Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Diluar Dugaan Anda

 

khasiat daun kemangi untuk kesehatan

Duniahobiku.com - Apa saja khasiat daun kemangi untuk kesehatan? Daun kemangi merupakan rempah rempah yang biasa digunakan untuk bahan penyedap masakan. Bagian tumbuhan yang tumbuh di atas tanah ini juga bisa digunakan untuk bahan pengobatan.  Daun kemangi bisa dipilih sebagai pengobatan penyakit perut, hilangnya nafsu makan, ginjal, dan infeksi cacing. Daun kemangi ini juga bisa melawan gigitan serangga atau ular sebagai pengobatan pertama.

Kemangi memiliki nama latin Ocinum basillicum dan banyak yang mengira kemangi sama dengan selasih (basil) padahal keduanya memiliki perbedaan. Daun kemangi memiliki aroma khas dari daunnya yang mengandung sitral yang ditemukan pada daun dan bunganya. Di Indonesia kita sering menemukannya sebagai lalapan saat menyantap hidangan laut atau ayam yang ditemani dengan kubis, ketimun dan sambal.

Kandungan zat yang terdapat pada tanaman kemangi

Saat kita menyantap kemangi sebagai lalapan kita secara tidak sadar memperoleh beberapa manfaat yang terkandung dalam daun kemangi. Beberapa zat yang terkandung dalam daun kemangi antara lain : vitamin B, vitamin A dan C, kalsium, protein, karbohidrat, lemak, fosfor, zat besi, flavonoid, anetol dan boron. Senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman ditentukan oleh lingkungan dimana tanaman ini tumbuh dan berkembang.

Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Tanaman kemangi bisa diperbanyak dengan menggunakan biji dan dapat tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggia 500 meter dari permukaan laut. Daun kemangi bukan hanya digunakan sebagai  lalapan tetapi memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat daun kemangi untuk kesehatan :

1.      Antioksidan

Khasiat daun kemangi mengandung polyphenolic flavonoid yaitu orientin dan juga vicenin. Senyawa senyawa ini ditemukan memiliki antioksidan yang melindungi untuk melawan oksidasi yang disebabkan oleh radiasi. Cara mengkonsumsi sangat mudah, konsumsilah daun kemangi mentah secara rutin untuk mendapat efek antioksidan seperti halnya pada lalapan. Efek antioksidan ini dapat membantu mencegah efek buruk akibat radikal bebas dalam kesehatan untuk mencegah kanker.  Bagi yang ingin awet muda rutinlah mengkomsumsi daun kemangi yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

antioksidan
gambar antioksidan 

2.      Demam dan masuk angin

Daun kemangi merupakan salah satu pengobatan yang paling baik untuk demam dan masuk angin. Olahan jus dari daun kemangi diklaim efektif dalam menurunkan temperatur tubuh. Kita juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit malaria dengan mengkonsumsi daun kemangi ini.

Bagaimana cara menggunakannya? Anda dapat mengunyah daun kemangi untuk penyembuhan pilek dan flu. Atau bisa juga dengan merebus daun kemangi di dalam air, dan konsumsi minuman tersebut beserta daunnya.

anak demam
gambar anak demam

3.      Sistem Imun

Senyawa dalam daun kemangi dipercaya dapat meningkatkan produksi daya tahan tubuh sekitar 25 persen. Mengkonsumsi daun kemangi segar lebih baik daripada daun kemangi yang telah dikeringkan. Anda dapat mengunyah daun kemangi ini setiap hari untuk membantu membersihkan darah dan melawan infeksi. Daun kemangi tidak memiliki rasa yang terlalu pahit dibandingkan beberapa tanaman herbal lainnya.

sistem imun
gambar sistem imun 

4.      Batuk

Bahan ini biasa digunakan untuk bahan pembuat sirup untuk batuk. Berbagai senyawa yang terdapat di dalamnya akan mempermudah lendir dikeluarkan dari dalam tubuh. Daun tanaman kemangi juga cukup efektif untuk mengobati bronchitis dan asma. Cara konsumsinya mudah, rebus segelas air dengan 8-10 daun kemangi selama sepuluh menit. Biarkan dingin, dan minum sampai habis, lakukan ini secara teratur hingga batuk anda hilang. Anda bisa juga berkumur menggunakan campuran air ini untuk batuk.

laki2 batuk
gambar laki2 batuk

5.      Kesehatan Mulut

Selain cairan pembersih mulut yang menggunakan bahan kimia, anda bisa memanfaatkan bahan penyegar mulut yang lebih natural yaitu daun kemangi. Berbagai masalah kesehatan mulut dapat dicegah dengan memanfaatkan daun kemangi secara teratur. Daun ini dapat melawan bau mulut dan pyorrhea. Caranya, keringkan daun kemangi di bawah sinar matahari selama tiga hari. Kemudian buatlah bubuk dan gunakan sebagai campuran untuk menyikat gigi. Andapun bisa menggunakan rebusan daun kemangi sebagai obat kumur.

kesehatan mulut
gambar kesehatan mulut

6.      Memperbaiki Penglihatan

Seperti kita ketahui waortel merupakan tanaman yang dikenal sebagai sumber vitamin A. Kita juga dapat memperoleh vitamin A yang berasal dari daun kemangi. Vitamin ini merupakan bahan penting yang diperlukan oleh mata kita. Anda bisa mengkonsumsi daun kemangi segar untuk membantu menjernihkan penglihatan anda.

memperbaiki penglihatan
gambar memperbaiki penglihatan

7.      Mengurangi Stress

Daun ini ternyata mengandung bahan anti stress. Cukup dengan mengunyah 10 sampai 15 lembar daun kemangi dua hari sekali dapat menjauhkan anda dari stress. Anda juga dapat merendam daun kemangi ini dalam air, dan biarkan semalaman, dan konsumsi keesokan harinya. Rutin mengkomsumsi daun kemangi bisa mengobati gangguan tidur (insomnia) dan meningkatkan fungsi otak.

wanita stress
gambar wanita stress

8.      Mencegah dan Mengobati Jerawat

Khasiat daun kemangi juga efektif dalam mengobati jerawat dan untuk mengobati peradangan jerawat. Daun ini memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membantu untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan daun kemangi yang sudah dihaluskan pada area yang terinfeksi jerawat. Anda bisa juga mengkombinasikan khasiat daun kemangi dengan madu untuk bahan masker anti bakteri.

mencegah dan mengobati jerawat
gambar mencegah dan mengobati jerawat

9.      Mencegah Batu Ginjal

Konsumsi daun kemangi yang dicampur dalam satu gelas air dan konsumsi pada saat perut kosong dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal, yaitu dengan menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal yang terdapat pada saluran pencernaan anda.

mencegah batu ginjal
gambar mencegah batu ginjal

10.  Pengobatan Radang Sendi

Bagi anda yang sering beraktivitas berat tentu sering merasakan sakitnya persendian, begitupun para lansia yang sering merasakan sakit pada persendian dan hal tersebut tentunya dapat mengganggu aktivas anda sehari-hari. Kandungan beta-caryophyllene pada daun kemangi mengandung bahan pereda sakit yang lebih alami dibanding anda mengkomsumsi obat kimia penahan rasa nyeri yang bisa mengakibatkan masalah jika dikomsumsi dalam jangka waktu panjang.

pengobatan radang sendi
gambar pengobatan radang sendi

11.  Khasiat Daun Kemangi Untuk Lelaki

Bagi pria yang sudah berumah tangga, menjaga vitalitas pria amat penting untuk menjaga keharmonisan hubungan suami-isteri. Kandungan zat eugenol dan apigenin fenkhona yang terdapat dalam daun kemangi dapat meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini pada pria. Zat lain yang bernama arginin dalam daun kemangi juga bisa memperkuat daya hidup sperma sehingga memperbesar peluang kehamilan dan mencegah kemandulan.

vitalitas pria
gambar pria

12.      Khasiat Kemangi untuk perut

Bagi kaum pekerja yang sering mengendarai kendaraan bermotor tentunya rentan merasakan perut kembung begitupun anak balita. Salah satu cara tradisional yang bisa anda terapkan dalam mengatasi perut kembung adalah dengan menggunakan campuran bawang merah dan minyak kelapa yang direbus bersama daun kemangi kemudian setelah dingin dioleskan pada bagian perut untuk menghilangkan rasa kembung dan mual.

sakit perut
gambar sakit perut

Semoga artikel 12 Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Diluar Dugaan Anda dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang berbagai tanaman herbal yang ada disekitar kita.