Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Berwisata Ke Pantai Yang Wajib Anda Ketahui

 

wisata pantai

Duniahobiku.com - Apa saja yang wajib anda ketahui saat berwisata ke pantai? Ada banyak pantai terkenal di indonesia yang bisa anda kunjungi, bahkan keindahan pantai Indonesia telah memikat mata dunia untuk mengunjunginya. Pantai merupakan tempat wisata yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Birunya air laut, deburan ombak, hamparan pasir laut dan hembusan angin laut menawarkan sensasi tersendiri bagi kita untuk berwisata ke pantai.

11 Tips Berwisata Ke Pantai Yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum anda merencanakan berlibur ke pantai ada beberapa tips agar kita merasa aman dan juga nyaman saat kita berkunjung ke pantai, sehingga saat wisata kita benar benar bisa menikmati tanpa adanya gangguan yang berarti, berikut ini 11 tips berwisata ke pantai yang wajib anda ketahui :

1.           Cari informasi tentang tempat tujuan kita

Berusahalah untuk mencari info tentang pantai tujuan kita, bagaimana akses menuju pantai tersebut, ketersedian hotel atau penginapan di sekitar pantai, mudah atau tidaknya mendapatkan makanan serta minuman dan info info lainya yang berguna bagi anda sebelum mengunjungi pantai tujuan anda. Hal ini dimaksudkan supaya anda sedikit banyak mengetahui kondisi pantai dan juga lingkungan sekitarnya, sehingga saat anda berkunjung ke pantai tersebut tak akan kesulitan dan kebingungan sehingga benar-benar dapat menikmati kondisi dan tempat wisata tersebut.

2.           Gunakan pakaian yang ringan

Bermain di pantai berarti harus basah basahan. Hindarilah menggunakan pakaian dengan bahan yang sangat tebal karena bisa memberatkan Anda ketika berenang atau saat bermain air. Selain itu, bahan tebal lebih lama kering dibanding yang berbahan tipis. Pilih kaos yang mudah kering dan berbahan tipis agar anda merasa lebih nyaman.

3.           Bawalah pelindung matahari

Persiapkan semua perlengkapan untuk berwisata ke pantai, termasuk pelindung diri dari sinar matahari. Membawa topi, payung dan kaca mata hitam bisa menjadi pilihan untuk menghindarkan diri dari sinar matahari langsung. Namun pergunakan semua perlengkapan tersebut seperlunya, jika matahari semakin terik semua persiapan anda bisa dipergunakan, karena sinar matahari yang terlalu terik dapat mengakibatkan kulit kita terbakar. Gunakan sunblock untuk menjaga kulit agar aman dari matahari.

4.           Pilihlah waktu yang tepat untuk berjemur

Tidak ada salahnya jika ingin berlama-lama disiram sinar mentari. Berjemur di pantai memang dapat menyehatkan kulit. Namun ingat jika ingin berjemur, hindarilah matahari siang hari karena sinarnya terlalu terik dan justru akan membuat kulit terbakar. Pagi sampai pukul 10.00 atau dari pukul 15.00 sampai matahari tenggelam, bisa jadi waktu yang tepat untuk berjemur.

berjemur dipantai
Berjemur dipantai

Selain itu, perhatikanlah sekeliling jika ingin berjemur. Jangan terlalu asyik menikmati musik sambil memejamkan mata. Perhatikan apakah ada binatang pantai yang melintas di sekeliling Anda. Jangan sampai anda tersengat atau tergigit binatang yang hidup di sekitar pantai.

5.         Tetaplah berhati-hati dan waspada

Saat anda berjemur dan rileks di pantai tak ada salahnya untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap sekeliling kita, janganlah terlalu asyik memejamkan mata ataupun mendengarkan musik melalui headset kita. Selalu perhatikan dimana barang-barang kita berada dan perhatikan pula apakah lokasi disekitar kita aman dari segala gangguan. Perhatikan juga ketinggian dan arus ombak sebelum anda berenang.

6.           Berbilaslah setelah bermain air laut

Setelah puas bermain air, bersenang-senang serta berenang, ada baiknya anda segera berbilas, karena air laut memiliki banyak kandungan garam yang bisa menyebabkan alergi bagi yang belum terbiasa. Janganlah berlama-lama dengan pakaian yang basah setelah bermain air di pantai karena kandungan garam akan membuat kulit anda lebih kering. Berusahalah untuk berbilas di kamar mandi yang sudah disediakan oleh pengelola jika anda nyaman untuk mandi di tempat umum, membasuh tubuh dengan air bersih dan memastikan kandungan garam air laut tidak lagi menempel pada tubuh kita.

7.           Perbanyak Minum Air

Pantai identik dengan panas matahari dan hawa laut yang cenderung kering sehingga kita akan mudah mengalami dehidrasi apalagi ditambah dengan aktivitas kita selama menikmati pantai seperti berenang, olahraga, bananaboat, dan lain sebagainya yang tentunya akan membuat tubuh kita kehausan. Selain minum air yang banyak atau minuman isotonic tidak ada salahnya menikmati sebutir kelapa muda yang biasa banyak dijajakan disekitar wisata pantai, selain baik untuk kesehatan tubuh kelapa juga mengandung ion alami yang bisa mengembalikan kesegaran tubuh.

minum air kelapa muda
Minum Air Kelapa Muda

8.           Lakukan Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas

Biasanya saat ke pantai dan melihat birunya air laut kita cenderung ingin segera merasakan segarnya air laut dengan berenang, tapi tunggu dulu. Sebelum anda berenang ke laut ada baiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya cidera otot, anda tentunya tidak ingin saat asyik berenang dilaut tiba-tiba mengalami kram yang bisa berakibat fatal buat anda.

9.           Gunakan Bedak Untuk Menghilangkan Pasir

Anda tentunya sering merasakan saat telah selesai beraktivitas dipantai atau sedang jalan-jalan dipinggir pantai, kaki anda penuh dengan pasir yang melengket dan sulit dihilangkan. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan menaburkan bedak pada kaki yang berpasir kemudian mengusapnya hingga tidak tersisa. Bedak juga bisa mencegah pasir untuk tidak lengket kembali.

10.      Perhatikan Musim dan Cuaca

Tentunya saat merencanakan berwisata kepantai dalam benak anda pasti dipenuhi bayangan tentang indahnya air laut, pemandangan alam sekitar serta aktivitas yang akan anda lakukan bersama dengan sahabat ataupun kerabat anda. Salah satu yang perlu anda perhatikan sebelum kepantai  adalah musim dan cuaca, sebaiknya hindari mengunjungi pantai saat puncak musim hujan ataupun saat cuaca sedang tidak bersahabat. Jangan memaksakan diri untuk tetap berlibur selain alam yang tidak bersahabat, petir bisa terjadi kapan saja dan sangat berbahaya buat anda yang sedang melakukan aktivitas dipantai.

11.      Menjaga Kebersihan Pantai

Hal ini yang paling terabaikan saat berwisata kepantai adalah soal sampah. Tentunya anda tidak ingin berwisata kepantai yang penuh dengan sampah bukan? Oleh sebab itu kita jangan membuang sampah sembarangan dan buanglah pada tempatnya. Jika tempat sampah tidak tersedia anda bisa menaruh sampah anda kedalam kantung plastik dan membuangnya ketika telah menemukan tempah sampah. Kebersihan pantai dan laut merupakan tanggung jawab kita bersama dan bukan hanya urusan pihak pengelola wisata pantai.

sampah pantai
Sampah Pantai

Itu tadi beberapa 11 Tips Berwisata Ke Pantai Yang Wajib Anda Ketahui, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua para penggemar wisata pantai.