Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perpustakaan Terbesar Dan Terlengkap Di Dunia

 

Perpustakaan Terbesar Dan Terlengkap Di Dunia

Duniahobiku.com - Tahukah anda perpustakaan terbesar dan terlengkap didunia? Perpustakaan ibarat surga bagi para pecinta ilmu dan yang hobi membaca pada umumnya. Barisan buku yang berjejer rapi nampak seperti peti harta karun yang menyimpan begitu banyak emas dan perhiasan. Tak heran jika hampir di setiap lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas memiliki perpustakaan.

Meskipun saat ini sudah ada internet dimana kita bisa mencari informasi dan sumber pelajaran dengan mudah, nampaknya belum bisa menggantikan sepenuhnya peran dari dari perpustakaan. Karena belum dan mungkin tidak semua informasi bisa atau ada yang mau memasukannya ke internet. Sementara, terkadang dalam hal akademis ataupun kepentingan lainnya kita diharuskan mencari data atau sumber yang valid dari tahun tahun sebelumnya.

Sehingga pergi ke perpustkaan dan mencari buku ataupun dokumen dokumen masa lalu akan tetap dibutuhkan. Namun bicara koleksi buku dan dokumen, tentu setiap perpustakaan memiliki kelebihan dan kekurangnya masing masing terutama dalam hal kelengkapan koleksinya. Nah kali ini kami akan membahas perpustakaan perpustakaan yang memiliki koleksi buku terlengkap dan terbesar di dunia :

Library of The Russian Academy of Sciences

Perpustkaan milik pemerintah Rusia ini termasuk salah satu perpustakaan paling tua di dunia. Berdiri sejak tahun 1714 perpustakaan ini masih tegak berdiri di tengah kota Saint Petersburg yang merupakan kawasan akademis. Dengan umur yang sudah setua itu, Library of The Russin Academy menyimpan kurang lebih 20,5 juta buku dari berbagai masa dan bahasa sehingga dia menjadi perpustkaan ke #3 terlengkap di dunia.

Library of The Russian Academy of Sciences
Library of The Russian Academy of Sciences

National Library of China

China yang saat ini berkembang menjadi negara yang maju dalam bidang manufaktur rupanya menjadi salah satu negara yang sangat memperhatikan pendidikan. Terbukti dengan memiliki sebuah perpustakaan nasional nan megah di jantung kota Beijing. Dengan total koleksi buku mencapai lebih dari 22 juta buku. Perpustakaan yang dibangun sejak tahun 1909 ini menjadi perpustakaan terbesar dan terlengkap ke #2 di dunia.

National Library of China
National Library of China

Library of Congress

Perpustakaan yang telah berusia kurang lebih 216 tahun ini terletak di kota Washington DC, Amerika Serikat. Library of Congress secara de facto merupakan perpustakaan nasional yang dibuka untuk umum khususnya penduduk Amerika Serikat itu sendiri. Perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar #1 di dunia karena memilik luas bangunan yang begitu besar serta menyimpan kurang lebih 30.011.749 buku dan 138.313.427 dokumen lainnya.

Library of Congress
Library of Congress

Semoga artikel Perpustakaan Terbesar dan Terlengkap di Dunia dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang perpustakaan yang ada didunia. Menumbuhkan minat baca merupakan salah satu cara untuk belajar lebih banyak tentang ilmu pengetahun yang tidak ada habisnya. Semoga suatu hari anda bisa mengunjungi perpustakaan diatas.