Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Motor Agar Tidak Berkarat Yang Perlu Anda Lakukan

 

cara merawat motor agar tidak berkarat

Duniahobiku.com – Bagaimana cara merawat motor agar tidak berkarat? Jika anda memiliki motor yang sudah cukup berumur maka salah satu masalah yang sering terjadi pada motor anda adalah karatan. Sebelum bagian motor anda berkarat ada baiknya anda melakukan beberapa langkah pencegahan. Artikel dibawah akan membantu anda melakukan beberapa cara yang bisa membantu mencegah karat terjadi pada motor. Selamat membaca!

Motor bagi sebagian orang tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi namun juga menjadi kawan yang tidak dapat di pisahkan dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, menjaga motor tetap dalam keadaan prima merupakan hal yang perlu kita lakukan untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Nah salah satu musuh utama dalam merawat motor adalah masalah karatan. Hal ini wajar mengingat hampir sebagian besar dari motor terbuat dari besi dan karat merupakan musuh utama yang sering menyerang benda-benda yang terbuat dari besi. Tetapi bukan berarti kita pasrah dan membiarkan karat menggerogoti motor kesayangan anda, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar motor anda tetap awet.

Cara Merawat Motor Agar Tidak Berkarat Yang Perlu Anda Ketahui

Karatan pada motor bisa di minimalisir apabila sejak dini anda paham betul bagaimana cara merawat motor agar tidak karatan, maka karat pada motor bisa di minimalisir atau bahkan di cegah. Mengingat bagaimana pentingnya merawat motor agar terhindar dari masalah karat, maka pada artikel kali ini khusus buat anda kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat motor agar tidak berkarat berikut tips yang bisa anda lakukan dirumah:

1.      Bersihkan motor segera setelah hujan

Hal ini penting anda ingat, bahwa air hujan mengandung zat asam dengan konsentrasi yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan air pada umumnya. Sementara itu, besi paling anti dengan larutan yang mengandung asam karena bisa menyebabkan korosi. Nah, apabila motor anda habis terkena hujan, maka segeralah cuci motor anda dengan menggunakan air yang bersifat netral. Hal ini cukup ampuh menghindarkan bodi motor anda dari masalah karatan terlebih pada bagian bagian tertentu seperti velg, kap mesin, stang, knalpot dan bagian motor lainya yang terbuat dari besi. Setelah membersihkan seluruh bagian motor jangan lupa untuk segera lap dengan kain/handuk kering agar tidak ada air yang menempel pada motor.

2.      Gunakan shampoo khusus untuk mencuci motor

Jangan pernah memakai diterjen, sampo atau pembersih lainya yang tidak di khususkan untuk mencuci motor. Hal ini penting karena bahan bahan tertentu memang tidak di khususkan untuk membersihkan lapisan cat pada besi. Sehingga apabila lapisan pelindung cat pada bodi motor terkelupas/terkikis maka akan menjadi celah karat mulai menggerogoti bagian motor, mulai dari bagian kecil dan jika dibiarkan akan semakin melebar.

3.      Lumasilah bagian yang mengkilap seperti halnya velg, mesin, knalpot dan lainnya.

Adapun cara yang tepat adalah dengan mencampur solar dan oli kemudian usap usap dengan menggunakan kuas. Lakukanlah hal ini minimal seminggu sekali. Kita tahu bahwa oli dan solar merupakan musuh utama dari air. Sehingga apabila besi yang ada pada sepeda motor kita terlapisi dengan cairan tersebut maka akan mencegah air yang mengandung zat asam menggerogoti besi pada sepeda motor kita.

Khusus untuk bagian knalpot, minimal lakukan dua minggu sekali.

Olesilah lubang yang ada di knalpot dengan sedikit oli agar tidak terjadi pengeroposan pada bagian dalam knalpot. Hal ini yang sering terjadi pada kendaraan yang ada. Dan apabila knalpot ini sudah mengalami korosi maka suara motor akan berubah, dan imbasnya lagi akan mempengaruhi pada peforma mesin dan mesin pun juga akan mudah rusak karena pembuanganya yang tidak memenuhi standar.

4.      Cuci Motor Secara Berkala

Mencuci motor secara berkala bukan hanya akan membuat motor anda tampil kinclong tetapi juga bisa menghindari karat yang bisa menyerang motor anda. Saat anda berkendara dijalan akan banyak debu dan tanah yang bisa menempel pada bagian motor terutama area bawah motor. Jika anda tidak melihat dan membiarkannya maka secara perlahan akan menyebabkan korosi pada motor anda. Terlebih lagi jika jalur yang anda lewati masih berupa tanah berlumpur maka anda harus lebih sering membersihkannya.

cuci motor secara berkala
cuci motor secara berkala

5.      Gunakan Cairan Anti Karat

Cairan anti karat bisa menjadi solusi untuk mencegah karat pada bagian motor anda. Ada banyak cairan anti karat yang bisa anda cari ditoko alat motor maupun toko online. Untuk cara pemakaian cukup mengikuti petunjuk yang tercantum pada kemasan cairan anti karat.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk menjaga motor kita dari bahaya karatan? Semoga informasi tentang Cara Merawat Motor Agar Tidak Berkarat ini bisa memberikan manfaat bagi anda semua.