Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender, Praktis dan Mudah !

 cara membuat bakso sapi dengan blender

Duniahobiku.com – Bagaimana cara membuat bakso sapi dengan blender? Bakso merupakan salah satu jajanan yang sangat merakyat dan hampir di sukai berbagai lapisan masyarakat. Rasanya yang enak di tambah dengan kombinasi kuah yang gurih, serta tambahan bahan pelengkap lainnya membuat jajanan yang satu ini banyak di sukai masyarakat Indonesia, harganya pun cukup terjangkau. Bentuknya pun sangat bervariasi mulai dari model standar yaitu bulat dan ditambah model bakso unik seperti berbentuk hati, buaya, pocong, dan bentuk-bentuk aneh lainnya untuk memancing rasa penasaran masyarakat untuk mencicipinya. Jika anda adalah penggemar bakso dan ingin mengetahui langkah-langkah cara membuat bakso daging sapi dengan blender dirumah anda simak terus artikel dibawah ini.

Bahan dasar dalam pembuatan bakso sangat  beragam mulai dari daging sapi, ayam, ikan bahkan udang. Tentunya dengan cita rasa yang unik pula. Walaupun tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri tetapi  jenis bakso terkenal yang sering kita jumpai adalah bakso Solo dan bakso Malang. Bakso dari kedua wilayah ini kemudian menyebar diberbagai wilayah Indonesia dan cukup diterima oleh lidah masyarakat Indonesia.

Bakso merupakan jajanan alternatif yang dapat dijumpai dihampir seluruh wilayah Nusantara, makanan berkuah ini pun dapat di nikmati di berbagai kesempatan dan cuaca. Seiring meningkatnya pamor bakso membuat sejumlah pedagang nakal mencampurkan adonan bakso dengan bahan zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Nah, oleh karena itu untuk menjaga keamanan serta kebersihannya. Tidak ada salahnya jika anda membuat sendiri dirumah dan yang pastinya lebih enak dan steril. Cara pembuatan bakso cukup praktis dan mudah dan bisa anda buat sendiri dirumah hanya dengan menggunakan alat sederhana seperti blender. Berikut cara membuat bakso sapi dengan blender:

Bahan-bahan / bumbu-bumbu :

  • Daging sapi, ½ kg (giling dan haluskan)
  • Tepung kanji, 100 gram
  • Es batu, 50 gram
  • Telur ayam, 1 butir
  • Merica bubuk, 1 ½ sendok teh
  • Garam, sesuai selera
  • Bawang putih, 10 siung (haluskan) 

Langkah Cara membuat bakso Sapi Dengan Blender :

1. Siapkan blender lalu masukan es batu bersama daging sapi giling, telur, garam, bawang putih dan merica.

2. Selanjutnya blender sampai lembut, setelah itu tuangkan kedalam wadah atau baskom dan beri campuran tepung kanji sambil diaduk rata secara perlahan sampai tercampur rata.

3. Kemudian didihkan air sambil menunggu, lalu cetak bakso dengan menggunakan tangan, sesuai selera dan langsung masukan kedalam air mendidih tersebut. Anda bisa membuat bentuk bakso sesuai dengan keinginan anda. Itulah kelebihan kalau membuat bakso sendiri dirumah.

4. Biarkan bulatan-bulatan bakso tersebut mengapung diatas air, ini berarti menandakan bakso telah matang. Angkat dan tiriskan.

5. Sajikan sesuai dengan selera. Anda bisa menambahkan berbagai bahan seperti kacang goreng, bawang goreng, laksa, sayur, dll yang bisa menambah kelezatan semangkuk bakso buatan anda.

Cara membuat bakso dirumah pastinya lebih aman dan bebas ancaman berbahaya. Anda pun dapat menyajikannya sesuai selera seperti di buat berkuah, campuran nasi goreng, mie goreng, capcay dll. Rasanya yang enak di jamin membuat anda ketagihan untuk menikmati sekaligus membuatnya sendirinya, bahkan dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Semoga artikel sederhana tentang cara membuat bakso sapi dengan blender dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.