Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Buah Penyembuh Wasir Yang Perlu Anda Tahu

 buah penyembuh wasir

Duniahobiku.com – Apa buah penyembuh wasir yang baik untuk dikomsumsi oleh para penderita wasir atau sering disebut ambeien? Wasir masih bisa untuk kita sembuhkan, dengan cara tradisional dan alami yang tentunya akan jauh lebih aman dan sehat. Pengobatan dengan makanan dan buah yang bisa mencegah wasir bisa kita mulai dari mengubah cara pola hidup. Karena dengan mengubah pola hidup yang jauh lebih sehat, maka penyakit jenis apapun tentu bisa kita hindari.

Wasir / ambeien adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada sekitar dubur, yang bisa berakibat fatal jika dibiarkan saja. Penyakit ambeien atau wasir ini akan membuat si penderitanya merasa kurang nyaman pada bagian duburnya. Namun penyakit ini masih bisa untuk disembuhkan dengan cara menghilangkan benjolan ambeien ini dengan operasi maupun dengan mengkomsumsi berbagai makanan dan buah yang bisa mencegah dan menghilangkan wasir.

Penyebab Terjadinya wasir atau ambeien

Penyebab timbulnya ambeien belum diketahui dengan pasti tetapi menurut beberapa penelitian beberapa diantaranya adalah karena sulit buang air besar atau buang air besar yang tidak teratur (sembelit), kurangnya makanan berserat, kurang melakukan olahraga, genetik, usia lanjut dan intraabdomen (kembung berkepanjangan). Dan untuk membantu anda mudah buang air besar serta untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit wasir / ambeien sebaiknya kita mengokomsumsi makanan dan buah yang banyak mengandung serat.

Penyakit ini bukanlah penyakit yang serius yang bisa mengancam jiwa, namun dengan kondisi seperti ini menjadikan penyakit wasir masuk dalam penyakit yang paling ditakuti. Ada banyak produk yang bisa mengobati wasir, namun bahan alami untuk sembuhkan wasir seperti bawang putih juga diakui efektif dalam mengatasi wasir.

Bawang putih mempunyai 4 kandungan yang penting dalam proses penyembuhan ambeien yaitu sebagai antibiotik dan antioksidan, mampu menghilangkan membekuan darah dan mengurangi tekanan darah. Agen aktif yang terkandung dalam bawang putih adalah allicin, dan hampir sebagian besar manfaat kesehatan dan bau dari bawang putih ini berasal dari zat tersebut.

Buah Penyembuh Wasir atau Ambeien

Minuman berupa jus yang baik digunakan untuk kesembuhan ambeien ini seperti cerry, blackberry, blueberry yang kita kombinasikan dengan  apel. Buah buah ini mengandung “anthocyanin” dan “Proanthocyanidins” yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan hemoroid pembengkakan dengan cara mengencangkan dan memperkuat ambeien. Minumlah setidaknya satu gelas jus campuran ini setiap hari. Selain itu ada beberapa jus lainnya lagi yang bisa anda buat untuk membantu mengatasi ambeien anda.

1.      Melon

Melon merupakan salah satu buah yang bisa anda komsumsi untuk mencegah penyakit wasir.  Melon memliki sumber vitamin dan mineral, tinggi beta-karoten dan juga memiliki anti penyumbatan. Buah melon juga mengandung banyak cairan sehingga bisa mengurangi dehidrasi dan memperlancar proses buang air besar.

2.      Kismis

Kismis merupakan olahan buah anggur yang dikeringkan. Kismis mengandung vitamin C yang tinggi, dan juga memliki sejumlah GLA asam lemak, yang berguna menghasilkan prostaglandin yang akan membantu mengontrol tubuh yang nyeri. Jus yang satu ini juga bagus untuk hati dan darah. Fungsi hati yang baik maka diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan usus besar, rektum dan anus. Minum 1-2 gelas sehari buah kismis merah atau hitam

3.      Jus Delima

Meskipun jus yang satu ini sulit untuk kita temukan, namun jus ini sangat berguna untuk anda, dalam mengatasi wasir. Buah yang memiliki berbagai jenis warna kulit ini memiliki rasa asam dan manis serta mengandung serat. Menurut berbagai sumber dalam 100 gram buah delima dapat mengandung serat alami sebanyak 4 gram.

4.      Jeruk Dan Pisang

Konsumsilah 2-3 jeruk dan 2 pisang sehari. Jeruk yang kita konsumsi memberikan vitamin C, bioflavonoid dan serat. Serta pisang juga memberikan mineral yang akan membantu anda memperkuat jaringan dan memiliki banyak serat. Serat membantu melunakkan feses agar mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Pisang juga dapat anda kukus untuk bisa membantu pengobatan wasir dan  menghilangkan wasir.

5.      Pepaya

Buah yang satu ini mudah kita jumpai dan rasanya yang lezat membuat kita mudah untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Pepaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik, serat serta enzim yang berfungsi untuk mencerna protein. Selain dikomsumsi langsung buah inipun bisa kita makan dalam bentuk salad buah.

6.      Buah Apel

Serat yang ada pada buah apel bisa mencapai 5% dalam setiap 1 buah apel yang kita komsumsi dan merupakan serat larut yang bisa membantu proses buang air besar (BAB) menjadi lebih lancar dan meringankan beban penderita wasir yang akut. Meminum 1 gelas jus apel setiap hari sangat direkomendasikan untuk para penderita wasir. Rasanya yang nikmat pastinya akan membuat anda mudah melakukan terapi jus buah untuk wasir.

7.      Buah Kurma

Buah yang banyak kita jumpai menjelang hari raya lebaran ini ternyata baik untuk mencegah dan mengobati para penderita wasir. Serat alami yang terkandung dalam buah kurma bisa menjadi pencahar alami, bahkan setiap 100 gram buah kurma mengandung 6,7 gram serat alami. Memakan kurma pada pagi hari sangat baik untuk pengobatan wasir.

8.      Buah Pir

Rasanya yang manis tentunya akan membuat kita akan senang hati mengkomsumsinya. Buah asal negeri Eropa, Asia dan Afrika ini nmemiliki kandungan serat sebanyak 6 gram dalam 1 buah pir dan mencukupi 22% kebutuhan serat tubuh anda. Ingat saat mengkomsumsinya sertakan kulitnya karena serat yang paling banyak terdapat pada bagian kulitnya.

Semoga artikel 8 Buah Penyembuh Wasir Yang Perlu Anda Tahu dapat bermanfaat dan membantu anda para penderita wasir untuk melakukan pengobatan secara alami dengan menggunakan makanan dan buah yang mengandung banyak serat. Selamat mencoba!