Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Tanaman Kaktus Bagi Manusia Dan Lingkungan

 manfaat tanaman kaktus bagi manusia

Duniahobiku.com - Apa saja manfaat tanaman kaktus bagi manusia dan lingkungan?  Foto diatas merupakan tanaman kaktus. Pasti kalian sudah mengetahuinya bukan? Kaktus memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, banyak yang telah menanamnya di rumah dan tanaman ini sempat mengalami masa booming beberapa puluh tahun yang lalu. Tetapi mungkin selama ini kaktus hanya dianggap sebagai tanaman hias semata tidak lebih dan tidak kurang, padahal dibalik keunikannya kaktus memiliki banyak manfaat yang mungkin jarang diketahui. untuk lebih jelasnya silahkan simak pada artikel dibawah ini.

Jenis Kaktus

Ada sekitar 2000 jenis kaktus yang telah diidentifikasi. Dan dibagi menjadi 3 kelompok suku : Preskiodea, Opuntodeae dan Cereoidea. Bunga kaktus juga sering disebut tanaman berduri. Mengapa demikian? Dijuluki demikian karena tanaman kaktus memiliki duri yang tajam pada hampir keseluruhan batangnya kecuali akar kaktus. Duri kaktus bisa dibilang sangat tajam. Namun ada 2 jenis kaktus yang umum dijumpai dipasaran  yaitu kaktus berduri halus dan kaktus berduri tajam. Kaktus memiliki banyak keunikan, diantaranya mampu menyimpan air dalam waktu yang lama. Jadi jangan khawatir jika anda tidak sempat menyirami tanaman kaktus dalam waktu beberapa hari karena kaktus memiliki cadangan air yang cukup untuk membuatnya tetap survive.

Kaktus banyak terdapat didaerah gurun pasir karena habitat asli mereka memang umumnya berada di gurun pasir yang kering dan tandus. Tetapi kaktus tidak hanya tumbuh dipadang gurun, kaktus bisa juga ditemukan didaerah pantai yang mengarah ke laut, hutan belantara bahkan bisa ditemukan digunung yang diselimuti es. Bentuknya pun berbeda-beda tergantung dimana kaktus tumbuh. Selain bentuknya yang unik dan memiliki bunga yang cantik ternyata kaktus juga memiliki manfaat lain. Berikut manfaat tanaman kaktus bagi manusia dan  lingkungan:

1.           Kaktus sebagai makanan

Banyak suku di dunia telah memanfaatkan kaktus sebagai makanan. Diantaranya adalah suku Indian dan Meksiko. Mereka biasa menggunakan kaktus sebagai campuran bahan pembuat sup. Kandungan gula yang cukup tinggi pada beberapa jenis kaktus dan rasanya yang manis membuatnya sering dimakan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi sari buah kaktus, jelly, selai dan cuka.

Bahkan di Meksiko kaktus di buat menjadi salad lho. Jika anda tertarik membuatnya  silahkan anda ikuti caranya berikut ini :

Bahan-bahan :

1/2 cangkir ceri

1 cangkir jagung beku

1/2 cangkir daun ketumbar

1 cangkir kacang hitam

1 alpokat

1 cangkir jicama (sejenis umbi dari Meksiko)

6 sendok makan air jeruk nipis

1/4 cangkir minyak sayur

1 sendok makan gula pasir

1/2 sendok teh garam

1 cangkir keju

Cara Pembuatan :

Campur kaktus yang telah di bersihkan (diambil bagian dagingnya), lalu campur dengan ceri, alpokat, jicama, kacang hitam, jagung, daun ketumbar. Kemudian simpan dalam lemari es.

Buat saus : Campurkan minyak sayur, air jeruk nipis, gula, dan garam lalu aduk hingga rata.

Tuangkan saus di atas bahan-bahan yang telah dicampur tadi.

Terakhir taburkan keju diatasnya.

2.           Kaktus berguna sebagai obat

Dibanyak suku pedalaman kaktus digunakan sebagai obat. Selama ribuan tahun mereka telah menggunakan kaktus sebagai obat gatal-gatal dan juga bengkak karena gigitan serangga. Buah kaktus juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, kanker dan menjaga jantung agar tetap sehat, bahkan kaktus juga bisa diberikan untuk mengatasi penyakit diabetes atau kencing manis. Kandungan antioksidan yang tinggi pada batang kaktus pir berduri menjadi penangkal penyakit-penyakit berbahaya yang sering menyerang manusia.

Mengingat jaman dahulu manusia tidak memakai baju dan tinggal di tempat terbuka. Oleh karena itu wajar jika mereka menggunakan kaktus sebagai obat anti gatal dan juga bengkak akibat gigitan serangga.

3.           Merawat Kulit

Ternyata kaktus juga dapat merawat kulit dan melindumgi kulit dari iritasi kulit. Oleh karena itu selama ribuan tahun suku-suku pedalaman telah banyak memanfaatkan tanaman kaktus ini.

4.           Sebagai penawar racun

Kaktus juga dipercaya sebagai penawar racun. Kandungan zat mucilage pada tanaman kaktus ternyata dapat membersihkan air dari racun jenis arsenic. Perlu diingat bahwa kaktus hanya bisa digunakan sebagai penawar racun jenis arsenic saja.

5.           Sebagai tanaman hias

Walaupun bentuknya agak sedikit menyeramkan, namun kaktus telah memiliki penggemar tersendiri di dunia. Bahkan tak jarang kaktus yang memiliki bentuk yang unik dihargai dengan nilai yang fantastis hingga ratusan juta rupiah. Oleh karena itu jangan sia-siakan jika anda memiliki bentuk kaktus yang unik.

6.           Pewarna Alami

Di Sicily, Italia. Bunga kaktus yang berwarna merah ungu sering digunakan sebagai pewarna merah alami sedangkan di Afrika Selatan bunga kaktus dibuat selain dan sirup lalu dituangkan diatas es krim sebagai penghias, bahkan bukan cuma penghias semata bunga kaktus ini bisa juga dikomsumsi.

7.           Bahan Pembuatan Lem

Beberapa jenis kaktus berukuran besar memiliki kulit yang sangat tebal dan bahkan bisa mencapai sekitar 30-40% dari total berat kaktus. Kulit kaktus ini bisa diolah sebagai bahan pembuatan lem dan juga sebagai pengental makanan.

8.           Pakan Ternak

Bukan cuma di negara luar kaktus dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Di Indonesia seperti Nusa Tenggara dan Palu tanaman kaktus jenis kaktus centong tumbuh dengan subur dan melimpah sehingga dimanfaatkan oleh warga lokal sebagai pakan ternak tambahan.

9.           Penyerap Pulusi Udara

Beberapa tanaman sukulen seperti sansevieria, lidah budaya, dan kaktus ternyata dapat menyerap bahan berbahaya yang ada diudara seperti karbon dioksida dan melepaskan oksigen yang berfungsi menyegarkan ruangan dan pernafasan anda.

10.   Ide Konstruksi dan Interior rumah                           

Kaktus bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan dan kuliner tapi juga menjadi sumber inspirasi. Depertemen Dalam Negeri dan Pertanian Pemerintah Qatar membuat gedung dengan rancang mirip kaktus lengkap dengan fungsinya.  Gedung ini dilengkapi alat penahan panas sinar matahari. Gedung ini bahkan bisa secara otomatis terbuka dan tertutup sehingga sangat cocok dengan negara Qatar yang panas dan gersang seperti habitat asli kaktus.

gedung kaktus
Gedung Kaktus

Bahkan dibeberapa negara maju kaktus di desain seperti sofa yang terbuat dari gel silicon sehingga aman untuk di duduki. Jadi meskipun desainya seperti berduri namun jika diduduki akan tetap terasa nyaman. Desain yang unik ini tentu akan tampil unik dan berbeda dibandingkan sofa pada umumnya.

sofa kaktus
Sofa Kaktus

Nah itulah 10 Manfaat Kaktus Bagi Manusia dan Lingkungan yang mungkin selama ini tidak banyak diketahui masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang tanaman kaktus. Untuk bisa menikmati keindahan kaktus di Indonesia anda bisa berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah yang mengoleksi ratusan jenis kaktus yang berbeda dan memiliki tampilan unik atau jalan-jalan ke Bandung untuk berburu aneka jenis kaktus.