Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Burung Kenari Mabung Bagi Pemula

 

cara merawat burung kenari mabung

Duniahobiku.com – Bagaimana cara merawat burung kenari mabung? Bagi seorang pemula biasanya akan sedikit terkejut jika mendapati burung kenari yang dipelihara tiba tiba mengalami kerontokan pada bulu ditubuhnya. Proses ini memang biasa terjadi pada hewan seperti burung, ayam dan jenis unggas berbulu lainnya. Untuk mengetahui apa itu mabung dan bagaimana cara merawat burung kenari yang sedang mengalami proses mabung, silahkan simak pada artikel dibawah ini.

Pengertian Mabung

Mungkin istilah ini sudah populer dikalangan para penghobi burung. Mabung adalah proses rontoknya bulu tua (moulting) dan digantikan bulu yang baru biasanya secara normal hal ini terjadi setiap 1 tahun sekali tetapi beberapa jenis burung bisa mengalami mabung sebanyak 2 kali dalam setahun. Ada beberapa isitilah yang sering digunakan oleh para kicau mania untuk menggolongkan beberapa jenis mabung :

ciri  burung kenari mabung
ciri burung kenari mabung

Ngurak

Proses ini biasanya menyebabkan bulu burung menjadi berantakan dan tidak beraturan yang disebabkan bulu bulu kecil yang terlebih dahulu rontok.

Ambrol

Kondisi dimana burung kenari terlihat seperti botak karena kerontokan bulu yang terjadi baik secara keseluruhan maupun cuma sebagian besar pada bagian tubuh.

Nyulam

Proses ini ditandai munculnya bulu bulu baru pada burung kenari mengantikan bulu tua yang telah rontok. Bulu bulu baru ini akan terlihat lebih halus dan mengkilap.

Seperti yang kita ketahu ada beberapa tahapan dalam masa pertumbuhan burung, mulai bertelur, belajar terbang, kawin, sampai masa mabung. Masa mabung adalah masa di mana bulu bulu pada burung mengalami kerontokan.  Dimasa ini burung akan terlihat jelek, lebih rentan terhadap penyakit dan daya tahan tubuhnya lemah. Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu benar benar mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk perawatan bagi burung yang sedang mabung.

Ciri - Ciri Burung Kenari Yang Mengalami Mabung

1.      Bulu burung kenari akan terlihat berantakan dan kusam

2. Proses kerontokan bulu akan terjadi secara bertahap hingga proses kerontokan bulu selesai.

3.      Burung akan malas berkicau

4.      Burung cenderung diam dan kelihatan kurang bersemangat

5.      Bulu ekor pada kenari terlihat rusak

Hal - Hal Yang Mempengaruhi Kenari Mabung

1.      Usia   

Mabung adalah proses alami burung untuk menuju kedewasaan, Semakin tua usia burung saat mabung maka semakin cepat pula burung kenari ini untuk beradaptasi

2.      Faktor Musiman

Kenari mabung juga bisa terjadi secara musiman dan serempak pada beberapa kenari.

3.      Faktor Alam

Cuaca dan lingkungan sangat mempengaruhi dan memiliki andil yang cukup besar dalam proses pergantian bulu dari burung kenari

4.      Hormon  

Hormon birahi sangat mempengaruhi terjadinya masa mabung karena kenari yang memasuki masa  kawin  burung atau berkembangbiak akan mengalami masa mabung ini

Cara Merawat Burung Kenari Mabung Bagi Pemula

1.      Karantina Burung Kenari

Kenari yang sedang mengalami masa mabung harus di asingkan dari keramaian, jauhkan dari hewan hewan sejenis juga hewan hewan yang dapat menimbulkan suara seperti anjing, kucing dll. Kandang kerondong sangat di anjurkan dalam proses ini

2.      Berikan Makanan Tambahan (ekstra fooding)

Proses mabung adalah proses pergantian bulu dan membutuhkan banyak sekali pasokan vitamin dan nutrisi, oleh karena itu pasokan makanan atau porsi makan burung harus ditambah, serta biasakan berikan multivitamin pada burung kenari yang dapat anda campurkan pada minum burung

Jangan terlalu sering memandikan kenari, usahakan hanya memandikan 2 x seminggu. Selain itu biasakan untuk menjemur burung hanya 30 menit untuk setiap kali penjemuran.

3.      Berikan sayur dan buah

Berikan pakan berupa biji kecambah, tulang sotong, sawi, telur rebus, sayur sayuran serta buah buahan segar.

4.      Bersihkan Kandang Secara Teratur

Burung yang sedang mengalami proses mabung akan menyebabkan kandang mudah kotor oleh bulu yang rontok. Kondisi kandang yang kotor dapat mengundang berbagai penyakit dan hal ini sangat beresiko mengingat kondisi burung yang sedang rentan.

5.      Ganti air minum setiap hari

Jangan biarkan air minum yang telah kotor dan bermalam untuk diberikan pada burung, sebaiknya ganti setiap hari dengan air bersih dan tambahkan multivitamin pada air jika dianggap perlu.

Semoga artikel 5 Cara Merawat Burung Kenari Mabung Bagi Pemula dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat burung yang baik dan benar. Selamat Mencoba!