacangan dan anggur

Buah-buahanan seperti anggur dan berbagai kacang-kacangan (kacang macadamia) juga termasuk dalam daftar makanan berbahaya bagi anjing. Makanan ini mengandung toksin yang cukup tinggi. Bila anda memberikan jenis makanan ini biasanya akan terjadi perubahan kondisi pada ginjal anjing. Kerusakan yang diakibatkan toksin juga berdampak pada sistem pencernaan dan sistem saraf berkepanjangan bahkan kadang bisa mengakibatkan kelumpuhan pada kaki belakang anjing. Jangan pernah mengambil resiko yang cukup tinggi hanya karena ingin memberikan jenis makanan ini kepada anjing kesayangan anda.

anjing dan anggur
gambar anjing dan anggur

10.      Hindari semua jenis jamur

Jenis olahanan jamur biasanya sering dikonsumsi manusia. Serat dan berbagai nutrisi terbaik pada jamur juga dibutuhkan manusia. Namun, anda sebaiknya tidak memberikan jenis makanan ini pada anjing. Jamur memiliki kandungan toksin yang sangat tinggi dan termasuk dalam makanan berbahaya bagi anjing. Bila diberikan pada anjing, kandungan toksin (racun) pada beberapa jenis jamur  biasanya akan mudah merusak kondisi ginjal dan saraf pada anjing. Apapun alasannya jangan pernah memberikan jenis makanan ini kepada anjing. Efek buruk yang akan dialami anjing karena mengkonsumsi jamur adalah kematian.

aneka jenis jamur
gambar aneka jenis jamur

11.      Tidak semua makanan manusia baik untuk anjing

Sebaiknya hentikan memberikan makanan sisa kepada anjing anda. Tidak semua jenis makanan yang anda konsumsi setiap hari memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan anjing. Apalagi kandungan atau zat yang terdapat pada makanan sisa itu juga kadang-kadang memberikan efek buruk bagi anjing ras. Apalagi sebagian makanan sisa yang diberikan biasanya memiliki tulang atau duri yang akan mengganggu sistem pencernaan. Kondisi dari makanan sisa yang buruk akan menyebabkan muntah hingga diare cukup lama. Jangan ambil resiko ini untuk anjing kesayangan anda

aneka makanan
gambar aneka makanan

Semoga artikel tentang 11 Daftar Minuman Dan Makanan Yang Berbahaya Untuk Anjing dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara memberi makanan kepada anjing kesayangan kita.