Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Liburan Hemat Namun Menyenangkan Yang Bisa Diterapkan

 liburan hemat

Duniahobiku.com - Bagaimana cara liburan hemat namun tetap menyenangkan? Siapa bilang berlibur harus mahal dan mewah?.Memang tidak bisa dipungkiri bahwa hotel dan tempat wisata bergengsi pasti memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman tetapi tentu saja anda harus mengeluarkan budget yang lebih atas fasilitas tersebut. Kita bisa kok tetap berlibur meskipun dengan budget terbatas tapi tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi. Artikel dibawah akan memberikan beberapa tips liburan hemat namun tetap menyenangkan.

Saat musim liburan, banyak orang yang memiliki waktu luang untuk berlibur dengan keluarga tercinta. Tidak heran banyak orang yang menanti-nantikan momen ini. Agar liburannya menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan budget yang lebih. Istilah ‘ada harga, ada barang’ biasanya menjadi pemikiran ketika akan berlibur. Namun tak selamanya pikiran itu benar. Liburan juga dapat dilakukan secara hemat namun tetap menyenangkan.

Tips liburan Hemat Namun Menyenangkan :

Tempat liburan yang menyenangkan di Indonesia sangat banyak dan beraneka ragam mulai dari wisata pantai, gunung, etnik budaya, kuliner dan berbagai tempat indah lainnya yang pastinya bisa membuat liburan anda semakin menyenangkan, hemat dan pastinya semakin dekat dengan keluarga. Maka dari itu, untuk anda yang ingin liburan menyenangkan dan hemat, baca 10 Tips liburan Hemat berikut ini:

1.      Lakukan survei lokasi secara rinci

Banyak orang yang melakukan perjalanan wisata, namun bingung begitu sampai di tempat tujuan. Hal ini terjadi karena sebelum berangkat mereka tak mencari tahu negara atau kota yang akan dikunjungi. Padahal, tempat-tempat wisata tersebut pastinya bisa dilihat di internet ataupun di buku-buku wisata. Berlibur tidak harus selalu ditempat mewah ada banyak destinasi wisata murah meriah yang tersedia dan bisa anda pilih sesuai budget anda.

Survei lewat internet ataupun persiapan jauh sebelumnya sangat penting dilakukan karena Anda dapat mengetahui apakah ada potongan harga atau diskon, mulai dari hotel, tiket pesawat atau mencari tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau, rumah makan yang murah meriah namun nikmat, tempat wisata yang mudah dijangkau dan berbagai informasi penting lainnya.

survei lokasi wisata
gambar survei lokasi wisata

2.      Tiket pesawat yang murah atau sedang promo

Lakukanlah survei harga tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum berangkat. Pastikan anda mendapatkan informasi pariwisata selengkap mungkin. Mulailah memeriksa harga tiket promo. Jika Anda belum yakin dengan harganya, periksalah lagi tiap beberapa hari, siapa tahu ada penurunan harga. Ketika harga turun segera lakukan pemesanan. Jika keberangkatanya masih lama, jangan lupa untuk mencatatnya. Beberapa maskapai sering mengadakan tiket promo murah yang pastinya mengurangi biaya tiket pesawat anda. Lumayan kan, uangnya bisa dibelikan oleh-oleh buat sanak keluarga.

mencari promo tiket pesawat
Gambar mencari promo tiket pesawat

3.      Atur Anggaran Belanja Dengan Baik

Atur anggaran belanja anda dengan baik jangan sampai karena tergiur barang dengan harga murah dan diskon besar-besaran anda tidak dapat menahan diri dan membelanjakan uang anda diluar budget yang sudah dianggarkan. Bawa uang tunai secukupnya untuk berjaga-jaga, Tentu saja bukan untuk dibelanjakan semuanya. Anda harus tetap mewaspadai dan mengawasi pengeluaran dengan mencatatnya. Sekaligus menahan diri jangan sampai kebablasan menghabiskan anggaran anda disatu tempat. Kartu kredit bisa dibawa sebagai cadangan jika membutuhkan dana dalam keadaan terdesak.

belanja di tempat wisata
gambar belanja di tempat wisata

4.            Sewa Mobil

Sebaiknya cari data lebih dulu tentang daerah yang akan anda kunjungi. Salah satunya mode transportasi. Siapa tahu ada bus yang melewati hotel tempat Anda menginap. Sehingga, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk taksi. Untuk menghemat biaya, Anda dapat menyewa mobil selama berwisata. Banyak penyedia sewa mobil yang mempromosikan harga murah. Anda dapat memilihnya dengan meminta referensi dari hotel ataupun teman yang pernah berkunjung ke sana.

tempat sewa mobil
gambar tempat sewa mobil

5.      Utamakan kenyamanan daripada kemewahan

Lupakan liburan mewah jika anda ingin berhemat. Namun jangan sampai karena anda sangat berhemat, liburan menjadi tak nyaman. Utamakan kenyamanan anda, baik dalam memilih tempat tinggal, transportasi atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semuanya pasti akan senang. Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika anda bisa liburan dengan mewah, nyaman namun murah. Percuma anda berlibur ditempat mewah kalau anda tidak bisa menikmatinya jadi ingat tujuan dari berlibur adalah refreshing dan menyegarkan pikiran dan hati serta menikmati berkat yang Tuhan berikan lewat keindahan alam.

kamar hotel nyaman dan murah
gambar kamar hotel nyaman dan murah

6.      Cermat Memilih

Pilih  tempat wisata yang benar-benar bagus, unik dan ada ciri khasnya. Jangan sampai Anda pergi ke tempat yang tak menarik, kurang diminati orang dan biayanya yang mahal. Bisa-bisa Anda tidak menikmati, tapi malah kecewa. Anda bisa mendapatkan testimony dan informasi dari media online seperti google dan kerabat yang pernah mengunjungi tempat tersebut sebelum akhirnya memutuskan mengunjungi tempat tersebut setelah memperoleh informasi akurat.

Pura ulun danu bratan

Gambar Pura ulun danu bratan - Bali

7.      Berburu Langsung Cenderamata

Cenderamata memang terlihat sepele, namun tak ada salahnya Anda membeli sebagai kenang-kenangan jika Anda sudah pernah ke tempat tersebut. Pasar tradisional ataupun berburu langsung ke tempat pembuatannya, ternyata memiliki kesan sendiri. Selain dapat melihat langsung cara pembuatannya, harganya pun biasanya lebih murah, dibanding jika sudah masuk ke toko souvenir.

proses pembuatan batik tulis
gambar proses pembuatan batik tulis

8.      Berlibur Bersama Teman atau Kerabat

Berlibur bersama teman atau kerabat tentunya akan lebih seru dan menyenangkan, selain ada teman berbincang kita juga bisa menghemat biaya dengan membagi pengeluaran mulai dari biaya hotel, sewa villa, sewa mobil, sewa kapal jika liburan ke pulau,  dan jasa tour guide yang awalnya kita tanggulangi sendiri bisa dibagi rata.

liburan bersama teman
gambar liburan bersama teman

9.      Berangkat Sebelum Musim Liburan

Musim liburan atau dikenal dengan istilah high season biasanya identik dengan harga yang lebih mahal. Hotel dan penginapan biasanya menaikkan harga diatas standar mengingat kebutuhan masyarakat yang meningkat. Jika ingin berlibur lebih hemat maka sebaiknya anda berangkat lebih dulu sebelum musim liburan, apakah itu sebelum atau sesudah hari H. Ada segi positif jika berangkat bukan pada high season karena umumnya tempat wisata tidak seramai saat puncak liburan jadi kita bisa menikmati liburan lebih santai dan lebih tenang.

wisata pantai sepi
gambar wisata pantai sepi

10.  Mengunjungi Keluarga Sekaligus Berlibur

Tips ini berlaku hanya jika anda memiliki keluarga yang tinggal dekat dengan destinasi wisata yang anda tuju. Sebagai contoh : jika anda memiliki kerabat berdomisili di Bali maka anda dapat mengunjungi keluarga sekaligus berlibur. Ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dengan menerapkan tips ini. Selain mempererat hubungan keluarga yang berjauhan kita juga bisa menghemat biaya sewa penginapan/hotel apalagi jika keluarga memiliki kamar lebih yang dipersiapkan untuk tamu. Anda tentunya juga bisa mendapat jasa tour guide dengan gratis. Tapi tips ini bukan jurus aji mumpung ya? Jangan disalahgunakan.

mengunjungi keluarga
gambar mengunjungi keluarga

Semoga artikel tentang 10 Tips Liburan Hemat Namun Menyenangkan Yang Bisa Diterapkan dapat bermanfaat dan menambah tips berlibur yang mungkin anda butuhkan suatu saat. Selamat Berlibur!