Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Tanaman Jati Super Yang Baik dan Benar

cara budidaya tanaman jati

Duniahobiku.com - Bagaimana cara budidaya tanaman jati super yang baik dan benar? Jati merupakan tanaman perkebunan yang menghasilkan kayu bermutu tinggi dan sering digunakan dalam pembuatan meubel dan bangunan sebuah rumah. Kita tentunya sering mendengar kerajinan meubel yang sangat terkenal dari Jepara, dan salah satu bahan baku utama pembuatannya adalah kayu jati. Luasnya permintaan pasar dalam negeri dan ekspor membuat tanaman ini menjadi salah satu primadona dibidang perkebunan karena selain harganya yang mahal tanaman ini bisa dibudidayakan di Indonesia. Pohon jati berusia ratusan tahun bahkan bisa terjual hingga ratusan juta bahkan hingga milliaran rupiah. Simak terus artikel dibawah untuk menemukan peluang bisnis dengan belajar cara budidaya tanaman jati super yang baik dan benar.

Kayu jati disebut kayu kelas satu karena selain kekuatan dan awet juga memiliki serat kayu yang menarik sehingga jika diolah menjadi sebuah perabotan rumah tangga seperti ranjang, kursi dan meja akan terlihat sangat berkelas. Namun, tanaman jati sendiri juga memiliki beberapa jenis, yang kualitasnya juga berbeda beda. Diantara beberapa jenis kayu jati, Jati Super dikenal sebagai yang terbaik yang juga sering digunakan sebagai media investasi jangka panjang bagi beberapa kalangan.  Hal itu tidak lain karena nilainya yang terbilang cukup tinggi dan cenderung naik setiap tahunnya.  Jati super memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan jati lokal sehingga bisa mempersingkat waktu panen. Semakin tua tanaman jati maka harganya pun akan semakin mahal.

Meubel jepara kayu jati
Gambar Meubel Jepara kayu jati

Budidaya Tanaman Jati Super

Apabila Anda tertarik untuk melakukan budidaya tanaman jati super sebagai lahan investasi, maka Anda harus menguasai cara cara budidaya yang diperlukan. Satu hal yang wajib untuk Anda ketahui adalah bahwa tanaman jati super membutuhkan cara pembibitan dan penanaman yang berbeda dari jenis lainnya.

Nah, berikut kami akan sampaikan beberapa cara budidaya tanaman jati super yang baik dan benar:

1.      Cara menanam pohon jati dari biji

Mempelajari bagaimana cara pembibitan menjadi satu hal penting yang harus Anda lakukan karena tanaman jati jenis ini berbeda dengan jenis yang lain. Untuk melakukan pembibitan jati super, Anda harus menjemur biji jati selama 1 hingga 4 hari. Setelah itu, rendam bibit dengan air selama 3x24 jam. Jika sudah direndam, maka biji sudah bisa disemai. Biji Jati memiliki lapisan kulit luar yang sangat keras sehingga perlu direndam selama beberapa hari sebelum disemai.

Untuk melakukan penyemaian, Anda butuh media yang besarnya tergantung dari jumlah biji yang akan Anda semai. Siapkan media semai menggunakan campuran kompos/pupuk kandang dengan tanah dengan perbandingan 1:1. Perlu Anda ingat bahwa ketebalan tanah yang Anda gunakan ke media tidak boleh lebih dari 10 cm. Untuk cara penyemaiannya, Anda hanya tinggal meletakkan biji jati super di atas tanah yang ada di media penyemaian lalu melapisinya dengan pasir dengan ketebalan 5 hingga 10 cm. Mengapa pasir? Dalam hal ini, pasir digunakan sebagai pemanas biji.

bibit tanaman jati
gambar bibit tanaman jati

Setelah terlapisi pasir, tutup dengan plastik setinggi 70 hingga 80 cm. Akan tetapi, sebelum ditutup, buatlah kerangka bambu berbentuk lengkungan di atas media agar penguapan terjaga sehingga biji jati super bisa terbakar dengan sempurna. Setelah semuanya dilakukan, siram biji jati secara teratur pagi dan sore hari dengan air secukupnya. Jangan sampai benih terendam air karena bisa mengakibatkan benih menjadi busuk. Sesuaikan dengan lahan luas lahan yang anda miliki. Setelah mencapai 3 minggu, benih akan berubah menjadi kecambah dan saat sudah mencapai ketinggian 3 hingga 5 cm, maka berarti sudah bisa dipindah ke dalam polibag. Benih akan memerlukan waktu yang cukup panjang hingga tumbuh menjadi bibit yang siap dipindahkan. Butuh waktu sekitar 1,5 - 2 bulan hingga tanaman siap dipindahkan kelahan yang lebih besar.

2.      Cara Menanam Jati Super

Untuk menanam bibit jati super tidak membutuhkan lahan dengan kriteria tertentu. Yang perlu dilakukan hanyalah menyiapkan lahan dan membuat lubang berukuran 30x30x30 cm atau 40X40X40 cm dengan jarak tanam sekitar 2x2 m. Semakin dekat jarak tanam, maka Anda harus lebih sering melakukan penjarangan, sehingga semakin lebar jarak tanam yang Anda buat maka semakin bagus, tanaman juga tidak akan saling berebut unsur hara sehingga pertumbuhan tanaman bisa menjadi lebih maksimal.

menaman bibit tanaman jati
Gambar menanam bibit tanaman jati

Untuk cara menanam, Anda hanya perlu memasukkan pupuk kandang sebanyak 5 hingga 10 kg ke dalam lubang yang sudah Anda siapkan. Lalu, masukkan bibit jati ke dalam lubang. Selama masa pertumbuhan atau 3 tahun pertama, jangan lupa untuk memupuk setiap 6 bulan sekali.

3.      Panen Tanaman Jati Super

Satu hal penting lain yang harus Anda ketahui tentang budidaya tanaman jati super adalah cara pemanenan dan usia panen. Tanaman jati super sudah siap panen ketika sudah mencapai usia 15 tahun dengan diameter mencapai 40 cm. Sejatinya, saat usia pohon baru 7 atau 10 tahun, Anda juga bisa melakukan pemanenan, namun hal ini biasa dilakukan apabila proses penjarangan dilakukan secara berkala. Waktu yang panjang membuat tanaman ini menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang dan kita harus bersabar untuk memetik hasilnya dan itu sebanding dengan harganya yang menggiurkan.

panen kayu jati
Gambar panen kayu jati

Semoga artikel tentang Cara Budidaya Tanaman Jati Super Yang Baik Dan Benar dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang salah satu jenis tanaman perkebunan yang memiliki prospek bisnis yang sangat cerah untuk di budidayakan.