Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Belum Banyak Diketahui

 manfaat daun pandan untuk kesehatan

Duniahobiku.com - Apa manfaat daun pandan untuk kesehatan?  Selama ini kita mengenal fungsi daun pandan hanya digunakan dalam pembuatan makanan dan kue-kue tradisional Indonesia dan Asia, ternyata manfaatnya bukan itu saja. Manfaat daun pandan untuk kesehatan ternyata sangat beragam dan mungkin kita tidak mengetahuinya. Jika anda penasaran dengan khasiat daun pandan silahkan simak artikel dibawah ini untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

Manfaat daun pandan wangi biasanya digunakan untuk membuat masakan menjadi harum. Kita sering menemukannya dalam masakan seperti kolak, cendol dan bubur kacang hijau bahkan terkadang saat memasak nasi ada banyak orang yang senang menaruh beberapa daun pandan di rice cooker agar nasi beraroma harum dan sedap disantap. Daunnya pun bisa dipakai sebagai pewarna alami untuk memperoleh warna hijau natural.

olahan daun pandan
olahan daun pandan

Pandan wangi mempunyai nama latin Pandanus amaryllifolius dipercaya akan menambah selera masakan ketika ditambahkan pada masakan tertentu, itu dikarenakan oleh aroma yang keluar pada daun pandan tersebut, tanaman ini cukup mudah ditemukan di berbagai daerah karena tanaman ini cukup mudah untuk ditanam bahkan tanpa harus mendapatkan perawatan tertentu. Umumnya daun pandan wangi ini dijadikan sebagai pelengkap masakan karena akan membuat masakan mempunyai aroma khas dari daun pandan tersebut.

Bagi Anda yang sering menemui daun pandan wangi maka perlu diketahui bahwa daun pandan wangi dapat dijadikan tanaman obat yang mempunyai berbagai khasiat, Berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan dan kecantikan :

1.      Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Perawatan Rambut:

Menghilangkan ketombe

Keberadaan ketombe memang mengganggu karena dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit kepala, selain itu adanya ketombe membuat berkurangnya kepercayaan diri karena adanya penampakan ketombe pada rambut. Dengan menggunakan daun pandan wangi sebagai obat alami maka ketombe pada kulit kepala bisa dihilangkan dengan cara potong-potong daun pandan wangi kira-kira 7 lembar, kemudian haluskan menggunakan blender, selanjutnya tambahkan ½ cangkir air bersih kemudian remas-remas dan saring daun pandan hasil diblender, lalu air hasil penyaringannya gunakan untuk membersihkan rambut, tunggu beberapa saat hingga mengering dengan sendirinya kemudian Anda bisa membilas rambut Anda hingga bersih dengan menggunakan sampo. Lakukan secara rutin.

Menghitamkan Rambut

Rambut hitam memang menjadi ciri khas dari wanita nusantara, namun untuk merawat rambut hitam dan sehat bukanlah hal yang mudah dilakukan, namun dengan menggunakan resep obat alami menggunakan daun pandan wangi semoga rambut akan selalu hitam dan sehat. Untuk cara penyajiannya sediakan 7 lembar daun pandan wangi kemudian cuci bersih, setelah itu potong-potong dan rebus bersama 1 liter air bersih hingga air tersebut nampak hijau, kemudian embunkan air tersebut semalaman kemudian keesokan harinya tambahkan perasan 2 buah mengkudu yang sudah masak, campurkan kedua olahan tersebut kemudian Anda dapat menggunakannya untuk keramas kira-kira 3kali dalam seminggu.

2.      Menambah nafsu makan

Seperti yang kita ketahui bahwa aroma khas dari daun pandan ini membuat masakan menjadi beraroma yang akan menjadikan selera makan kita bertambah, namun bagi orang yang kurang selera makan Anda dapat mengakali daun pandan wangi tersebut sebagai seduhan yang bisa Anda konsumsi secara rutin hingga nafsu makan Anda kembali dengan cara sediakan 2 lembar daun pandan dan cuci hingga bersih, kemudian potong-potong lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa ½ gelas, kemudian saring air rebusan daun pandan tersebut dan minum rutin 2x sehari.

3.      Mengobati rematik

Rematik umumnya diderita oleh orang dewasa yang cukup berumur, penyakit rematik ini menghasilkan rasa nyeri yang biasanya kebanyakan terletak pada tumpuan kaki, bagi Anda yang belum tahu bahwa manfaat daun pandan dapat dijadikan obat rematik maka Anda dapat mencoba obat alami ini dengan cara penyajian sebagai berikut:

Cuci bersih 3 lembar daun pandan kemudian potong-potong, kemudian seduh dengan ½ cangkir minyak kelapa hingga daun pandan benar-benar layu, tunggu hingga dingin dan Anda bisa gunakan minyak kelapa tersebut sebagai minyak gosok untuk area tubuh yang terkena rematik.

4.      Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat Anda obati dengan daun pandan yang tentunya sangat aman karena tidak terdapat bahan kimia sehingga bagus jika dikonsumsi rutin untuk penyembuhan penyakit darah tinggi yang sedang Anda derita. Caranya cuci bersih beberapa daun pandan kemudian rebus bersama 3 gelas air tunggu air rebusan tersebut menjadi 2 gelas kemudian saring air rebusan tersebut dan minum 2x sehari tiap pagi dan sore hari.

5.      Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat daun pandan untuk saraf sangat baik sehingga dapat digunakan untuk  meredakan sakit kepala dan telinga yang sakit dan bukan itu saja kandungan karatenoid dalam daun pandan ternyata bisa menjaga kesehatan jantung anda.

6.      Manfaat Daun Pandan Untuk Ginjal

Minum rebusan daun pandan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan ginjal karena sifat diuretik alami yang terkandung dalam daun pandan. Kandungan polifenol, saponin, dan alkaloid bisa berperan sebagai antibakteri yang bisa membantu menjaga tubuh lebih sehat.

7.      Khasiat Daun Pandan Untuk Lelaki

Daun pandan dapat meningkatkan vitalitas pria, meminum rebusan daun pandan yang dicampur jahe merah ternyata bisa mengobati penyakit lemah syahwat pada pria. Silahkan buktikan khasiatnya dengan rutin meminum ramuannya.

Semoga 7 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Belum Banyak Diketahui dapat bermanfaat untuk anda semua dan menambah pengetahuan anda tentang fungsi daun pandan yang tidak hanya untuk masakan semata.