Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Merawat Marmut Bagi Pemula Agar Selalu Sehat

Duniahobiku.com  - Marmut atau guinea pig adalah jenis pengerat yang kini banyak dijadikan hewan peliharaan, hewan ini juga dikenal dengan sebutan tikus belanda . Marmut termasuk hewan peliharaan yang jinak dan suka dibelai. Saat anda baru membeli marmut pertama kali biarkan selama 1 hari untuk penyesuaian diri dengan lingkungan yang barunya.. Meskipun marmut tidak suka diangkat pertama kali dan akan kabur untuk menghindar, sedikit pancingan dengan sayuran dan kesabaran akan membantu untuk terbiasa ditemani oleh anda.

Ada banyak jenis marmut / guinea pig yang dapat anda pelihara yang tidak kalah dari hewan peliharaan lain seperti kelinci, Hamster, anjing dan kucing. Marmut merupakan hewan yang mudah terkejut, maka gunakanlah suara lembut dan gerakan yang perlahan agar marmut tetap tenang. Gunakanlah handuk pada saat memegang marmut untuk meminimalkan kecelakaan. Saat mengangkat dan membawa marmut, pastikan anda memegang semua badan marmut dengan kedua tangan anda. Jika terjatuh marmut mudah terluka dan kadang menggigit jika tidak dipegang dengan benar. Anak anak kecil sebaiknya diawasi pada waktu bermain dengan marmut. Anak anak sebaiknya jangan diperbolehkan mengeluarkan marmut dari kandang atau membawa marmut kesana kemari. Berikut ini adalah beberapa cara merawat marmut:

Cara Merawat Marmut

A. Kandang Marmut

Lebih baik kandang marmut dibuat lebih besar untuk menyediakan ruangan yang cukup untuk bermain main dan olah raga. Jangan memberikan kandang marmut kandang yang kecil dan terbuat dari kawat karena dapat melukai kaki marmut. Sebaiknya beri kandang yang luas yang terbuat dari kawat kotak kotak dan lembaran coroplast. Kandang dengan tutup terbuka bisa membuat anda dengan mudah membelai dan berinteraksi dengan marmut. Dengan syarat tidak ada masalah dengan hewan peliharaan anda lainnya.Untuk ukuran kandang marmut yaitu 0,5 meter persegi untuk satu marmut. Untuk setiap tambahan marmut maka tambahkan 0,2 meter persegi. Jangan memberi kandang marmut berupa aquarium ikan dan kontainer plastik dan atau tempat yang ventilasinya buruk dan mengasingkan marmut dari sekitarnya dengan membatasi penglihatan, bau, dan suara.

Kandang Marmut
Kandang Marmut

Untuk Alas/bedding yaitu lapiskan lantai kandang dengan serutan kayu, seringlah mengganti serbuk agar mencegah bau dan membantu menjaga marmut anda tetap sehat. Untuk lokasi penempatan kandang marmut sebaiknya pilih ruangan terang, aliran udara bebas dan bersuhu stabil antara 18 sampai 240C, jauhkan marmut dari sinar matahari langsung dan situasikan dekat aktifitas rumah. Jangan pernah meninggalkan marmut dekat dengan hewan peliharaan lainnya seperti kucing, anjing, atau hewan pemangsa lainnya.

B. Perlengkapan

Botol air minum, tempat makan, rak jerami, kotak kecil untuk tempat berlindung dan tempat tidur. Kandang travel agar mudah membawa saat pulang ke rumah, membawa marmut ke dokter dan saat berjalan jalan.

C. Makanan Marmut

Yang diperlukan marmut setiap hari :

1. Vitamin C: Marmut tidak dapat membuat vitamin C sendiri dan membutuhkan 10 sampai 30 mg setiap harinya. Anda dapat memberikannya ¼ tablet 100 mg vitamin C atau kasih beberapa tetes untuk setiap marmut.

2. Setiap hari harus mengganti air bersih dalam botol. Jangan menambah vitamin atau obat dalam air.

3. Pelet marmut yang berkualitas mengandung vitamin C (kurang lebih ¼ cangkir setiap hari). Belilah pelet ukuran kecil dan letakkan di tempat yang kering, sejuk, dan gelap agar keampuhan vitamin C terjaga.

4. Jerami: jerami timothy (timothy hay) dan rumput orchard yang berkualitas baik untuk menjaga sistem pencernaan mereka supaya berkerja dengan baik dan melatih gigi gigi marmut. Jerami alfafa tidak masalah untuk marmut yang hamil, sedang menyusui dan marmut yang masih muda. Tapi karena kadar kalsium cukup tinggi, jerami ini hanya diberikan untuk marmut dewasa. Kelebihan kalsium dapat menyebabkan kencing batu.

5. Sayuran: hidangkan sayuran segar sekitar satu cangkir setiap hari sebagai tambahan sumber vitamin C dan nutrisi nutrisi lainnya. Selada romaine, bayam, sebatang wortel kecil, parsley, tomat, dan cantaloupe merupakan pilihan yang banyak disukai. Rumput bebas insektisida, dandelion green, corn husk, akan disukai oleh marmut. Sedikit demi sedikit perkenalkan sayuran pada marmut. Berikan sayuran yang bervariasi setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. Marmut termasuk hewan yang mudah beradaptasi dengan makanan baru.

D. Waktu di lantai

Olah raga setiap hari akan menjaga marmut anda tetap sehat. Pilihlah ruangan yang lebih luas dengan lantai yang dapat dengan mudah dibersihkan. Beberapa tempat untuk persembunyian dapat ditambahkan yang membuat marmut merasa aman sewaktu mereka membiasakan diri dengan lingkungannya yang baru. Kantong kertas berwarna coklat dan kotak tisu yang diberi lubang disampingnya bisa dipakai. Marmut muda senang berlomba melewati rintangan seperti pipa pvc, batu bata dan barang-barang lainnya. Roll tissue paper diisi dengan jerami bisa menjadi mainan yang sangat mengasyikan di kandang dan di lantai. Marmut menyukai menyundul atau mengelindingkan bel mainan kucing.

Perlengkapan Marmut
Perlengkapan Marmut

Perawatan rambut/bulu

Mandi: Marmut yang memiliki bulu panjang cenderung perlu dimandikan lebih sering daripada marmut yang berbulu pendek. Shampo dengan formulasi untuk anak kucing akan dapat membantu menghindari kulit yang kering. Gunakan baskom yang dangkal saat memandikan marmut dan segera keringkan marmut anda dengan seksama sebelum mengembalikan mereka ke dalam kandang.

Untuk Lebih Lengkapnya Baca Cara Memandikan guinea

Mengunting kuku: Mengunting setiap bulan akan membantu marmut anda untuk menyesuaikan diri dengan aktifitasnya. Menggunakan alat gunting kuku bisa menggunting kuku marmut jauh lebih baik. Perhatikan batas pemotongan marmut, hal tersebut dapat membantu menghindari menggunting bagian daerah yang tidak seharusnya dipotong.

Memandikan Marmut
Memandikan Marmut

Menyisir:  Sisir metal greyhound dapat dipakai untuk menyisir sampai ke dasar untuk hampir semua jenis rambut marmut . Menyisir setiap hari dapat membantu menghilangkan rambut marmut yang rontok dan mengurangi bergantinya bulu.

Marmut dapat hidup sampai 10 tahun (rata-rata 5 sampai dengan 7 tahun). Perawatan marmut hampir mirip dengan cara merawat kelinci, marmut juga membutuhkan perawatan ekstra agar hewan ini dapat tumbuh dengan baik dan selalu sehat.

Semoga artikel panduan Lengkap Lengkap Cara Merawat Marmut Bagi Pemula Agar Selalu Sehat dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan dalam merawat marmut atau guinea pig.