Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Pohon Bambu Bagi Kehidupan Manusia

 Manfaat Pohon Bambu

Duniahobiku.com - Apa sajakah manfaat pohon bambu bagi kehidupan manusia? Para pejuang Indonesia terkenal dengan “bambu runcing” sebagai senjata dalam mempertahankan tanah air dari para penjajah. Bagi anak kecil bermain layangan tentunya sangat mengasyikkan dan itu tidak lepas dari jasa sebatang pohon bambu yang rela dipotong dan diraut untuk menciptakan sebuah layangan, tapi tentu saja masih banyak manfaat lain dari pohon bambu yang mungkin dilewatkan. Ingin tahu apa saja manfaat dari pohon bambu? Untuk lebih jelasnya simak pada artikel dibawah ini, selamat membaca!

Pohon Bambu

Pasti kalian semua sudah mengenal pohon bambu kan? Ya pohon yang berasal dari negara Cina ini memang sangat banyak tumbuh di Indonesia. Selain mudah menanamnya, pohon bambu ditanam karena memiliki banyak manfaatnya. Biasanya pohon bambu banyak ditemukan di pinggir sungai. Mengapa? Karena dengan menanamnya di pinggir sungai maka kita tidak perlu repot repot untuk menyiramnya lagi. Karena pohon bambu akan otomatis mencari air sendiri di sungai lewat akarnya yang panjang.

Pohon bambu merupakan tanaman dengan laju pertumbuhan tertinggi di dunia bayangkan saja dalam sehari (24 jam) bambu bisa tumbuh hingga 100 cm selama didukung oleh faktor lingkungan yang baik (jenis bambu, iklim, kesuburan tanah, dll) namun hal itu tidak berlaku untuk semua jenis bambu, umumnya tanaman bambu tumbuh sekitar 3 - 10 cm. Didunia ada sekitar 75 genus dan 1500 jenis bambu dan 125 dari jenis bambu tersebut bisa kita temukan di Indonesia.

Banyak sekali masyarakat indonesia yang menanam tumbuhan ini. Namun terkadang hanya dibiarkan tumbuh begitu saja. Pohon bambu dibiarkan hidup liar dan tidak dirawat. Oleh karena itu akhirnya pohon bambu tersebut terlihat berantakan dan kurang enak dipandang. Penanaman pohon bambu harus dibarengi dengan lahan yang luas, setidaknya memiliki luas minimal 50 m2. Mengapa demikian? Karena pohon bambu biasanya tumbuh berkelompok dan tentu kita semua sudah mengetahui pohon bambu termasuk pohon yang tumbuh subur dan tinggi. Oleh karena itu jika kita ingin menanamnya haruslah kita juga memiliki lahan yang luas.

Manfaat bambu bagi manusia

Pohon bambu memiliki manfaat yang sangat beragam. Sejak jaman nenek moyang kita, pohon bambu telah dimanfaatkan untuk banyak hal. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasanya :

1.      Sebagai Bahan Bangunan

Pohon bambu termasuk pohon yang kuat dan kokoh. Pohon ini tidak mudah dimakan usia. Oleh karena itu banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan pohon bambu untuk bahan bangunan. misalnya :

Sebagai tiang penyangga bangunan (yang terbuat dari bambu)

Sebagai penyangga atap rumah (bambu ampel, bambu petung, dan bambu ater).

Sebagai jembatan penghubung antar desa. Pohon bambu yang kokoh menjadi alasan mengapa membangun jembatan menggunakan pohon ini, jembatan ini biasanya dibuat didaerah pinggiran kota terutama di desa-desa.

Bangunan Dari Bambu
Bangunan Dari Bambu

2.      Sebagai bahan makanan

Siapa yang belum tahu rebung? Ya rebung merupakan makanan asli Indonesia. Makanan ini mungkin telah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Rebung berasal dari tunas bambu muda. Cara mendapatkannya pun cukup mudah .rebung sangat mudah dijangkau oleh masyarakat ekonomi rendah hingga menengah. Namun rebung cepat basi, oleh karena itu sebisa mungkin kita harus cepat mengolahnya.

3.      Sebagai bahan pembuat layang-layang

Siapa yang tidak kenal permainnan layang-layang? Pasti kita semua akrab dengan permainan tradisional yang satu ini. Atau bahkan kita sendiri sering memainkannya sewaktu kecil. Bermain layang-layang biasanya dilakukan pada musim kemarau dan biasanya saat angin bertiup cukup kencang. Biasanya musim layangan akan berlangsung pada bulan April - September.

Layang-layang
Layang-layang Bambu

4.      Sebagai bahan pembuat galah

Ya kita sudah mengetahui semua jika galah terbuat dari bambu. Kegunaan galah sangat banyak diantaranya untuk mengambil buah yang letaknya tinggi. Alasan penggunaan pohon bambu untuk membuat galah yaitu :

Karena pohon bambu cenderung ringan. Meskipun memiliki ukuran yang panjang, pohon bambu tetap memiliki berat di bawah rata-rata pohon lainnya.

Karena tidak mudah lapuk atau rusak

Karena memiliki ukuran yang panjang. Ya ukurannya yang panjang sangat memudahkan orang untuk mengambil buah yang letaknya tinggi. Satu pohon bambu bisa memiliki panjang sampai 15 meter lebih.

5.      Bahan Baku Kerajinan

Ada banyak peralatan rumah tangga yang terbuat dari bambu salah satu yang terkenal di Asia adalah sumpit, tetapi kerajinan dari bambu sangat beragam kita bisa membuat topi dari bambu, perangkap ikan, bakul nasi, alat pengukus, kursi bambu, meja bambu, bahkan banyak alat musik tradisional yang terbuat dari bambu contohnya angklung dan seruling yang telah mendunia.

kerajinan dari Bambu
kerajinan dari Bambu

6.       Transportasi Lokal

Mungkin masyarakat perkotaan sudah sangat jarang melihat mode transportasi lokal berupa rakit yang berfungsi untuk menyeberangkan warga dari seberang sungai. Rakit ini masih bisa kita temukan di daerah yang belum terjangkau dengan baik oleh transportasi modern seperti daerah pinggiran sungai.

Rakit Bambu
Rakit Bambu

7.      Saluran Air Dari Tempat Tinggi

Masyarakat pegunungan tentunya tidak asing dengan pemandangan bambu yang tersusun memanjang yang berasal dari mata air dipuncak gunung dan diarahkan ke kaki gunung untuk memenuhi kebutuhan air warga, meskipun saat ini penggunaan pipa plastik telah banyak digunakan tetapi beberapa daerah masih menggunakan bambu sebagai alternatif menyalurkan air dengan biaya sangat murah.

8.      Alat Bela Diri      

Seperti yang penulis sebutkan diawal bahwa saat penjajahan, bangsa Indonesia menggunakan bambu sebagai alat bela diri dalam melawan bangsa penjajah dari muka bumi. Dibeberapa negara Asia penggunaan bambu banyak digunakan dalam berlatih bela diri ataupun digunakan dalam pertunjukan tradisional. Salah satunya beladiri silambam yang terkenal di daerah Tamil, India. Umumnya bambu dibuat dalam bentuk tongkat dan kedua petarung akan saling mengadu ketangkasan menggunakan tongkat bambu.

Tongkat Bambu
Tongkat Bambu

Semoga artikel 8 Manfaat Pohon Bambu Bagi Kehidupan Manusia dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang manfaat pohon bambu yang selama ini daunnya dimanfaatkan oleh panda sebagai makanan utamanya.