Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fakta Tentang Mainan Lego Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

 

Mainan Lego

Duniahobiku.com - Pernah bermain Lego? Saya rasa hampir semua anak terutama anak laki-laki senang dengan permainan lego. Permainan lego ini sangat populer karena selain dapat mengasah kreatifitas anak dengan berbagai jenis bentuk yang bisa diubah menjadi berbagai model menarik, lego juga telah dibuat dalam bentuk film animasi yang membuat lego makin populer dengan karakter-karakter unik yang ditampilkan dalam film tersebut.

Sejarah Lego

Lego merupakan mainan blok bongkar pasang yang terbuat dari plastik berbahan baku Acryllonitrile butadiene styrene (lebih dikenal dengan sebutan plastic ABS). LEGO adalah salah satu mainan yang paling bersejarah sepanjang masa dan memiliki banyak sekali penggemar mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Di satu sisi, lego dapat dilihat sebagai ikon “blok bangunan” di seluruh dunia. Banyak penggemar lego yang rela menghabiskan waktunya berjam-jam untuk membuat suatu objek yang diinginkannya hingga terbentuk sempurna.

Siapa yang menciptakan Lego? Tokoh yang sangat berperan dalam menciptakan lego adalah Ole Kirk Christiansen. Awalnya lego berasal dari usaha kerajinan kayu yang dimiliki Ole Kirk Christiansen yang tinggal di kota Billund, Denmark. Usaha kerajinan kayu ini bahkan telah beroperasi sejak tahun 1895. Awalnya toko ini mengerjakan pembuatan mebel namun sayang tokonya terbakar pada tahun 1924 karena  kecelakaan yang terjadi karena kedua anaknya bermain api ditempat produksi. Kegigihan Ole Kirk untuk membangun usahanya agar terus berkembang patut diacungi jempol. Tahun 1932 tokonya mulai membuat berbagai jenis kerajinan kayu berbentuk mobil mobilan dan berbagai bentuk lainnya dan setelah tahun 1947 Ole Kirk mulai menggunakan mesin cetak injeksi plastik untuk membuat bata plastik yang saling terkait (interlocking) yang menjadi cikal bakal lego seperti yang kita mainkan sekarang.

Mainan Lego

Selain rela menghabiskan waktunya, tidak sedikit juga penggila lego yang sudah menghabiskan uang jutaan rupiah untuk mengoleksi berbagai macam jenis lego yang ada. Saat ini ada banyak jenis lego yang dibuat dengan desain yang menarik seperti mainan lego ninjago, mainan lego city, dan mainan lego friends. Nah, sebelum kamu mulai bermain dengan lego koleksimu, yuk kita simak 7 fakta yang benar benar mengagumkan dari LEGO.

1. Desain LEGO dari tahun 1958 masih akan serupa hingga sampat saat ini meski didesain sesuai dengan perkembangan zaman tapi masih dikaitkan antara model yang satu dengan yang lainnya.

Ciri khas “batu bata” yang dimiliki LEGO adalah bagian dari “sistem universal,” sehingga model lego dari awal tahun produksi hingga saat ini masih bisa digabungkan dan dibentuk sesuai selera. Karena masing masing bagian lego kompatibel dengan potongan potongan yang ada.

2. Nama LEGO memiliki makna sangat khusus

Nama LEGO dibuat dengan menggunakan dua huruf pertama dari kata Denmark “Leg” dan “Godt,” yang berarti “bermain dengan baik.” Namun dalam arti yang lebih luas dapat berarti “saya menyusun” ataupun “saya merangkai” dan hal ini sesuai dengan bentuk permainan yang dibuat oleh lego dan nama Lego digunakan hingga kini pada semua produk mereka.

3. Gabungkan enam buah LEGO yang memiliki delapan dots (kancing) dan kamu bisa memainkan dengan 915.103.765 cara

Berikut adalah tantangan bagi otak Anda: Cobalah untuk mengetahui 24 cara yang berbeda dua buah LEGO dengan delapan dots (kancing) yang dapat dikombinasikan.

4. Seseorang membangun sebuah rumah nyata dan seluruhnya terbuat dari LEGO

Pada tahun 2009, seorang pria bernama James Mei di Surrey, Inggris, membuat bangunan rumah ukuran penuh di dunia, menggunakan 3,3 juta buah lego. Rumah tersebut memiliki toilet, kamar mandi dan tempat tidur yang semuanya terbuat dari LEGO. Legoland menawarkan untuk mengambil rumah dan dimasukkan ke dalam taman bermain mereka di taman Windsor, Berkshire, tetapi pihak Legoland mengambil kesepakatan kembali setelah memutuskan untuk membeli, karena akan terlalu banyak memakan biaya untuk memindahkannya. Mereka juga mengkritik Mei karena tidak meminta bantuan mereka ketika membangun rumah.

Rumah Lego
Rumah Lego 

5. Ada seniman yang memahat eksklusif dari Lego

Siapa yang pernah mendengar tentang Nathan Sawaya? artis di New York, yang membuat seni dari bahan yang tidak memungkinkan. Dia adalah artis pertama yang pernah mengambil LEGO ke dunia seni dan saat ini memiliki pameran tur yang disebut “The Art Of The Brick.”

Seniman Lego
Seniman Lego

Sesama seniman, Sean Kenney, juga telah membuat karir menciptakan “patung kontemporer” yang terbuat dari lego untuk klien dan perusahaan di seluruh dunia. Kenney, yang menyebut dirinya “anak profesional” kata dia suka bekerja dengan lego karena “tidak seperti mainan tradisional, permainan lego sangat disukai oleh anak anak dan lego membuat mereka senang dan kreatif.

6. Anak jenius ini telah menciptakan printer Braille dengan set LEGO nya

Seorang anak ajaib 12 tahun dari California menggunakan set LEGO MINSTORMS EV3 untuk membuat printer Braille fungsional. Shubham Banerjee menggunakan LEGO sebesar $ 350 dan ditetapkan untuk membuat printer setelah ia melihat selebaran meminta sumbangan untuk membantu orang buta. Prototipenya adalah sebagian kecil dari biaya printer Braille lainnya, yang dijual sekitar $ 2000 secara online.

Printer Braille
Printer Braille

7. Bangsa minifigures akan memegang rekor untuk populasi terbesar di dunia (jika mereka manusia, tentu saja)

The minifigure pertama diciptakan pada tahun 1978, dan sejak itu, empat miliar populasi dari Lego telah dibuat.

Semoga artikel 7 Fakta Tentang Mainan Lego Yang Mungkin Belum Anda Ketahui dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tantang mainan lego yang legendaris.