Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Wisata Bersama Keluarga Yang Tak Terlupakan

 wisata bersama keluarga

Duniahobiku.com – Wisata bersama keluarga merupakan hal yang sangat dinantikan oleh setiap orang. Namun sebelum anda melakukan trip perjalanan bersama dengan keluarga, anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan pada saat berlibur nanti demi kelancaran liburan anda. Tidak mau kan liburan anda terhambat hanya karena beberapa hal-hal kecil yang anda sepelekan…? Artikel dibawah ini akan membagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan saat akan melakukan wisata bersama keluarga.

12 Tips Wisata Bersama Keluarga

Wisata bersama keluarga tidak harus selalu keluar negeri ataupun ditempat tempat mahal jika budget anda tidak terbatas memang tidak ada salahnya menikmati hidup dan memanjakan diri, tetapi dengan budget terbatas pun anda tetap bisa berlibur. Jalan-jalan ke mall, pantai, kebun binatang, taman, dll bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang terjangkau. Bagian terpenting dari wisata keluarga tentunya menghabiskan waktu bersama anggota keluarga untuk menciptakan momen yang bisa dikenang sepanjang masa. Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat akan melakukan liburan. Berikut beberapa tips wisata bersama keluarga dibawah ini agar liburan anda semakin asyik dan seru:

1.           Sediakan dana tambahan

Dana tambahan ini dapat dikatakan sebagai bentuk jaga jaga saat berwisata nantinya. Saat membawa keluarga berwisata terkadang ada kebutuhan dari keluarga anda yang tiba tiba muncul secara mendadak diluar rencana anda. Untuk menghadapi hal tersebut akan sangat bijak jika anda menyediakan dana tambahan untuk perjalanan wisata anda.

2.           Persiapkan perlengkapan yang kecil

Persiapkanlah beberapa hal seperti peralatan mandi, obat, dan peralatan lainnya yang anda gunakan sehari hari. Hal ini ditujukan apabila ada salah seorang anggota keluarga anda yang tiba tiba sakit dan butuh obat. Selain itu beberapa penginapan murah tidak menyediakan peralatan mandi seperti pasta gigi dan sikat gigi. Oleh karena itulah anda harus membawanya sendiri dari rumah, kecuali jika anda menginap di hotel yang telah menyediakan berbagai sarana yang akan membuat anda nyaman untuk tinggal semakin lama.

sikat gigi dan pasta gigi

Gambar Sikat gigi dan Pasta Gigi

3.           Menetapkan tempat tujuan bersama

Hal ini harus dibicarakan dan direncanakan terlebih dahulu bersama keluarga anda untuk menghindari ketidakcocokan dan pertengkaran dalam berwisata. Ada baiknya jika semua anggota keluarga anda menyatakan keberatan dan keinginannya tentang tujuan wisata yang akan mereka kunjungi.

4.           Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan adalah hal yang perlu dilakukan oelh semua anggota keluarga agar anda sekeluarga dapat menikmati wisata dengan sepenuhnya. Wisata yang seharusnya seru dan asyik bisa menjadi buruk dan membosankan jika saat berwisata ada anggota keluarga anda yang sakit sehingga menghambat perjalanan wisata anda.

5.           Mencari informasi tentang tujuan wisata

Hal ini bertujuan agar setidaknya anda bisa mengerti gambaran daerah wisata yang akan kunjungi, sehingga mudah bagi anda untuk mencari tempat tempat penting yang anda butuhkan seperti rumah sakit, pom bensin, villa dan tempat penting lainnya.

6.           Memesan transportasi

Jika anda berangkat dengan menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya anda memeriksa keadaan kendaraan anda. Namun jika anda menggunakan transportasi umum, maka sebaiknya anda memesan tiket jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan agar tidak kehabisan tiket. Wisata anda bisa batal jika tidak mendapatkan tiket yang yang inginkan.

7.           Rapat keluarga

Hal ini sangat penting dilakukan agar setiap anggota keluarga mengerti rencana serta tempat tujuan wisata mereka. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui keinginan dan keberatan dari masing masing anggota keluarga anda supaya wisata anda bisa semakin seru dan asik.

8.           Memesan tempat menginap

Sebelum berangkat ke tempat wisata yang akan anda kunjungi, sebaiknya anda memesan tempat menginap untuk menghindari resiko jika hotel / penginapan telah full, terutama saat musim liburan panjang tiba.. Perlu diingat, kalau anda berwisata bukan seorang diri, anda juga membawa keluarga anda, jadi ceritanya tidak lucu jika anda dan keluarga tidak mendapatkan tempat menginap karena lupa memesan tempat sebelum keberangkatan. Carilah tempat menginap yang aman dan jaraknya tak terlalu jauh dari tempat wisata anda dengan harga yang cukup terjangkau.


Gambar  Memesan Hotel

9.           Pilih Destinasi Wisata Yang Sesuai  Umur

Ada beberapa wisata keluarga yang belum tentu cocok untuk semua umur sebagai contoh arung jeram, air terjun, dan wisata goa yang kurang cocok bagi anak-anak dan bayi, Beberapa wahana bermain pun terkadang mengharuskan anak-anak dengan umur dan tinggi yang sesuai untuk jenis permainan yang mereka sediakan, sungguh sangat disayangkan jika anda telah membeli tiket dan anak anda tidak bisa memainkannya karena terhalang aturan. Sebaiknya pilihlah tempat wisata yang cocok untuk semua umur.

arung jeram
Gambar Arung Jeram

10.      Bawa Makanan dan Minuman Selama Perjalanan

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi dan perjalanan anda cukup memakan waktu sebaiknya sediakan berbagai minuman dan makanan kecil selama dalam perjalanan sebagai cemilan untuk mengganjal rasa lapar sebelum menemukan rumah makan. Hindari memberikan minuman berupa susu selama dalam perjalanan karena dapat memicu rasa muntah.

11.      Dokumentasikan Liburan Anda

Sebelum berangkan siapkan segala perlengkapan anda dengan baik usahakan jangan sampai ada yang ketinggalan. Menyiapkan perlengkapan dokumentasi seperti charger, handphone, kamera, handycam dan powerbank. Momen wisata keluarga dan tempat yang anda kunjungi belum tentu sama jadi alangkah sempurnanya jika momen kebersamaan anda bersama keluarga bisa diabadikan baik melalui foto maupun video. Kita bisa membuka kenangan tersebut dikemudian hari untuk nostalgia dan jangan lupa cantumkan tanggal, tempat wisata yang anda kunjung, dan catatan kecil sebagai pengingat momen tersebut pada hasil cetakan foto anda.

dokumentasi liburan
Gambar Dokumentasi Liburan

12.      Dapatkan Pengalaman Baru

Liburan bersama keluarga akan menciptakan kenangan indah buat anda dan anak-anak anda. Mengunjungi tempat-tempat unik dan memiliki nilai positif tentunya merupakan hal yang menarik dan baik untuk menambah pengetahuan anak-anak. Anda bisa merencakanan mengunjungi tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya untuk mendapatkan pengalaman dan nuansa yang berbeda. Seperti kebun binatang , museum, kebun  wisata buah, atau hal-hal yang menurut anda bisa bermanfaat buat tumbuh kembang anak anda.

kebun binatang
Gambar Kebun Binatang

Semoga 12 Tips Wisata Bersama Keluarga Yang Tak Terlupakan. Dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga yang akan merencanakan liburan bersama.