Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Rahasia Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan

 manfaat anggur merah untuk kesehatan

Duniahobiku.com - Manfaat anggur merah untuk kesehatan sebenarnya sudah diketahui sudah sejak nenek moyang kita. Bahkan penelitian mengenai manfaat buah yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan dari luar negeri. Olahan dari buah anggur sering dijadikan minuman anggur yang disajikan direstoran-restoran mewah di Eropa.

Buah anggur merah yang matang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Anggur merah lebih diminati karena selain rasanya yang lebih lezat, juga relatif rendah kalori dan bebas kolesterol. Sehingga buah anggur merah aman untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes sekalipun. Melihat ranumnya buah anggur dipohon saja dapat membangkitkan selera untuk mencicipinya.

Kandungan buah anggur merah

Buah anggur sangat baik untuk membersihkan paru-paru dan mengandung zat flavonoid bernaman narigin yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan paru-paru. Menurut penelitian US Departemen of Agriculture (USDA) setiap 150 gram buah anggur mengandung :

Kalori sebanyak 104 kalori

Protein sebanyak 1.09

Karbohidrat sebanyak 27,3 gram

Air sebanyak 122 gram

Serat sebanyak 1,36 gram

Gula sebanyak 23,4 gram

Kalsium 15,1 miligram (mg)

Magnesium sebanyak 10,6 miligram (mg)

Untuk mengetahui khasiat buah anggur merah berikut adalah 8 manfaat buah anggur merah untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

1.      Manfaat anggur merah untuk tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi beberapa buah anggur merah ternyata dapat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Dalam hal ini bagi penderita darah tinggi, mengkonsumsi buah anggur adalah aman bahkan cenderung memiliki efek yang baik.

Hal ini disebabkan karena buah anggur merah terkandung zat yang disebut dengan melatonin dan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Buah anggur merah juga cenderung membuat peredaran darah menjadi lancar.

2.      Manfaat anggur merah untuk membantu terapi Insomnia

Insomnia adalah salah satu gangguan atau gejala dalam tidur. Dalam hal ini insomnia adalah gangguan yang berupa kesulitan untuk tidur. Gejala sulit tidur sudah umum terjadi pada setiap orang. Banyak faktor yang menyebabkan orang susah tidur. Diantaranya adalah faktor psikologis, atau faktor yang disebabkan oleh suatu gangguan penyakit.

Menurut beberapa literatur para ahli menyebutkan bahwa pada anggur merah terdapat zat melatonin. Zat melatonin ini dapat bermanfaat untuk menunjang kinerja otak dalam pengaturan waktu untuk tidur. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk mengkonsumsi anggur merah beberapa saat sebelum tidur mungkin dapat membantu.

3.      Manfaat buah anggur merah untuk mencegah penyakit jantung

Mungkin Anda bertanya, apa hubungannya mengkonsumsi buah anggur merah dengan penyakit jantung?

Ternyata didalam buah anggur mengandung kandungan senyawa fenol. Yang mana fenol ini memiliki sifat yang sama dengan antioksidan. Sebagai informasi, jantung membutuhkan antioksidan untuk mencegah gangguan-gangguan yang bisa saja menyerang jantung, termasuk racun-racun akibat radikal bebas. Selain itu, senyawa restevarol pada anggur merah dapat membantu melancarkan penyumbatan pembuluh darah yang terdapat pada jantung.

4.      Manfaat anggur merah untuk mengontrol gula darah

Kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh adalah gejala penyakit yang sangat berbahaya. Salah satunya adalah diabetes. Penderita diabetes akan memiliki banyak varian makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Lain halnya dengan buah anggur merah.

Manfaat anggur merah selain memiliki rasa yang manis ternyata mampu menstabilkan bahkan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Namun perlu diketahui bahwa pada anggur merah juga terdapat zat gula. Untuk itu makanlah buah secukupnya tapi tidak berlebihan.

5.      Buah anggur merah membantu memutihkan gigi

Gigi putih tentu dambaan setiap orang. Selain senantiasa terlihat sehat, juga mempunyai gigi putih biasa menggambarkan kebersihan seseorang dalam merawat bagian tubuhnya. Didalam buah anggur terdapat asam malat yang dapat membantu membuat gigi putih secara alami ketika mengkonsumsinya.

Meskipun manfaat anggur merah adalah salah satu buah yang dapat membantu memutihkan gigi, namun yang terpenting adalah pola hidup bersih dengan menggosok gigi 2 kali sehari secara teratur.

6.      Anggur merah Mempercantik kuku

Siapa sangka bahwa ternyata buah anggur merah dapat bermanfaat untuk mempercantik kuku Anda. Anggur merah  bisa membuat kuku menjadi lebih bersih dan  mengkilap.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menumbuk beberapa buah anggur merah yang dicampur dengan gula pasir secukupnya. Setelah itu tempelkan tumbukan anggur merah tadi pada kuku selayaknya menggunakan pacar kuku pada biasanya. Setelah itu diamkan selama 10 menit. Kemudian bersihkan kuku dengan air bersih. Dan lihatlah kuku Anda akan tampak bersih dan lebih cantik.

7.      Manfaat anggur merah untuk mencegah osteoporosis

Manfaat anggur merah lainnya adalah untuk mencegah pengeroposan tulang. Pada buah anggur merah terdapat zat yang disebut dengan senyawa boron yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi.

8.      Manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Anggur merah ternyata juga baik dikomsumsi oleh ibu hamil karena selain bisa meningkatkan imunitas tubuh sang ibu juga dapat membantu perkembangan otak janin, tulang dan gigi. Tetapi ingat sebaiknya wanita hamil tidak mengkomsumsi buah anggur yang masih mentah karena sifat asamnya dapat menyebabkan mual dan muntah.

Demikian 8 manfaat anggur merah untuk kesehatan yang perlu diketahui. Dengan menjalankan pola hidup sehat dan mengetahui lebih dalam tentang manfaat buah dapat membuat hidup Anda menjadi lebih sehat dan terbebas dari segala penyakit.