Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghilangkan Penat Di Wisata Pulau Bidadari Yang Cantik

 wisata pulau bidadari

Duniahobiku.com - Letih dan stres setelah sekian lama bekerja? Anda perlu berlibur? Bagi warga Jakarta tidak usah jauh-jauh cukup berwisata ke pulau bidadari saja. Pulau bidadari adalah salah satu pulau di kepulauan Seribu yang merupakan tempat ideal untuk menghilangkan penat setelah merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari yang termasuk dalam wilayah Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Apa saja yang menarik dipulau cantik  ini? Silahkan simak terus artikel dibawah ini.

Sejarah Pulau Bidadari

Semula pulau ini merupakan hutan semak belukar dan tidak berpenghuni. Pada awal tahun 1970 PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resor wisata. Kemudian secara bertahap pulau ini dikembangkan menjadi resor yang menyimpan perpaduan antara pelestarian alam, situs sejarah dan rekreasi laut. Dari Marina Ancol Pulau Bidadari dapat dicapai dalam waktu sekitar 20 menit, dengan menggunakan speed boat.

Awalnya pulau ini bukan bernama pulau bidadari melainkan pulau sakit dan pulau purmerend. Dinamakan pulau sakit karena dulunya dipulau ini VOC pada tahun 1679 membangun sebuah rumah sakit lepra atau kusta. Beberapa kali bangunan yang berada disini hancur karena serangan armada laut Britania Raya kemudian dibangun kembali oleh Belanda. Beberapa resort bahkan sempat tidak berpenghuni hingga tahun 1970 dan akhirnya nama pulau ini diganti menjadi Pulau Bidadari, menurut beberapa sumber nama ini digunakan mengingat nama pulau disekitarnya yang memiliki nama nama pulau yang indah seperti : pulau nirwana, pulau putri, pulau kahyangan dll. Nama pulau ini akhirnya digunakan hingga saat ini bahkan telah bertransformasi menjadi tempat wisata yang menarik.

Pantai Pulau Bidadari

Banyak tempat-tempat menarik yang dapat dinikmati wisatawan di Pulau Bidadari. Pantainya berpasir putih dengan air laut yang jernih dan relatif bersih. Pada malam hari di kejauhan tampak keindahan panorama kota Jakarta yang berjarak sekitar 14 km dari Pulau Bidadari. Sebagian besar wilayah pulau ditumbuhi aneka tanaman seperti berbagai tanaman langka, pohon buah-buahan, dan hutan mangrove yang terpelihara dengan baik. Berbagai binatang langka juga menghuni pulau ini diantaranya biawak dan elang bondol. Di sini terdapat pula penangkaran lumba-lumba yang dipelihara secara baik dan ilmiah. Selain alam, flora dan fauna yang mempesona, disini  juga terdapat situs bersejarah berupa benteng peninggalan zaman VOC yaitu benteng Mortello. Benteng berdiameter sekitar 23 m, tebal dinding 2,55 m dan tinggi 6 m dilengkapi dengan beberapa meriam kuno.

pantai pulau bidadari
Gambar Pantai Pulau Bidadari

Seperti halnya kawasan pantai indah lainnya, di pulau ini dapat dinikmati berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti bermain jetski, berperahu, memancing, menyelam, snorkeling, dan berjalan-jalan santai. Salah satu atraksi menarik yang banyak digemari oleh wisatwan yaitu berenang bersama lumba-lumba yang dipercaya dapat mengobati autisme. Dari berbagai penelitian ternyata terapi melalui gelombang berfrekuensi tinggi yang dikeluarkan oleh mamalia laut lumba-lumba yang disebut dolphin therapy ini banyak banyak memberi pengaruh positif pada penderita autisme.

lumba-lumba pulau bidadari
Gambar lumba-lumba pulau bidadari

Beberapa pulau lain yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu seperti Pulau Cipir (Pulau Kahyangan), Pulau Onrust, dan Pulau Kelor yang pada zaman kolonial Belanda (VOC) pernah digunakan sebagai tempat pertahanan. Itulah sebabnya di pulau-pulau ini masih terdapat benteng kuno dan pelabuhan kuno yang merupakan daya tarik bagi kaum wisatawan.

Fasilitas Pulau Bidadari

Berbeda dengan resor lainnya, resor Pulau Bidadari memiliki resor yang berada di atas laut yang dikenal dengan cottage apung. Cottage ini berupa rumah panggung di atas air layaknya perkampungan nelayan. Selain itu, juga terdapat cottage di darat yang terdiri dari dua model yakni model panggung dan model bukan panggung. Cottage model panggung didesain mirip dengan rumah adat Minahasa.

cottage pulau bidadari
Gambar Cottage Pulau Bidadari

Di bibir pantai terdapat sejumlah pendopo untuk tempat duduk bersantai atau sekadar rebahan melepas penat sambil menikmati hembusan angin pantai. Resor di Pulau Bidadari juga memiliki taman yang berada di bawah rindangnya pohon-pohon. Bila pengunjung hendak berwisata ke Pulau Onrust, pengelola pulau menyediakan speed boat kecil yang dapat disewa.

Untuk keperluan aktivitas luar, kawasan wisata ini juga menyediakan fasilitas outbound training baik di darat maupun di laut. Di Pulau Bidadari banyak terdapat rumah makan yang menu utamanya makanan laut seperti kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau, dan masakan udang.

rumah makan pulau bidadari
Gambar Rumah Makan Pulau Bidadari

Dalam satu hari sekurang-kurangnya ada dua atau tiga kali keberangkatan kapal dari dermaga Marina Ancol dan dari Pulau Bidadari. Jadwal keberangkatan kapal paling sering pada hari Sabtu.

Fasilitas lain yang tersedia dipulau ini antara lain kolam renang, sarana olahraga pantai seperti volley ball pantai, sepak bola bahkan permainan billiard juga tersedia ditempat ini.

Musholla

Fasilitas untuk meeting room, family gathering, atau kegiatan outbond yang kerap dilakukan sebuah perusahaan atau instansi pemerintah.

Paket Wisata Pulau Bidadari

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakrta membuatnya banyak dikunjungi oleh para warga Jakarta maupun wisatawan, pihak pengelola menawarkan paket one day trip untuk pelancong yang hanya ingin bersantai tanpa harus menginap, dengan fasilitas pulang-pergi dari dermaga ancol, makan siang, water sport (banana boat, dll) dan mengunjungi pulau-pulau disekitar pulau bidadari seperti  pulau kelor, onrust dan pulau kahyangan dan fasilitas tambahan lainnya. Jika anda ingin menginap selama beberapa hari  pihak pengelola juga menawarkan paket wisata pulau bidadari yang tidak kalah menarik. Untuk keterangan lebih lengkap silahkan menghubungi langsung pihak pengelola Taman Bidadari.

Tiket Masuk Pulau Bidadari

Mengingat jarak tempuhnya yang tidak terlalu jauh dari kota Jakarta dan dapat ditempuh hanya sekitar 30-45 menit saja maka harga tiket masuk pulau bidadari juga lumayan terjangkau kurang dari 50 ribu rupiah/orang. Dan jika anda ingin lebih cepat anda bisa menggunakan jasa speed boat yang berada di marina ancol.

Semoga artikel Menghilangkan Penat di Pulau Bidadari Yang Cantik dapat bermanfaat dan membantu menambah daftar destinasi wisata anda saat mulai suntuk setelah sekian lama bekerja.