Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Beternak Angsa Putih Dengan Benar Buat Pemula

 

cara beternak angsa

duniahobiku.com - Bagaimana cara beternak angsa putih dengan benar buat pemula? Angsa putih memang memiliki tampilan menarik bahkan beberapa negara di Eropa menjadikannya salah satu daya tarik yang bisa dijumpai di beberapa taman, anda tidak perlu jauh jauh ke Eropa karena di tanah air sendiri telah banyak taman indah yang bisa dinikmati beserta dengan pemandangan angsa yang berjalan santai.

Sekilas Tentang Angsa

Angsa merupakan burung air yang berukuran besar dari genus Cygnus family anatidae. Bebek dan angsa berleher pendek juga terdapat di family anatidae. Angsa berleher panjang dengan angsa berleher pendek termasuk ke dalam subfamily anserinae, namun untuk angsa memiliki suku tersendiri yaitu suku Cygnini. Umumnya ada dua jenis angsa yang bisa dijumpai yaitu angsa yang berwarna hitam (Cygnus atratus) yang berasal dari Austarlia dan angsa putih (Cygnus olor) yang berasal dari Eropa. Nama angsa sendiri berasal dari bahasa latin/Yunani kuno (Cygnus dan olor) yang memiliki arti yang sama yaitu angsa.

gambar angsa
Gambar Angsa Putih dan Angsa Hitam

Banyak yang memelihara angsa untuk menjaga rumah layaknya seekor anjing, karena biasanya angsa mengejar orang yang tidak ia kenal. Apalagi ketika angsa memiliki anak, maka angsa akan lebih galak dari pada biasanya. Angsa ini biasa disebut sebagai hewan yang sangat kuat untuk menjaga wilayah dan anak yang bersamanya. Jadi apabila anda memasuki wilayah angsa, maka angsa akan berisik dan anda akan di sosor dan dikejar.

Namun harga angsa cukup lumayan mahal, sehingga banyak juga yang tertarik untuk beternak angsa dan setelah itu di jual kepada peminat angsa. Apakah anda juga berminat untuk beternak angsa putih ini? Jika ingin mencoba untuk beternak angsa putih berikut cara budidaya angsa yang bisa anda terapkan :

1.           Persiapkan Lokasi Kandang

Sebelum beternak angsa cari lokasi yang baik untuk angsa terlebih dahulu. Ingat angsa bersifat sangat ribut, apabila melihat orang yang tidak di kenalnya. Jadi anda harus memastikan terlebih dahulu lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk agar tidak mengganggu kenyamanan warga sekitar dan pastikan apakah warga yang ada di sekitar kandang tidak terganggu dengan suara angsa atau tidak.

lokasi kandang angsa
Lokasi Kandang Angsa

Jika warga tidak terganggu anda bisa mencari lokasi di sekitar rumah anda saja, seperti di belakang rumah atau di samping rumah. Yang perlu anda garis bawahi bahwa angsa memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan hewan ternak seperti ayam dan itik jadi sebaiknya lokasi budidaya lumayan lebar agar dapat mendukung pertumbuhan angsa.

2.           Pembuatan Kandang Dan Peralatan Angsa Putih

Jika anda sudah memiliki lokasi, maka selanjutnya anda membuat kandang untuk angsa. Untuk pembuatan kandang anda bisa membuat sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Jika ingin beternak angsa dengan jumlah yang banyak, maka anda sebaiknya membuat kandang yang besar.

Angsa memang hewan air yang senang dengan air tetapi bukan berarti angsa tidak akan berteduh apabila turun hujan. Anda juga bisa membuat sebuah ruangan untuk angsa berteduh dan tidur di malam hari. Dan jangan lupa juga kandang angsa di lengkapi dengan peralatan seperti baskom atau wadah plastik sebagai wadah pakan angsa.

Sebaiknya persiapkan pula kandang khusus untuk angsa bertelur. Agar ketika angsa ingin bertelur maka dia tidak akan bertelur di sembarangan tempat. Kandang yang baik harus memperhitungkan arah sinar matahari yang diperlukan untuk menjaga kesehatan angsa dan kandang. Usahakan kandang juga tertutup rapat untuk menghindari angin kencang yang bisa mengganggu kesehatan angsa terutama saat musin hujan. Jangan lupa untuk memberikan penerangan yang berfungsi untuk menghangatkan, anda bisa mneggunakan lampu berdaya 25 – 40 watt tergantung luas kandang. Gunakan alas kandang/litter berupa sekam padi, serbuk gergaji agar kandang tidak berbau, ganti secara berkala.

3.           Memilih Bibit Angsa Putih Yang Berkualitas

Dalam beternak hewan apapun pastinya induk selalu menjadi hal penting. Induk yang berkualitas akan menghasilkan keturunan yang bagus dan berkualitas. Pilihlah angsa yang memiliki postur tubuh yang besar dan terlihat lincah, Bulu yang bersih dan produktivitas telurnya tinggi. Indukan yang memiliki postur tubuh yang besar dan sehat cenderung akan menghasilkan keturunan yang mirip dengan induknya.

induk angsa
Gambar Induk Angsa

Ada beberapa jenis angsa yang baik dan berkualitas, seperti angsa Toulouse, Ambden, African, Pilgrim, dan Chinese. Jenis angsa yang disebutkan merupakan bibit angsa yang berkulitas, namun jika anda sulit untuk menemukannya anda bisa mencari bibit angsa lokal yang berkualitas.

4.           Makanan Angsa Putih

Sama seperti semua hewan ternak, pakan merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan dengan baik agar pertumbuhan angsa yang kita pelihara bisa optimal. Pakan angsa yang bisa diberikan antara lain : jagung, gandum, daging bekicot cacah, ampas tahu, nasi aking yang di keringkan di bawah sinar matahari. Atau jika anda ingin lebih cepat gemuk anda bisa memberikan dedak yang di campurkan dengan sayuran atau makanan sisa-sisaan, tepung ikan, atau poer.

Agar pertumbuhan maksimal sebaiknya di beri makanan unggas minimal 2 kali dalam sehari, untuk pemberian pakan bisa dilakukan sebanyak 2 kali yaitu setiap pagi dan sore hari. Untuk siang bisa anda lepaskan agar angsa mencari makan sendiri.

Sedangkan untuk anak angsa bisa anda berikan pakan jenis poer dengan kandungan protein yang tinggi. Pakan jenis ini dapat membantu pertumbuhan anak angsa putih karena telah mengandung protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa perrtumbuhan. Pada masa pertumbuhan sebaiknya diberikan pakan yang mengandung protein minimal 15% kemudian di tambahkan vitamin sesuai umur dan bobot tubuh angsa. Pakan yang bergizi akan membuat pertumbuhan dan perkembangan angsa cepat meningkat, sehingga produksi telur dan daging juga akan meningkat.

5.           Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang yang baik dan sehat tentunya akan mendukung pertumbuhan hewan yang dibudidayakan didalamnya namun sebaliknya jika kandang kurang mendapatkan perawatan secara berkala maka dapat menjadi sarang berbagai penyakit. Sebaiknya bersihkan kandang minimal 2 kali dalam seminggu.

6.                Cara Mengawinkan Angsa Putih

Agar angsa yang anda miliki semakin bertambah banyak perlu dilakukan perkawinan antara angsa jantan dan angsa betina yang sudah dewasa. Caranya pun cukup mudah cukup menggabungkan jantan dan betina dalam satu kandang. Beberapa waktu kenudian kedua angsa yang sudah saling mengenal akan melakukan perkawinan secara alami.

7.           Penetasan Telur Angsa

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak angsa putih yang kita miliki yaitu dengan melakuakan penetasan alami dan buatan.  Penetasan alami umumnya menggunakan mesin tetas sebagai pengganti induk angsa. Jika anda ingin menggunakan mesin penetas maka pada saat angsa sudah betelur maka telur bisa dipanen lalu dpindahkan ke mesin tetas. Temperatur yang paling baik pada tempat penyimpanan telur adalah 7 - 13°C dengan kelembaban relatif paling kecil 70%. Bila telur anda simpan lebih dari dua hari, balikkan tiap hari agar prosentase penentasannya meningkat. Umumnya seekor angsa bisa menghasilkan telur sebanyak 3-8 butir telur dan memerlukan waktu pengeraman selama 30 - 41 hari.

angsa mengeram
Gambar Angsa Mengeram

Namun apabila telur ingin ditetaskan dengan cara alami, anda bisa menempatkan angsa yang betelur di tempat yang telah disediakan. hal ini di lakukan agar telur yang akan di eram tidak akan terganggu oleh hewan dan bunyi-bunyian yang mengganggu. Jika angsa tidak ingin mengeram telur tersebut, anda bisa menitip telurnya pada ayan yang sedang mengeram.  Namun jika sudah menetas maka anda langsung mengambil anak angsa yang sudah menetas tersebut. Karena jika anda tidak mengambilnya, dan anak angsa sudah di ketahui oleh induk ayam, maka anak angsa bisa mati dipatok oleh induk ayam.

8.           Pemanenan Angsa Putih

Umumnya angsa sudah dapat di panen pada usia 4-6 bulan. Namun jika ingin mengembangbiakkan maka diperlukan waktu 1 tahun agar bisa memanen telur angsa. Masa produktivitas angsa cukup panjang bisa mencapai sekitar 10 tahun dan beberapa literatur bahkan menyebutkan angsa bisa hidup hingga 40 – 50 tahun.

Untuk cara panen ada 2 tipe yaitu memanen telur angsa dan daging angsa, untuk telur angsa bisa anda jual apabila ada konsumen yang memerlukannya. Dan cara kedua yaitu menjualnya hidup-hidup, baik dalam bentuk anak angsa maupun sudah dewasa.

9.                Pencegahan Penyakit Angsa

Meskipun angsa memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan unggas lain seperti ayam namun hewan ini juga bisa terserang penyakit, apalagi jika dipelihara tanpa perawatan yang benar.  Selain menjaga kebersihan kandang, dan memberikan pakan yang bergizi, pemberian vitamin juga bisa mencegah datangnya penyakit terutama saat musim hujan dan pancaroba. Jika kita mendapati angsa yang sakit sebaiknya lakukan karantina agar penyakit tidak menulari angsa yang lain. Berikan obat-obatan sesuai penyakit dan dosis yang tertera pada label.

10.      Harga Angsa Putih

Harga angsa bisa bervariasi tergantung dimana anda berdomisili, umur angsa, dan jenis angsa. Sebagai patokan harga umumnya anak angsa dijual sekitar 100 - 150 ribuan dan untuk dewasa bisa mencapai 200 – 500 ribuan perekor.

Semoga 10 Cara Beternak Angsa Putih Dengan Benar Buat Pemula dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang cara beternak hewan.