Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 cara mencegah anjing obesitas dan kenali penyebabnya

 anjing obesitas

Duniahobiku.com - Sebenarnya ada banyak cara mencegah anjing obesitas. Cara yang digunakan tentu saja akan disesuaikan dengan penyebab anjing mengalami obesitas. Apalagi cara seperti ini akan diterapkan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, hindari juga penggunaan obat-obatan untuk mengurangi berat badan berlebihan atau obesitas yang terjadi pada anjing.  Ajing yang mengalami kegemukan atau obesitas akan berdampak pada kesehatannya seperti penyakit kardiaovaskular, diabetes, malas bergerak dan kurang energik sehingga mesti dilakukan terapi untuk menurunkan berat badannya.

Ukuran seluruh bagian tubuh, usia akan disesuaikan dengan berat badan anjing. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berat badan ideal yang dimiliki anjing sesuai dengan ukuran tubuh dan usia. Biasanya cara yang seperti ini dimulai dengan memperhitungkan porsi makan sesuai dengan usia anjing. Anjing dewasa tentu saja membutuhkan lebih banyak nutrisi bila dibandingkan dengan anak anjing.

Mengetahui penyebab anjing obesitas

Cara mencegah anjing obesitas biasanya akan melibatkan diagnosis yang dialami. Apalagi penyebab anjing yang mengalami obesitas tentu saja tidak hanya melalui pola makan dan jenis makanan yang diberikan. Anda juga memiliki kesempatan untuk melakukan pemeriksaan kondisi anjing kepada dokter hewan. Sehingga seluruh tindakan pencegahan terhadap anjing obesitas bisa dilakukan dengan sangat baik. Apalagi anda akan mengetahui berbagai penyebab anjing yang mengalami obesitas cukup parah. Beberapa penyebab anjing obesitas seperti:

1.      Porsi makanan yang tidak seimbang

Porsi makanan yang diberikan pada anjing sebaiknya disesuaikan terhadap usia. Tentu saja jumlah nutrisi yang dibutuhkan anjing dewasa akan sangat berbeda dibandingkan dengan anjing yang masih terlalu muda. Pilihan nutrisi yang dibutuhkan anjing biasanya terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan lainnya. Jangan terlalu banyak memberikan jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini justru akan memudahkan anjing mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastis. Beberapa anjing ras sangat senang dengan dog food yang mengandung karbohidrat tinggi. Jenis makanan ini sebenarnya bisa diberikan kepada anjing setiap hari. Namun, perhitungkan porsi dog food yang akan diberikan

2.      Terlalu banyak memberikan snack

Beberapa anjing ras sangat senang dengan snack. Makanan ringan seperti ini biasanya diberikan setelah anjing itu melakukan latihan fisik atau bermain. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan memberikan porsi snack kepada anjing. Kandungan karbohidrat pada snack untuk anjing ternyata cukup tinggi bila dibandingkan dengan makanan utama yang sering diberikan pada anjing. Apalagi jumlah snack yang terlalu banyak biasanya akan membuat anjing itu juga tidak terlalu senang dengan makanan utama.

3.      Kurangnya latihan fisik

Banyak anjing ras yang terlalu dimanjakan pemiliknya. Tindakan seperti ini dianggap akan selalu memanjakan mereka. Namun, anda harus tahu bahwa kurangnya latihan fisik pada anjing akan menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh semakin buruk. Apalagi beberapa pemilik juga harus meluangkan waktu yang cukup banyak untuk menemani anjing melakukan latihan fisik. Tindakan seperti ini akan menyebabkan obesitas yang cukup parah bila dibarengi dengan pemberian nutrisi yang berlebihan.

latihan fisik anjing

4.      Sering memberikan makanan sisa pada anjing

Kebiasaan ini adalah salah satu yang menyebabkan anjing mengalami obesitas yang cukup parah. Pada saat anda mengkonsumsi makanan tertentu, sebagian dari sisa makanan akan diberikan pada anjing. Hal ini akan memperburuk kondisi berat badan karena bisa saja sisa makanan yang diberikan memiliki jumlah karbohidrat yang terlalu tinggi. Sisa makanan yang terlalu banyak diberikan kepada anjing akan merubah kebiasaan pada anjing itu sendiri. Biasanya mereka akan semakin malas mengkonsumsi nutrisi yang sehat.

5.      Mengurung terlalu lama di kandang

Anjing yang dikurung terlalu lama akan mengalami depresi akut. Bahkan, mereka tidak bisa melakukan kegiatan yang membuat badan semakin sehat. Semakin lama anda mengurung anjing di kandang biasanya anjing itu juga akan semakin malas untuk melakukan pergerakan bagian tubuh. Bahkan, tingkat depresi dari anjing yang dikurung ini akan mempengaruhi kondisi berat badan.

anjing dikurung
Gambar Anjing Dikurung

Cara mencegah anjing obesitas dengan mudah

Tentu saja anda memiliki banyak cara mencegah anjing obesitas dengan sangat mudah. Cara seperti ini biasanya dilakukan tanpa harus menggunakan obat-obatan. Selain itu, cara pencegahan yang sangat baik terhadap anjing obesitas juga harus disesuaikan terhadap penyebabnya. Hal ini untuk memudahkan anda mendapatkan hasil yang lebih baik dan tidak mengganggu kondisi kesehatan tubuh pada anjing. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

1.      Memberikan porsi makan yang sesuai

Sebaiknya anda tidak terlalu memanjakan anjing dengan memberikan banyak jenis makanan. Nutrisi terbaik yang diberikan pada anjing sebaiknya lebih banyak mengandung protein dan vitamin. Jumlah karbohidrat pada jenis makanan yang diberikan untuk anjing akan dikurangi secara bertahap. Selain itu, hindari pemberian dog food yang terlalu masif saat anjing mulai beranjak dewasa. Beberapa anjing ras akan ketagihan terhadap dog food yang memiliki banyak kandungan karbohidrat.

2.      Pilihan jenis makanan yang lebih sehat

Dog food dalam kemasan kaleng memang bisa menjadi pilihan utama bagi anjing anda. Namun, anda juga memiliki kesempatan untuk mengurangi porsi makanan seperti ini untuk diberikan pada anjing. Ada banyak pilihan makanan yang lebih sehat untuk diolah dan menjadi santapan terbaik bagi anjing. Protein yang tinggi bisa anda dapatkan melalui olahan daging atau kombinasi telur yang telah dimasak. Anda bisa memberikan jenis makanan ini pada waktu tertentu dengan porsi yang seimbang. Apalagi jumlah protein yang baik akan mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh, terutama tulang pada anjing.

3.      Sering mengajak untuk latihan fisik

Latihan fisik yang baik tidak harus dilakukan dalam waktu yang lama. Namun, latihan fisik pada anjing bisa dilakukan secara rutin untuk mencegah obesitas. Latihan fisik ringan bisa saja dengan mengajak berjalan mengelilingi lingkungan rumah. Anda juga bisa mengajak bermain dengan menggunakan objek tambahan tertentu. Bahkan, beberapa anjing ras sangat senang dengan latihan fisik seperti berenang. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pada anjing ras itu. Namun, hindari pemberian latihan fisik yang terlalu berlebihan pada anjing terutama saati siang hari karena dapat menyebabkan heat stroke. Cara mencegah anjing obesitas ini bisa anda lakukan kapanpun dan dimanapun.

mengajak anjing latihan fisik
Gambar mengajak anjing latihan fisik

Cara menghadapi anjing yang sudah obesitas

Perawatan yang dibutuhkan pada anjing yang sudah mengalami obesitas tentu saja berbeda dibandingkan dengan tindakan pencegahan. Mungkin anda bisa memulainya dengan melakukan konsultasi kepada dokter hewan untuk mendapatkan saran terhadap perawatan yang lebih baik. Hindari penggunaan obat tertentu yang berfungsi untuk menurunkan berat badan secara instan. Biasanya pilihan perawatan untuk anjing yang terlanjur obesitas seperti:

1.      Terapkan diet ketat

Cara seperti memang sangat menyakitkan bagi anjing. Apalagi pengurangan porsi makanan yang drastis membuat mereka merasakan kelaparan. Namun, diet ketat juga bisa dilakukan dengan perubahan pola makan dan jenis makanan yang diberikan. Sebaiknya anda tidak memberikan dog food yang memiliki kandungan karbohidrat terlalu tinggi. Anda bisa menggantinya dengan jenis makanan lainnya yang banyak mengandung protein dan vitamin yang berasal dari olahan sayuran tertentu atau daging yang telah dimasak. Tentu saja porsi yang diberikan juga tidak terlalu banyak.

2.      Suplemen fat burner

Cara ini adalah pilihan terakhir yang anda terapkan pada anjing obesitas. Anda bisa mendapatkan suplemen ini melalui klinik dan dokter hewan. Namun, dosis yang diberikan juga tidak terlalu berlebihan. Anda bisa memberikan suplemen ini dengan dibarengi latihan fisik. Hal ini dianggap lebih efektif dibandingkan hanya mengandalkan pemberian suplemen kepada anjing.

Semoga 10 cara mencegah anjing obesitas dan kenali penyebabnya dapat bermanfaat dan membantu anda mengembalikan berat badan anjing kesayangan anda menjadi proporsional.