Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tempat Wisata Budaya Di Shanghai Sayang Untuk Dilewatkan

 

tempat wisata di shanghai

Duniahobiku.com - Apa saja tempat wisata budaya yang ada di Shanghai? Setiap orang tentunya memiliki pilihan tersendiri dalam melakukan perjalanan wisata. Ada yang senang berwisata dengan suasana pegunungan, debur ombak dipantai dan melihat matahari tenggelam, tetapi ada pula yang senang melihat kebudayaan seni suatu negara. Jika anda sedang berwisata ke Shanghai tidak ada salahnya ada menyempatkan mengunjungi tempat wisata budaya dibawah ini.

China dikenal karena memiliki banyak sekali kultur atau budaya. Semua terjaga dan mampu berbaur serasi dengan perkembangan jaman yang semakin modern. Salah satu kota terbesar di China adalah Shanghai yang sangat terkenal dengan pelabuhannya yang masuk kategori tersibuk didunia serta kotanya yang cantik. Perpaduan kota modern dan kebudayaan kota tua dapat kita temukan di Shanghai.  Beberapa wisata yang mengangkat tema budaya ini juga dapat Anda temukan di Shanghai. Mari kita lihat bersama!

1.      Memorial Hall of Fushou Garden

Berjalan di tempat pemakaman tidak pernah semenarik ini sebelumnya. Dijamin!

Museum ini terletak di Wai Qingsong Road, Distrik Qingpu. Memorial Hall of Fushou Garden merupakan tempat penyimpanan barang barang antik seperti naskah kuno, artefak dan album musik dari musisi lokal pada jaman dulu. Museum yang dapat dinikmati sekarang ini adalah hasil kerja keras pemerintah Shanghai selama delapan tahun untuk menjaga dan melestarikan budaya setempat.

Memorial Hall of Fushou Garden
Memorial Hall of Fushou Garden

Di dalam komplek Memorial Hall of Fushou Garden, Anda dapat menemukan lebih dari 300 patung tokoh terkenal. Public figure yang dapat Anda temui disini antara lain politikus Pan Hannian dan Qiao Guanhhua, budayawan Hu Shi dan Zhang Shizao, seniman terkenal Ruan Lingyu dan Yang Zhenxiong serta tidak ketinggalan pahlawan revolusi seperti Gao Jingting. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat diorama proses donor darah oleh Palang Merah Internasional. Para pengunjung dapat merasakan suasana berada di antara tokoh tokoh terkenal negeri tirai bambu ini.

Fushou Garden adalah sebuah tempat pemakaman, tetapi tempat ini jauh dari kesan angker sebab di dalamnya terdapat hiasan bunga bunga cantik. Anda akan terpesona oleh pemandangan di Fushou Garden.

fushou garden
fushou garden

2.      Zhujiajiao Ancient Town

Kota tua lengkap dengan sungai yang bersih, jembatan klasik hingga taman bersejarah, menjadikan tempat ini sangat layak Anda kunjungi dan disebut sebagai Venesia-nya Shanghai.

Rasanya julukan tersebut tidak terlalu berlebihan untuk Zhujiajiao Ancient Town. Berlokasi di pinggiran kota Shanghai, Zhujiajiao menjadi kota air kuno terkenal di China. Area kota air ini mencakup lahan seluas 47 km2. Pada malam hari jika dilihat dari ketinggian, Zhujiajiao terlihat seperti mutiara berbentuk kipas yang berkilauan dengan latar pemandangan danau dan gunung. Objek wisata ini terletak di Ke Zhi Yuan Lu, Qing Pu Qu, Shanghai.

Zhujiajiao Ancient Town
 Zhujiajiao Ancient Town

Sebutan lain kota air ini adalah “Pearl Stream” atau aliran mutiara. Zhujiajiao menjadi kota air terbaik dari empat kota air kuno yang ada di Shanghai. Jembatan tua nan unik di atas aliran air berbuih, sungai kecil yang dinaungi pohon willow dan teras rumah memanjang di tepi sungai, mengundang wisatawan untuk terus mengunjungi Zhujiajiao Ancient Town.

Jika mengunjungi Zhujiajiao tanpa mencoba beberapa jembatan yang ada maka Anda belum bisa dikatakan benar benar datang ke kota air kuno di Shanghai ini. Jembatan yang terdapat di Zhujiajiao sangat klasik, dibangun selama Dinasti Ming dan Qing. Kota tua ini memiliki 36 jembatan dengan berbagai bentuk yang berbeda beda, dari yang berbahan dasar kayu, batu hingga marmer.

jembatan Zhujiajiao Ancient Town
Jembatan  Zhujiajiao Ancient Town

3.      Shikumen Residence Museum

Cina tak selalu tentang kuil, makanan ekstrem dan kung fu, tetapi juga bangunan tua yang sarat sejarah. Tidak percaya? Shikumen salah satunya.

Shikumen adalah tipologi perumahan kota yang berkembang di Shanghai sekitar tahun 1850 hingga 1950. Tipe perumahan ini terbentuk selama periode urbanisasi dan westernisasi meningkat, maka tak heran bentuk dari bangunannya seperti rumah petak di Inggris bercampur dengan rumah tradisional Cina.

Bangunan Shikumen biasanya terdiri dua lantai yang terbuat dari batu dan kayu. Bila dilihat dari luar, bangunannya memang mirip dengan rumah di Inggris, tetapi sebenarnya dibangun dengan batu bata tradisional Cina dan ubin berwarna hitam khas interior negeri tirai bambu.

Shikumen Residence Museum
Shikumen Residence Museum

Untuk melihat dan mempelajari bangunan Shikumen, Anda dapat mengunjungi Shikumen Residence Museum. Museum ini terletak di Taicang Road No. 25 Distrik Luwan, Shanghai. Museum ini tidak hanya menyajikan desain desain arsitektur Shanghai tetapi juga berperan dalam melestarikan gaya rumah tradisional Cina. Pada dasarnya museum ini dulunya adalah rumah Shikumen dari tahun 1920 yang kemudian dipugar menjadi Shikumen Residence Museum. Bangunan ini menempati lahan seluas 514 m2, memiliki ruang tamu, ruang belajar, ruang keluarga, dapur dan kamar kamar tidur.

museum shikumen
museum shikumen

4.      Shanghai Museum

Bayangkan keramik kuno, lukisan kaligrafi Cina, kilauan batu giok dan ribuan uang koin terpampang di mata Anda !

Shanghai Museum adalah sebuah museum besar dengan beragam koleksi dari kesenian khas Cina. Desain bagian eksteriornya berupa sebuah kubah bundar dengan dasar dasar berbentuk persegi, merupakan simbol dari surga dan dunia. Museum megah ini terletak di pusat kota Shanghai, lebih tepatnya di area People’s Square.

Shanghai Museum
 Shanghai Museum

Di museum ini, Anda akan menjumpai harta karun, diantaranya adalah keramik kuno, lebih dari lima ratus potongan karya seni dari berbagai dinasti, seperti tembikar berwarna abu abu dari era Neolitik, tembikar tiga warna dari Dinasti Tang yang terkenal dan sangat mengkilap, dan karya karya brilian dari Jingdezhen, Jiangxi, serta Dinasti Qing.

Tembikar kuno China
Tembikar kuno China

Di Shanghai Museum juga terdapat lukisan kaligrafi Cina. Lukisan lukisan di sini memiliki gaya yang unik dan memiliki makna yang mendalam. Karya yang ditampilkan tidak hanya dari satu dinasti, melainkan dari berbagai dinasti, sehingga Anda dapat melihat perkembangan seni lukis dari masa ke masa.

Semoga artikel 4 Tempat Wisata Budaya Di Shanghai Sayang Untuk Dilewatkan dapat bermanfaat dan menambah daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke kota diatas laut, Shanghai.