Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Axolotl Bisa Dicampur Dengan Ikan Mas Koki?

 axolotl bisa dicampur ikan mas koki

Duniahobiku.com -  Apakah Axolotl Bisa Dicampur Dengan Ikan Mas Koki dalam satu akuarium ?  Melihat penampilannya yang unik dan aneh, axolotl adalah salah satu makhluk akuarium yang paling menarik untuk dipelihara. Mereka adalah salamander neotenik yang berasal dari danau Chalco dan Xochimilco di Meksiko. Sebagai neotenik, axolotl sudah matang secara seksual sambil tetap berada dalam bentuk larva. Artinya, axolotl tidak pernah tumbuh ke tahap kehidupan terestrial.

Di sisi lain, ikan mas koki adalah spesies ikan yang secara ilmiah dikenal sebagai Carassius auratus. Mereka adalah ikan damai dari kolam, danau, dan aliran air dingin di seluruh Asia serta bagian dari Eropa Timur. Jadi, bisakah axolotl dan ikan mas koki hidup bersama?

Mencampur axolotl dengan ikan mas koki

Secara teknis, axolotl dan ikan mas koki bisa disatukan. Kedua spesies ini cukup damai dan lebih suka air dingin. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak melakukannya karena beberapa alasan berikut:

Perbedaan Kebutuhan Suhu

Meskipun kedua spesies ini suka hidup di perairan dingin, kisaran suhu ideal mereka berbeda. Axolotl hidup baik dalam suhu air berkisar antara 15 hingga 17°C, sementara ikan mas koki tidak dapat hidup nyaman dalam air yang suhunya di bawah 18°C. Di perairan yang terlalu dingin, ikan mas koki cenderung berhenti makan sebelum berhibernasi atau mati. Mereka juga bisa menjadi lesu.

Setup akuarium

Axolotl dapat tumbuh hingga ukuran sekitar 22 cm. Oleh karena itu, ini adalah makhluk besar yang akan membutuhkan banyak ruang ketika dipelihara dengan ikan mas koki. Ingatlah bahwa satu mas koki harus memiliki setidaknya 20 liter air untuk ruangnya sendiri.

Akibatnya, memelihara axolotl dan ikan mas koki bersama membutuhkan ukuran akuarium yang besar. Jika Anda memelihara axolotl di dalam akuarium yang penuh sesak, mereka kemungkinan besar akan mati atau kehilangan anggota tubuhnya. Aspek lain yang mungkin membingungkan ketika menyatukan kedua spesies ini adalah pencahayaan.

Ikan mas koki membutuhkan pencahayaan yang memadai untuk menampilkan warna yang lebih cerah dan membuat vitamin esensial. Jika ada, Anda harus memasang pencahayaan spektrum penuh di akuarium mas koki yang tidak mendapatkan pencahayaan alami yang cukup. Sebaliknya, axolotl tidak suka pencahayaan yang terang karena mereka aktif di malam hari.

Karena itu, pencahayaan yang terlalu terang bisa membuat mereka stres. Soal setup akuarium, Anda sebaiknya menyetup akuarium yang sangat besar, terlindung, dan cukup terang ketika menggabungkan axolotl dan ikan mas koki. Ini artinya Anda perlu menghabiskan uang jauh lebih besar daripada ketika Anda memelihara kedua spesies ini secara terpisah.

Perbedaan Pola Makan

Karena sangat karnivora, axolotl bertahan hidup dengan pola makan berbasis daging. Mereka bisa makan ikan apa saja yang pas di mulut mereka. Di sisi lain, meski ikan mas koki dewasa tidak muat di mulut axolotl, tapi mas koki yang berukuran kecil mungkin tidak akan seberuntung itu.

Perhatikan bahwa axolotl cenderung menyerang pada malam hari saat Anda dan ikan lainnya sedang tidur. Demikian juga, ikan mas koki, terlepas dari ukurannya, cenderung menggigiti insang axolotl ketika mereka berada bersama dalam sebuah akuarium.

Filtrasi Air

Filtrasi adalah komponen penting dalam akuarium ikan mas koki. Seperti yang Anda ketahui, mas koki menghasilkan banyak kotoran, yang menghasilkan banyak amonia dan membutuhkan filter khusus untuk membersihkannya. Filter spons, yang paling aman digunakan untuk axolotl, tidak dapat membersihkan amonia sebanyak itu.

Tidak diragukan lagi, memelihara axolotl bersama-sama dengan ikan mas koki adalah hal yang sulit. Meskipun demikian, beberapa aquarist melaporkan berbagai tingkat keberhasilan ketika mereka mencampur axolotl dengan beberapa spesies mas koki fancy. Karena mas koki adalah perenang yang lambat, mereka akan menahan diri untuk tidak menyerang axolotl ketika mereka sudah diberi makan dengan baik.

Teman Seakuarium Axolotl

Axolotl akan sulit hidup harmonis dengan ikan mas koki. Opsi paling aman adalah menempatkan axolotl Anda di akuarium spesies khusus. Meski begitu, berhati-hatilah karena axolotl dapat menimbulkan bahaya satu sama lain juga.

Axolotl yang lebih besar dapat dengan mudah memangsa axolotl lain yang masih kecil. Karena itu, sebaiknya pelihara mereka dalam ukuran yang sama di satu akuarium. Ingatlah untuk tidak memelihara terlalu banyak axolotl untuk menghindari kepadatan. Dan jika Anda harus menempatkan axolotl bersama dengan spesies lain, berikut adalah beberapa opsi yang lebih ideal:

Keong akuarium

Pilihlah keong kecil yang tidak memiliki cangkang keras. Spesies keong mini terbaik untuk dipelihara bersama axolotl adalah keong Apple dan Ramshorn. Keong yang lebih besar cenderung membuat axolotl tersedak atau luka karena mereka memiliki cangkang yang lebih keras.

Kelebihan memelihara keong dalam akuarium axolotl adalah mereka bisa bertindak sebagai pembersih. Karena mereka adalah pemakan area bawah, mereka bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh ke dasar akuarium. Ini sangat membantu menjaga kualitas air akuarium.

keong akuarium
Gambar keong akuarium

Minnow

Minnow alias zebra Hongkong mungkin satu-satunya spesies ikan yang dapat hidup harmonis dengan axolotl. Mereka damai dan hidup bahagia dalam lingkungan yang mirip dengan apa yang disukai axolotl. Terlebih lagi, mereka tidak memiliki duri tajam atau eksoskeleton yang keras. Mereka tidak dapat melukai axolotl jika mereka tertelan secara tidak sengaja.

zebra hongkong
Gambar zebra hongkong

Udang kecil

Udang kecil adalah pemakan area bawah lainnya yang dapat menjadi pasangan akuarium yang sangat baik untuk axolotl. Mereka akan mengais sisa-sisa makanan di akuarium dan membantu menjaga air dalam kondisi yang baik. Terlebih lagi, udang kecil bisa menjadi camilan cepat untuk axolotl yang kelaparan.

Teman akuarium ikan mas koki

Saat mencari teman akuarium ikan mas koki, salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah suhu. Mas koki adalah eurythermal, artinya mereka dapat bertahan hidup dalam berbagai suhu. Mereka cocok di suhu tropis dan suhu kamar. Dan berikut adalah beberapa teman akuarium terbaik untuk ikan mas koki:

Platy

Platy adalah teman akuarium yang sempurna untuk ikan mas koki karena mereka tetap kecil, bukan pemakan sirip, dan suka air yang lebih dingin. Selain itu, mereka adalah omnivora-herbivora, suatu sifat yang juga dimiliki ikan mas koki. Platy juga besar dan gemuk untuk mencegahnya dimakan oleh ikan mas koki.

ikan platy
Gambar ikan platy

Bristlenose Pleco

Meski banyak pleco lain cenderung menggigiti ikan mas koki, spesies ini menunjukkan sifat yang cukup damai. Mereka akan membantu menjaga populasi ganggang di akuarium Anda tetap terkendali.

Bristlenose Pleco
Gambar Bristlenose Pleco

Dojo Loach

Dikenal sebagai weather loach, dojo loach adalah tankmate ikan mas koki yang paling umum. Mereka hidup di perairan dingin, yang berarti bahwa kondisi air ideal untuk mas koki tidak akan mempengaruhi mereka. Meski begitu, beberapa aquarist mengeluhkan perilaku agresif sesekali dari kedua spesies ini. Jadi berhati-hatilah jika Anda memilih untuk memelihara dojo loach sebagai teman akuarium untuk mas koki Anda.

Dojo Loach
Gambar Dojo Loach

Kesimpulan

Menyatukan axolotl dan ikan mas koki bersama-sama akan menghasilkan masalah dengan satu atau kedua spesies ini. Oleh karena itu cobalah untuk mencampur axolotl berukuran sama di akuarium khusus spesies. Di sisi lain, Anda dapat menampung mas koki dengan teman akuarium yang disebutkan di atas. So, sebaiknya jangan campurkan axolotl dan ikan mas koki di satu akuarium.