Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Berwisata Saat Lebaran Yang Harus Dilakukan

 wisata saat lebaran

Duniahobiku.com – Apa yang harus diperhatikan sebelum berwisata saat lebaran? Lebaran adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Khususnya bagi seseorang yang memiliki keluarga yang jauh dari rumah tempat tinggal atau sedang berada diperantauan. Untuk itu, lebaran merupakan saat yang tepat untuk melakukan wisata bersama keluarga yang jarang berkumpul sebelumnya.

8 Tips Berwisata Saat Lebaran yang Harus Dilakukan

Bagi anda yang ingin berwisata keluarga saat lebaran, anda harus mempertimbangkan segalanya mulai dari tempat tujuan wisata dan biaya wisata. Hal ini harus dilakukan karena melibatkan keluarga tentunya tidak sedikit orang yang akan mengikuti wisata tersebut.

Berikut tips berwisata saat lebaran yang dapat anda lihat untuk persiapan wisata anda nanti bersama keluarga saat lebaran tiba;

1.      Pilihlah Satu Obyek Wisata Saja

Untuk menentukan tempat wisata dengan keluarga, anda harus benar-benar mempertimbangkan situasi dan kondisi dari keluarga anda. Usahakan jangan memilih lokasi yang terlalu jauh dari tempat anda dan keluarga anda menginap atau tinggal. Karena hal itu akan memakan banyak waktu  bersama dengan keluarga anda. Selain itu, carilah satu objek wisata saja jangan lebih agar anda tidak menghabiskan waktu dijalan untuk kesana kemari. Carilah satu objek wisata yang dapat membuat anda dan keluarga anda berkumpul dengan nyaman dan tidak cepat bosan dalam waktu seharian penuh. Carilah tempat wisata seperti; waterpark, kebun binatang, wisata pantai, wisata gunung, atau agrowisata.

2.      Siapkan Anggaran Liburan

Hal terpenting yang tidak boleh terlupakan saat anda berlibur dan menikmati liburan anda yaitu uang. Berlibur dengan keluarga adalah hal yang menyenangkan dan tentunya aktifitas ini akan mengeluarkan biaya yang lumayan banyak. Untuk itu sebelum lebaran tiba, jauh-jauh hari anda harus sudah menyiapakan dana yang dianggarkan khusus untuk liburan agar anda tidak terkendala biaya saat menikmati waktu bersama dengan keluarga tercinta.

3.      Merencanakan Waktu Untuk Berwisata

Pemilihan waktu yang tepat untuk berwisata dengan keluarga sangat penting untuk dilakukan setelah menyiapkan anggaran dana. Karena berwisata saat lebaran pastinya akan sering menjumpai yang namanya kemacetan. Maka dari itu hari yang baik untuk melakukan wisata pada saat lebaran yaitu H+3 atau H+4 agar anda sekeluarga terhindar dari yang namanya kemacetan.

4.      Gunakan Kendaraan Pribadi

Jika ingin liburan anda saat lebaran aman terkendali alangkah baiknya anda menggunakan kendaraan pribadi agar dapat mengatur waktu dengan tepat. Pada saat lebaran, kendaraan umum tentunya sangat padat merayap sehingga nanti akan memakan waktu yang harusnya dihabiskan bersama keluarga. Kendaraan pribadi juga akan memudahkan kita untuk singgah dibeberapa tempat untuk keperluan tertentu.

5.      Membawa Bekal dari Rumah

Seperti yang kita ketahui, tidak hanya harga makanan pokok, semua barang dan makanan lainnya akan melambung harganya pada saat lebaran tiba. Oleh karena itu, membawa bekal dari rumah adalah pilihan yang tepat, selain lebih hemat juga lebih sehat karena buatan sendiri.

6.      Membawa kamera

Dari sekian tips yang tidak boleh terlewatkan yaitu membawa kamera. Kenapa seperti itu? Mungkin dari anda ada yang bisa berkumpul dengan keluarga hanya 1 tahun sekali. Untuk itu mengabadikan momen yang membahagiakan sangatlah penting untuk anda yang jarang bertemu, khususnya saat bertemu dengan keluarga besar dihari lebaran.

foto bersama keluarga
Gambar foto bersama keluarga

7.      Persiapakan kendaraan anda sebaik Mungkin

Jika anda ingin menggunakan kendaraan pribadi saat liburan lebaran maka periksa semua komponen mobil. Apakah ban mobil masih layak digunakan atau sudah mulai aus, periksa juga Aki mobil apakah sudah saatnya pergantian atau masih bisa digunakan, AC mobil, air radiator, wiper kaca mobil, dan tentu saja ketersediaan bahan bakar yang cukup agar saat perjalanan kendaraan sudah siap untuk digunakan. Jika kondisi kendaraan dalam keadaan prima maka liburan anda bisa berjalan mulus tanpa hambatan ditengah perjalanan.

pemeriksaan mobil
Gambar pemeriksaan mobil

8.      Membwa P3k

Tips berwisata saat lebaran yang terakhir adalah membawa p3k. Bagi anda yang berwisata dengan anak-anak atau orang tua sebaiknya membawa persiapan obat-obatan untuk menjaga kenyamanan saat berwisata. Seperti obat masuk angin, minyak, dan lainnya.

Demikian 8 tips penting yang harus diketahui sebelum berwisata dengan keluarga saat lebaran. Manfaatkan momen liburan anda saat lebaran untuk menghabiskan waktu berharga bersama keluarga.