Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan Khas Thailand Yang Perlu Anda Coba

makanan khas thailand

Duniahobiku.com - Makanan khas Thailand ada banyak sekali macamnya, mulai dari yang berbahan dasar sayuran hingga daging, mulai dari makanan enak hingga yang makanan ekstrim, dari yang halal sampai yang haram semuanya ada di Thailand. Dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang datang ke Thailand tentu saja akan memberikan dampak terhadap jenis masakan di Thailand, baik itu langsung maupun tidak langsung. Banyak makanan khas Thailand yang terkenal, bahkan sampai ke Indonesia seperti tom yum. Dengan banyaknya makanan khas yang ada di Thailand, tentu hal tersebut akan memudahkan para turis yang berasal dari banyak negara untuk mencari makanan yang sesuai dengan lidah mereka. Meskipun untuk menyebutkan nama makanan khas Thailand lidah kita mesti berputar dan bersalto karena namanya yang unik.

Makanan Khas Thailand Yang Banyak Dicari

Banyak turis yang sengaja datang ke Thailand memang bertujuan untuk mencoba makanan khas Thailand yang langsung dibuat di Thailand. Memang wisata kuliner merupakan salah satu kewajiban bagi para pelancong, rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke suatu negara namun tidak mencoba makanan khasnya, termasuk mencoba makanan khas Thailand.

Ada banyak makanan dari Thailand yang terkenal oleh para traveler seperti Tom Yum Goong, Gang Som Pak Ruam, Gang Keow Wan, Panang Gai, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, ketika anda ke Thailand dan tidak mencoba kuliner yang khas dari Thailand maka anda akan menyesal karena sudah menempuh perjalanan jauh ke Thailand namun masih mencari makanan khas Indonesia. Berikut makanan khas Thailand yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke negeri gajah putih atau negeri seribu pagoda:

1.      Tom Yum Goong (sup udang)

Tom Yam Goong merupakan salah satu makanan khas Thailand yang paling terkenal, termasuk di Indonesia. Tom Yum Goong ini merupakan masakan khas yang komposisinya terdiri dari udang, daun serai, tomat, jamur, lengkuas, dan juga tidak ketinggalan yaitu perasan dari daun jeruk purut. Makanan yang satu ini menjadi semakin menggiurkan dengan kuah santan yang ada di dalamnya yang akan membuat sensasi makan kita menjadi semakin berselera. Biasanya Tom Yum Goong ini disajikan dalam keadaan yang masih panas sehingga mencium uap panasnya saja akan memberikan sensasi yang menggugah selera. Makanan ini sangat cocok disantap saat cuaca sedang dingin karena bisa menghangatkan tubuh.

Tom Yum Goong
Gambar Tom Yum Goong (sup udang)

2.      Mango sticky Rice (khao niao mammuang)

Buah mangga tentunya bukan hal baru ditanah air, kita sering mengkomsumsinya secara langsung maupun dibuat rujak. Tetapi mangga asal Thailand ini sedikit berbeda dari cara penyajiannya. Ketan mangga atau dalam bahasa Thailand disebut khao niao mamuang merupakan salah satu jajanan khas Thailand yang berasal dari buah mangga segar yang dicampur dengan saus ketan yang membuat tampilannya semakin unik dan disajikan sebagai hidangan penutup. Mango sticy rice biasa dijajakan ditempat-tempat wisata Thailand maupun restoran.

mango sticky rice
Gambar Mango sticky Rice

3.      Pad Thai (Phad Thai)

Jika anda merupakan penggemar kuliner olahan mie, menu yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Mie goreng ala Thailand ini terbuat dari mie beras yang ditumis dengan telur, tahu, tauge, bawang merah dan putih, bunbu serta berbagai bahan lain yang membuatnya menjadi makanan sehat yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke negeri Thailand. Jika ditanah air kita biasanya menggunakan kecap manis maka pada menu ini kita bisa mencobanya dengan kecap ikan khas Thailand.

Pad Thai
Gambar Pad Thai

4.           Nasi Goreng Khas Thailand (khao phad)

Bagi anda penggemar nasi goreng tidak usah khawatir dinegeri Thailand kita juga bisa menemukannya tapi tentu saja dengan citarasa yang berbeda. Bagi sebagian orang di Asia makan tanpa nasi sepertinya tidak lengkap terasa seperti ada yang “hilang” dan seperti belum makan yang sebenarnya. Tidak usah takut bagi anda yang tidak doyan makan-makanan pedas sebab nasi goreng versi Thailand tidak berasa pedas. Penampilannya tidak berbeda jauh dari nasi goreng yang kita jumpai di Indonesia.

khao phad
Gambar khao phad

5.      Gang som pak ruam

Sup ini bisa mewakili ciri khas makanan Thailand dimana rasa asam, manis dan pedas yang berada pada kuah akan sangat terasa dilidah saat menyantapnya. Sup yang terbuat dari berbagai sayuran seperti kubis, wortel dan kacang hijau ini umumnya disajikan bersama telur dadar dan sayuran khas Thailand. Bagi yang pertama kali menyantap makanan ini akan terasa sangat berbeda dengan makanan Indonesia yang umumnya memiliki rasa pedas atau manis.

Gang som pak ruam
Gambar Gang som pak ruam

6.      Serangga Goreng

Bagi anda yang menyukai kuliner ekstrim dan unik seperti jangkrik, kalajengking, belalang, ulat hingga kecoa maka anda sudah memilih negara yang tepat. Bagi yang pertama kali melihat dan mencicipinya mungkin akan merasa ngeri dan jijik. Makanan ini dapat kita jumpai di berbagai pasar dan tempat wisata bahkan di pinggir jalan. Jadi apa anda tertarik  mencicipinya?

serangga goreng Thailand
Gambar Serangga goreng Thailand

Selain itu, makanan khas Thailand masih juga ada, Gai Pad Pongali yang terbuat dari daging ayam sebagai bahan utamanya, dan ada juga Kai Jiew Moo Saap atau yang sering kita sebut dengan telur dadar. Jadi, ketika anda berwisata ke Thailand, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk mencoba beberapa jenis kuliner khas Thailand yang dijamin akan menggoyang lidah anda ketika anda memakannya.

Makanan Khas Thailand Bagi Wisatawan Muslim

Dengan banyak jenis makanan khas Thailand yang ada, dan terbuat dari berbagai macam bahan dasar. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang makanan khas Thailand yang halal yang bisa dimakan oleh wisatawan muslim. Karena kita ketahui bersama bahwa mayoritas di Thailand bukanlah beragam Islam sehingga sulit bagi traveler muslim untuk menemukan makanan yang halal di Thailand. Namun tidak perlu khawatir karena banyak masakan di Thailand yang berbahan dasar sayur ataupun sea food sehingga aman untuk di konsumsi bagi para pelancong muslim yang sedang berlibur di Thailand.

Makanan khas Thailand memang mempunyai ciri khasnya tersendiri yang membuat wisata kuliner di Thailand menjadi favorit bagi para traveler. Namun, bagi traveler muslim untuk berhati-hati membeli makanan di Thailand karena tidak semuanya halal jadi tidak boleh dimakan oleh pelancong muslim. Makanan khas Thailand mempunyai ciri khas tersendiri, dengan penggunaan rempah-rempah pada masakannya, namun dipadukan dengan cita rasa internasional.

Semoga artikel 6 Makanan Khas Thailand Yang Perlu Anda Coba dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang berbagai makanan khas dari Thailand.