Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Produk Olahan Pepaya Untuk Kaum wanita

 olahan pepaya

Duniahobiku.com - Apa saja manfaat olahan pepaya untuk kaum wanita? Tanaman pepaya merupakan suatu jenis buah yang dapat di olah menjadi berbagai macam olahan makanan, minuman dan lainnya. Bukan hanya itu saja buah pepaya memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang tentunya sangat baik bila di konsumsi secara rutin. Kita dapat menemukan buah pepaya ini dengan mudah karena selain mudah ditanam juga hampir selalu tersedia ditoko dan pasar buah. Bagi kaum wanita ada beberapa manfaat khusus tanaman ini yang sayang untuk dilewatkan.

Bagian tanaman pepaya yang dapat dijadikan olahan masakan adalah mulai dari buah, daun, hingga getah pepaya pun dapat dijadikan sebagai olahan masakan tentunya dengan tujuan sebagai bahan pengobatan maupun kecantikan. 5 Olahan pepaya yang dapat dibuat dari tanaman pepaya untuk kaum wanita diantaranya adalah sebagai berikut.

1.      Masker Wajah

Selain dapat di konsumsi, buah pepaya yang sudah matang ini dapat kita jadikan sebagai masker wajah maupun lulur tubuh. Daging buah maupun kulit buah pepaya ini dapat berfungsi sebagai melembutkan kulit dan juga dapat menyegarkan kulit yang kering.

Untuk pembuatan masker pepaya ini tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan bahan-bahan seperti buah pepaya, madu, dan sari lemon. Semua bahan yang telah di sediakan tersebut bisa langsung di jadikan satu, kemudian setelah itu masker pepaya bisa langsung di gunakan.

masker wajah pepaya
Gambar masker wajah pepaya

2.      Masker Rambut

Selain dapat di jadikan sebagai masker kulit, daging buah pepaya ini juga dapat di jadikan sebagai masker rambut. Rambut akan menjadi lebih lembut dan bercahaya apabila rutin di beri masker pepaya ini.

Jenis olahan yang satu ini mungkin tidak asing lagi untuk kita dengar, karena masker pepaya ini merupakan sesuatu yang paling banyak di cari oleh semua kalangan masyarakat termasuk para wanita. Jika anda ingin mendapatkan masker ini secara alami, anda bisa mendapatkannya dengan cara membuat masker ini sendiri, caranya sama dengan membuat masker wajah diatas.

Untuk membuat masker pepaya ini kita harus menggunakan jenis buah pepaya yang masih segar. Artinya buah pepaya yang sudah hampir membusuk itu tidak bisa di gunakan sebagai olahan masker wajah, lulur kulit atau pun masker rambut.

3.           Sabun pepaya milk

Sabun pepaya milk ini juga sering kita temui di pasaran, karena jenis sabun pepaya milk di percaya dapat mencerahkan sel-sel kulit tubuh yang kering. Bukan hanya itu saja, kulit juga akan semakin bercahaya apabila penggunaan sabun pepaya milk ini di lakukan secara rutin.

Untuk proses pembuatannya sudah pasti tidak dapat di lakukan sendiri di rumah, karena pembuatan sabun pepaya milk ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan proses pembuatannya terbilang cukup sulit untuk di lakukan.

sabun pepaya milk
Gambar sabun pepaya milk

4.           Lulur pepaya

Selain dari sabun pepaya milk ada juga yang namanya lulur pepaya, penggunaan lulur pepaya ini tidak jauh berbeda dengan masker pepaya. Perbedaannya masker pepaya hanya dapat di letakkan pada bagian wajah atau rambut saja, sedangkan lulur pepaya ini dapat di letakkan pada bagian seluruh tubuh.

Pembuatan lulur pepaya secara alami ini tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan bahan-bahan seperti satu buah pepaya, minyak zaitun, tepung terigu, dan air mineral yang secukupnya.

Jika bahan-bahan selesai di kumpulkan, hal yang selanjutnya dapat di lakukan ialah mencampurkan seluruh bahan-bahan tersebut dan lulur pepaya bisa langsung di gunakan.

5.           Serbuk Manis Instan Daun Pepaya Pelancar ASI

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam daun pepaya memiliki kandungan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Enzim papain dalam tanaman pepaya bisa meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Tidak hanya daun pepaya saja yang dapat meningkatkan produksi ASI, daun tanaman lainnya seperti daun pare dan daun katuk juga dapat meningkatkan produksi ASI. Namun, dari hasil penelitian membuktikan bahwa daun pepaya memiliki tingkat paling tinggi dibandingkan dengan daun pare dan daun katuk dalam hal meningkatkan produksi ASI. Daun pepaya ini sangat cocok bagi Anda seorang ibu menyusui.

serbuk instan daun pepaya
Gambar serbuk instan daun pepaya

Orang-orang dahulu jika ingin membuat olahan dari daun pepaya untuk meningkatkan produksi ASI dengan cara mengambil sarinya lalu meminumnya. Cara seperti itu sangatlah tidak praktis. Terlebih lagi jika Anda seorang yang sangat sibuk. Pembuatan dengan cara seperti itu pasti menyita waktu dan kurang praktis.

Oleh karena itulah pada saat ini telah ditemukan rekomendasi untuk membuat olahan dari daun pepaya yang dapat meningkatkan produksi ASI tetapi lebih praktis. Olahan tersebut berupa serbuk instan manis.

Olahan serbuk instan manis yang dibuat dari daun pepaya memiliki beberapa keunggulan daripada pembuatan olahan dari daun pepaya yang dilakukan oleh orang dahulu.

Keunggulan keunggulan tersebut seperti lebih higienis, tidak menggunakan bahan pengawet, mutu produk dapat terjaga, dan tidak mudah terjangkit penyakit serta sangat praktis digunakan.

Serbuk instan daun pepaya pelancar ASI sangat praktis dan dapat kita temukan ditoko-toko tertentu. Tetapi jika Anda ingin membuatnya sendiri, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti berikut:

Bahan yang perlu dipersiapkan adalah daun pepaya, baik itu daun pepaya tua maupun daun pepaya muda.

Setelah itu, daun dicuci.

Setelah dicuci kemudian ditiriskan.

Daun yang telah ditiriskan lalu diblender hingga halus.

Saring daun yang telah diblender hingga hanya tersisa sarinya saja.

Lakukan pengepresan hingga benar-benar tersisa sarinya saja.

Sari yang telah tersisa kemudian diendapkan.

Panaskan sari daun pepaya sambil ditambahkan gula dan madu hingga diperolah kristal ekstrak.

Setelah itu sari daun pepaya dari dimasukkan ke dalam plastik atau botol dan siap untuk digunakan kapan saja anda perlukan.

Dengan begitu, Anda dapat memilih apakah ingin membuat serbuk instan daun pepaya sendiri atau membeli serbuk instan daun pepaya di toko-toko tertentu . Demikian 5 olahan dari tanaman pepaya yang bisa anda manfaatkan sesuai kebutuhan anda.