Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan Untuk Menghilangkan Bau Badan Bisa Anda Coba

 makanan untuk menghilangkan bau badan

Duniahobiku.com - Apakah ada makanan untuk menghilangkan bau badan? Apakah anda merasa kurang percaya diri karena memiliki masalah bau badan? Ada banyak cara untuk mengatasi bau badan bisa dengan menyemprotkan parfum ke tubuh atau pakaian, mandi menggunakan sabun antibakteri,  menggunakan deodorant, dll. Tapi ada cara lain yang lebih sehat dan alami yaitu dengan memilih jenis makanan tertentu yang bisa menghilangkan bau badan. Untuk mengetahui makanan apa sajakah itu simak terus artikel dibawah ini.

Bau badan atau dikenal juga bromhidrosis dan disebabkan oleh bakteri yang akan bertambah banyak saat kita melakukan aktivitas yang memicu keringat semakin banyak. Yang perlu kita garis bawahi adalah keringat sendiri sebenarnya tidak memiliki bau. Ada banyak hal yang bisa memicu bau badan seperti gaya hidup yang kurang sehat, faktor keturunan, makanan yang bisa memicu bau badan, atau jika seseorang memiliki masalah kesehatan. Bau badan juga akan lebih tercium jika kita memakan makanan seperti susu, telur, makanan pedas dan berminyak, bawang, kafein, minuman beralkohol serta makanan berbumbu lainnya.

Menggunakan makanan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi masalah bau badan tentunya sangat mudah karena kita harus mangkomsumsi makanan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tinggal anda memilih jenis makanan apa saja yang bisa membantu anda mengatasi masalah yang timbul akibat bau badan. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda menghilangkan bau badan adalah:

1.      Manisan pala

Manisan buah pala siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini, dengan rasa dan aroma yang khas ternyata manisan pala ini berkhasiat untuk menghilangkan bau badan pada tubuh anda. Zat yang terdapat pada buah pala dapat menekan bau yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Buah pala sering dijadikan manisan dan dibuat dalam bentuk manisan pala basah maupun kering.

manisan pala

Gambar manisan pala

2.      Kemangi

Tumbuhan kemangi atau yang lazim disebut dengan daun kemangi juga dapat menghilangkan bau badan pada tubuh anda. Bagi anda yang suka mengkonsumsi masakan pecel lele tentunya sudah familiar dengan daun kemangi ini, daun kemangi sering atau biasa dijadikan pasangan sebagai lalapan dalam menu masakan terutama masakan khas sunda dan pecel lele tadi. Dengan mengkonsumsi kemangi maka bau badan yang tidak sedap akan berangsur-angsur hilang dari tubuh anda.

tanaman kemangi

Gambar tanaman kemangi

3.      Kayu manis

Kayu manis yang biasa dijadikan penambah aroma pada masakan ternyata dapat juga anda gunakan sebagai penghilang bau badan, dengan merebus kayu manis dan meminum air rebusan kayu manis tersebut maka bau badan bisa tersingkir dan menjauh dari anda. Andapun bisa mengolahnya dengan cara lain seperti mencampurkan sedikit bubuk kayu manis pada teh racikan anda.

kayu manis

Gambar kayu manis

4.      Komsumsi Sayur-Sayuran

Menurut beberapa penelitian kandungan klorofil pada sayuran berwarna hijau dapat menetralkan zat dalam tubuh yang bisa memicu bau badan. Rutin mengkomsumsi sayuran dalam menu harian anda bukan hanya menghilangkan bau badan tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan anda dan membuang racun dari dalam tubuh. Mengkomsumsi sayuran seperti parsley dan mint sangat baik untuk menyegarkan mulut dan tubuh.

sayur-sayuran

Gambar sayur-sayuran

5.      Komsumsi buah-buahan

Buah jeruk dan apel merupakan buah yang sangat disarankan dalam mengatasi bau badan. Kandungan buah jeruk dan apel dapat menekan laju perkembangan bakteri yang menjadi pemicu kuat bau badan seseorang. Kedua buah biasa anda komsumsi langsung maupun diolah menjadi minuman juice yang menyegarkan sehingga anda tentunya tidak merasa terbebani layaknya minum ramuan jamu pahit. Mengkomsumsi buah-buahan juga dapat memperlancar pencernaan dan mengatasi bau mulut.

jeruk dan apel

Gambar jeruk dan apel

6.      Jamur Kancing

Ada ribuan jenis jamur jamur yang ada didunia meskipun tidak semua bisa dikomsumsi karena bisa mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Salah satu jenis jamur yang bisa menekan aroma tak sedap dari bagian tubuh kita adalah jamur kancing yang dalam perdagangan dikenal juga dengan nama jamur champignon. Memakan jamur secara teratur selama 1 bulan dapat mengurangi bau badan tak sedap dari tubuh, manfaat lain dari mengkomsumsinya adalah meningkatkan daya tahan imun anda dari berbagai penyakit.

jamur kancing

Gambar jamur kancing

Demikanlah 6 makanan untuk menghilangkan bau badan yang dapat anda konsumsi sebagai penghilang bau badan. Ada baiknya selain mengkonsumsi makanan penghilang bau badan ini anda juga menghindari makanan yang dapat menyebabkan munculnya bau badan dan tentunya lakukan cara menghilangkan bau badan yang baik dan benar agar terhindar dari masalah bau badan.