Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat Agar Perjalanan Anda Semakin Nyaman

cara mengatasi takut naik pesawat

Duniahobiku.com  -  Bagaimana cara mengatasi takut naik pesawat? Pesawat merupakan transportasi massal tercepat saat ini jika ingin bepergian keluar kota maupun ke negara lain. Tapi bagaimana bisa cepat sampai kalau anda mengalami masalah phobia saat naik pesawat. Bagi para travellers ini tentunya menjadi masalah yang harus diatasi. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi ketakutan saat diatas pesawat? Simak terus artikel ini dan temukan tips-tips menarik yang bisa anda terapkan, sehingga terbang dengan “burung besi” bukan lagi persoalan.

Apakah wajar takut naik pesawat? Aerophobia atau dikenal juga dengan istilah aviophobia adalah rasa takut yang berlebihan saat seseorang melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, apalagi bagi orang yang pertama kali terbang dengan pesawat. Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa banyak orang merasa takut naik pesawat.  Mungkin karena mendengar kecelakaan pesawat yang pernah terjadi atau trauma saat menaiki pesawat yang mengalami turbulensi cukup keras, perasaan takut mati, takut ketinggian dan berbagai alasan lain.

Menurut sebuah penelitian Research Transportation Economics menyebutkan bahwa perjalanan udara cenderung lebih aman dibandingkan berpergian dengan transportasi lain seperti kereta api, bus, mobil ataupun motor. Korban akibat kecelakaan pesawat jauh lebih sedikit dibandingkan korban kecelakaan akibat kendaraan bermotor.

Jika anda termasuk salah satu yang menderita Aerophobia, berikut 8 cara mengatasi phobia naik pesawat paling ampuh, manjur dan mudah yang bisa anda terapkan saat didalam pesawat:

1.      Berdoa

Bagi orang beriman dan percaya, berdoa adalah sesuatu yang wajib dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berdoa bisa membuat perasaan anda lebih tenang dan aman. Bahkan didalam pesawat sudah disiapkan kertas yang berisikan doa-doa menurut kepercayaan masing-masing penumpang.

berdoa dalam pesawat

Gambar berdoa dalam pesawat

2.      Menyibukkan diri

Saat pesawat lepas landas kita cenderung merasa tidak nyaman dan sering bermain dengan pikiran jelek kita. Bagaiman kalau pesawat tiba-tiba rusak atau jatuh? Entah jatuh di laut, hutan, jalan atau pemukiman seperti yang diberitakan di televisi dan koran-koran.

Perasaan itu yang biasa menghantui dan menjadi penyebab takut naik pesawat. Stop! Buang jauh-jauh segala pikiran yang malah akan membuat anda semakin tidak nyaman dan takut. Travelling, menjelajah ke berbagai tempat wisata di luar pulau atau luar negeri umumnya menggunakan jalur udara.

menonton film di pesawat

Gambar menonton film di pesawat

Cara mengatasi phobia semacam ini yaitu dengan menyibukkan diri seperti membaca buku, novel, komik, bermain game (aktifkan mode pesawat), atau mendengarkan musik menggunakan headset. Lupakan bila Anda sedang terbang, meski tetap harus waspada dan penuhi standar keselamatan seperti pesan pramugari. Fasilitas pesawat yang berada tepat didepan kursi duduk anda bisa anda gunakan untuk menonton film dan mendengarkan musik untuk mengusir rasa bosan dan mengalihkan pikiran negatif anda.

3.       Buat diri Anda senyaman mungkin

Mengapa orang takut naik pesawat? Ada banyak faktor, selain masalah phobia. Misalnya, trauma naik pesawat, telinganya sakit saat landing atau perubahan tekanan, takut jatuh, perasaan melayang di angkasa dan sebagainya. Tanamkan sikap positif dan sugesti diri anda sendiri agar

Cara mengatasi paling mudah, di antaranya membuat diri senyaman mungkin. Misalnya saja, pakai kaos kaki dari wol, selimut atau bantalan penyangga leher atau apapun yang bisa membuat anda merasa lebih nyaman sehingga memungkinkan anda untuk tertidur. Tidur juga akan membuat stamina anda semakin bugar saat tiba ditempat tujuan.                                             

tidur dalam pesawat

Gambar tidur dalam pesawat

4.      Hindari minum kafein, perbanyak air putih atau jus

Sebelum berangkat, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein tinggi. Sebaiknya minum jus buah atau air putih saja, ini akan membuat pikiran tidak was-was, jantung lebih rileks dan nyaman selama terbang di angkasa. Meminum minuman yang mengandung kafein sebelum naik pesawat dapat memicu dehidrasi dan kegelisahan, apalagi efek minuman kafein cukup panjang bisa berlangsung hingga 5-6 jam.

makan dan minum di pesawat

Gambar makan dan minum di pesawat

5.       Saya sedang dimana?

Jaga-jaga itu perlu. Jadi, Anda lagi sedang di mana itu harus diperhatikan. Cobalah sempatkan diri membaca buku petunjuk keselamatan yang disediakan maskapai penerbangan.

Perhatikan saat pramugari memeragakan life jacket bila terjadi situasi darurat. Yang diperhatikan cara-caranya loh ya, jangan sampai gagal fokus malah terpesona dengan kecantikan pramugari. Ketahuilah pintu darurat dan jalur menuju pintu exit. Kalau memang beneran masih takut banget, pilih saja duduk di gang atau diapit penumpang.

Sebagian besar penumpang yang tidak mengalami aerophobia paling suka duduk dekat jendela, memandang indahnya awan, langit, laut dan pegunungan dari atas.

melihat pemandangan dari jendela pesawat

Gambar melihat pemandangan dari jendela pesawat

6.      Sering tarik napas panjang

Cobalah bernapas panjang agar oksigen bisa memenuhi paru-paru anda. Sembari menarik napas panjang melalui hidung selama beberapa detik kemudian menghembuskannya secara perlahan melalui mulut juga bisa mengurang stress dan rasa takut yang berlebihan, berdoalah juga kepada Tuhan, yakin akan diberikan keselamatan. Hal ini bisa anda lakukan secar berulang hingga anda merasa lebih rileks.

meditasi dalam pesawat

Gambar meditasi dalam pesawat

7.      Berbincang dengan teman

Salah satu cara menghilangkan rasa takut naik pesawat bisa anda lakukan dengan menghabiskan waktu bersama teman dengan berbincang-bincang.  Bagaimana jika kita berangkat seorang diri? Anda bisa mulai mencoba menyapa orang disamping tempat duduk anda dan apabila dia merespon anda bisa melanjutkan pembicaraan tentang berbagai hal. Jika teman berbincang cocok maka akan banyak hal yang bisa saling berbagi dan tanpa sadar anda akan mendengar pengumuman bahwa pesawat tidak lama lagi akan mendarat.  Nah, mulai sekarang, cobalah berbincang dengan teman di sebelah duduk anda.

Kalau Anda cowok, beruntunglah kalau dapat teman cewek cakep. Kalau kebetulan orang tua? Tidak masalah, kita bisa menimba banyak pengalaman dari mereka.

berbincang dengan teman

Gambar berbincang dengan teman

8.      Obat penenang

Ini adalah solusi terakhir, pakailah obat penenang yang aman dikonsumsi. Dengan catatan, harus atas konsultasi dokter supaya phobia naik pesawat hilang dan tidak takut lagi. Obat ini akan membuat anda jauh lebih rileks dan obat ini cukup ampuh jika cara-cara diatas tidak manjur anda terapkan.

gadis bersantai

Gambar gadis bersantai

Semoga artikel tentang 8 Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat Agar Perjalanan Anda Semakin Nyaman dapat bermanfaat dan bisa membantu anda menaklukkan rasa takut yang ada dalam diri anda dengan selalu berpikir positif.