Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Marsupilami Indonesia VS Hewan Aneh Berekor Panjang Marsupilami

 

marsupilami indonesia

duniahobiku.com – Apakah anda pernah mendengat tentang marsupilami Indonesia? Diantara teman teman pasti ada yang sempat membaca serial komik Marsupilami atau menonton tayangan film kartunnya di tv. Tidak dapat dibayangkan seandainya ada hewan sama dengan itu hidup di zaman modern ini, bergelantungan di pohon dengan ekor yang amat panjang. Memang karakternya diambil dari pembawaan hewan marsupilami. hewan apakah marsupilami itu? Ayo kita cari tahu

Menurut Wikipedia, Marsupilami merupakan tokoh kartun yang diciptakan oleh André Franquin, yang pertama kali dipublikasikan pada 31 Januari 1952 di Majalah Spirou di Belgia, sampai majalah itu berhenti beredar pada 1968.

Pada akhir 80-an, Marsupilami dihidupkan kembali dalam suatu komik serial sendiri, berjudul Marsupilami yang ditulis oleh Greg, Yann serta Dugomier dan digambar oleh kartunis Batem.

Dalam bukunya, marsupilami digambarkan sama dengan hewan monyet berwarna kuning dengan totol-totol warna hitam di badannya. Ekornya amat panjang, serta dapat buat bergelantungan di pohon. Karena ekornya amat panjang, marsupilami juga digambarkan dapat berlompatan memanfaatkan ekornya yang dibentuk serupa gulungan per. Nah, selagi berlompatan berbantal ekor itu bakal terdengar suara nada “boing”.

Menilik namanya, teman teman barangkali menduga, pembawaan ini di ambil dari sejenis hewan aneh berekor panjang Marsupilami – hewan marsupial (hewan mamalia berkantung). Meskipun sebenarnya tidak demikianlah adanya. Marsupilami versi komik berasal dari dua kata ; “marsupial” yang di ambil dari kata Pilou-Pilou, nama Perancis buat pembawaan Eugene the Jeep yang amat disenangi Franquin (pencipta Marsupilami) serta “ami” arti dalam bahasa Perancis yang berarti “teman”.

Komik Marsupilami sudah dialihbahasakan ke bermacam bahasa seperti Belanda, Jerman, Spanyol, Portugis, Inggris juga Indonesia. Kira-kira lebih tiga juta kopi dari serial Marsupilami sudah terjual di seluruh dunia.

Dari bentuk badan marsupilami jelas ini tidak di ambil dari hewan marsupial, walau namanya menyerupai. Sebenarnya seperti apakah hewan marsupial itu? Marsupial merupakan hewan mamalia dimana mamalia betina punya marsupium (kantong perut) seperti kanguru serta koala Australia.

Di bawah ini merupakan sebagian tipe hewan marsupilia asli dari Indonesia.

1.           Kuskus Beruang/Kuse (Ailurops ursinus).

Kuskus Beruang atau Kuse (Ailurops ursinus) merupakan diantara dari dua tipe kuskus endemik di Sulawesi. Panjang tubuh serta kepala kuse mencapai 56 cm, panjang ekornya 54 cm serta beratnya mampu menggapai 8 kg. Kuse punya ekor yang prehensil, yakni ekor yang bisa memegang serta umum dimanfaatkan buat menopang berpegangan pada kala memanjat pohon yang tinggi. Hewan ini hidup di hutan hujan tropis di kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dan Pulau Muna, Buton dan Togian. Dan sejumlah tempat di Sulawesi. Kita dapat menemukan kuskus beruang di cagar Alam Tangkokok batu Angus, Sulawesi Utara. Jangan ditangkap ya jika menemuinya di alam liar sebab hewan ini termasuk hewan yang dilindungi pemerintah.


kuskus beruang
Kuskus Beruang

2.           Kuskus Berbintik-Bintik (Spilocuscus Maculatus).

Hewan kuskus berbintik-bintik atau Spilocuscus maculatus, umum ada di daerah dataran rendah Papua. Warna bulu kulitnya banyak ragam dari putih bersih sampai coklat muda. Daging kuskus dihargai tinggi oleh masyarakat Kamoro dan kulitnya digunakan mereka untuk hiasan kepala spesial oleh pemimpin-pemimpin utama. Hewan ini juga dikenal dengan nama kuskus tutul karena pola bintik-bintik pada tubuhnya yang menyerupai macan tutul.

Kuskus tutul bisa tumbuh sekitar 50 hingga 1 meter dengan bobot tubuh dapat mencapai 1,5 – 4 kg, hewan ini dapat dijumpai didaerah Papua dan Australia, Sulawesi, dan pulau di Maluku. Hewan ini masuk dalam daftar IUCN sebagai hewan yang dilindungi pemerintah.

kuskus tutul
Kuskus Tutul

3.           Mallomy (Tikus Raksasa).

Hewan ini merupakan diantara dari dua spesies binatang langka yang sukses disibak oleh beberapa ilmuwan di daerah Pegunungan Foja Papua dalam ekspedisi ke-2 kalinya. Ukuran hewan ini bisa mencapai 5 kali lipat dari tikus got yang biasa ditemukan dirumah-rumah. Namun pada saat ekspedisi hewan ini tidak terlihat takut malah sering mendatangi perkemahan dan cukup jinak untuk dipegang.

tikus raksasa papua
Mallomy (tikus raksasa papua)

4.           Pygmy Possum.

Ia merupakan diantara hewan berkantung paling kecil didunia yang juga di dapatkan di daerah Pegunungan Foja Papua selain tikus raksasa diatas

pygmy possum
Pygmy Possum

5.         Thylogalle brunni

Sering juga dipanggil dengan sebutan kangguru tanah. Thylogalle brunni menjadi tipe kanguru paling kecil yang ada didunia. Beratnya hanya 3-6 kg, tapi ada juga yang 10 kg. Panjang badannya kira-kira 90 cm dengan lebar kira-kira 50 cm. Satwa langka yang dilindungi ini merupakan hewan endemik Papua, serta cuma ada di Papua di daerah dataran rendah di hutan-hutan di lokasi Selatan Papua, serta Papua Nugini.

Thylogalle brunni
Thylogalle brunni

Semoga artikel Marsupilami Indonesia VS Hewan Aneh Berekor Panjang Marsupilami dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang hewan-hewan yang ada di Indonesia dan kita akhirnya bisa mengetahui darimana  komik dan film  marsupilami mendapat inspirasi.