Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Pestisida Nabati Dari Daun Mint

cara membuat pestisida nabati

Duniahobiku.com – Bagaimana cara membuat pestisida nabati dari daun mint? Kali ini kami akan memberikan tips bagaimana membuat pestisida nabati alami yang terbuat dari daun mint. Untuk tambahan informasi saja, sebenarnya masih banyak pestisida nabati alami yang bisa kita buat dengan menggunakan tanaman yang lain. Misalnya pestisida nabati daun sirsak, pestisida nabati daun pepaya, pestisida nabati daun sirih, pestisida nabati daun mimba, pestisida nabati daun gamal, pestisida nabati akar tuba dan masih banyak masih tanaman lain yang bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati alami.

Pestisida nabati adalah suatu pestisida yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti tanaman baik berupa daun, umbi, akar, dan lain sebagainya. Pestisida alami ini bisa mengantikan pestisida kimia yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Untuk penghobi skala rumahan pestisida nabati bisa menjadi alternatif untuk menangkal serangan hama dan penyakit.

Nah kali ini kita akan membahas tentang tanaman mint. Dimana kegunaan dan manfaatnya sudah kita ketahui bersama. Seperti obat herbal, toping cup cake, untuk pelengkap minuman mint tea dan masih banyak variasi lainnya. Dalam bidang industri kita sering menemukannya dalam bentuk pasta gigi, permen karet, makanan dan minuman. Tapi kali ini kita akan bahas dulu cara membuat pestisida nabati dari daun mint, yuk baca terus sampai selesai ya.

Daun Mint

Pestisida tidak harus selalu berbahan kimia, ternyata pestisida nabati alami ternyata bisa juga dibuat dari daun mint. Jika anda mempunyai tanaman mint di sekitar rumah anda bisa memanfaatkan untuk mengusir berbagai hama yang biasa menyerang tanaman, biasakan mulai dari sekarang menggunakan bahan alami agar bumi makin sehat.

Berikut ini adalah bahan bahan yang harus anda persiapkan untuk pembuatan pestisida nabati alami ini :

1. Tiga mangkok daun mint termasuk dengan batangnya.

2. Bawang putih dua bonggol kira kira menjadi 20 siung.

3. Empat buah cabai keriting merah (bisa juga menggunakan cabai kering).

4. Dua liter air bersih.

5. Sabun cuci piring cair secukupnya.

proses pembuatan pestisida nabati
proses pembuatan pestisida nabati

Cara membuat pestisida nabati dari daun mint :

1. Masukkan ke blender tiga mangkok daun mintnya, kemudian masukan juga semua bawang putih yang sudah dibersihkan, yang berjumlah kurang lebih 20 siung. Tambahkan air secukupnya, agar proses blender bisa lebih mudah hancur. Kemudian bisa langsung diblender semua bahan yang telah dimasukan tadi sampai halus. Setelah dirasa cukup halus, bahan yang telah diblender tadi masukan kedalam panci, usahakan sampai bersih dan jangan sampai tersisa didalam blendernya. bisa gunakan air, kemudian kocok sampai merata diblendernya, lalu tuangkan kembali kedalam panci yang tadi.

2. Kemudian tambahkan air yang 2 liter tadi kedalam panci yang berisi bahan yang sudah diblender tadi. Selanjutnya kita blender juga 4 buah cabai keriting merah sampai halus. Kemudian cabai keriting merah yang sudah diblender tersebut, kita campurkan kedalam panci (campuran mint dan bawang putih). Kemudian setelah semua bahan tersebut sudah tercampur rata, lalu kita rebus sampai mendidih. Dan setelah mendidih, bahan pestisida alami tersebut kita diamkan selama semalam.

3. Setelah keesokan harinya, bahan yang sudah dingin tersebut kita langsung campurkan dengan setengah sendok makan sabun cuci piring cair. Setelah semuanya tercampur rata, kemudian kita saring dan sekarang pestisida nabati alami dari daun mint sudah bisa anda pergunakan. Penyaringan perlu dilakukan agar tidak menghambat pada saat melakukan penyemprotan.

4. Masukan kedalam botol semprotan, lalu bisa langsung anda pergunakan untuk tanaman yang terkena hama. Misalkan tanaman kacang panjang, melon, buncis, labu, timun dan lain sebagainya.

5.  Semprotkan pada daun daun tanaman yang mudah dimakan oleh hama atau serangga. Jangan semprotkan pestisida alami ini pada saat matahari sedang terik, usahakan penyemprotan dilakukan pada waktu pagi hari atau pada sore hari saat udara tidak begitu panas. 

Nah cukup mudah bukan membuatnya. Kalau kita bisa menggunakan yang alami kenapa harus menggunakan yang berbahan kimia. Semoga artikel 5 Cara Membuat Pestisida Nabati Dari Daun Mint dapat menambah pengetahuan anda tentang cara merawat tanaman. Silahkan dicoba dan langsung dipraktekan ya.