Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Ayam Kanibal Menggunakan Balsem

Cara Mengatasi Ayam Kanibal

Duniahobiku.com -  Bagaimana cara mengatasi Ayam Kanibal  ? Apakah anda pernah mendengar bahwa balsem yang sering digunakan oleh manusia ternyata juga dapat digunakan mengatasi ayam yang memiliki sifat kanibal. Caranya pun cukup mudah, untuk lebih jelasnya simak pada artikel dibawah ini.

Ayam kanibal adalah perilaku yang menyakiti diri mereka sendiri sehingga merusak bagian tubuh ayam sehingga terluka bahkan terkadang bisa mengakibatkan kematian ayam.  Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menangani ayam yang suka menyakiti diri mereka sendiri bahkan kawan dalam koloni mereka. Perilaku ini dapat dikategorikan sebagai perilaku menyimpang dan harus segera diobati agar kondisi ayam tidak semakin parah jika terlambat ditangani.

Mengobati Ayam Kanibal

Sebelum kita melakukan pengobatan terhadap ayam yang memiliki perilaku kanibal, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab ayam melakukan perilaku tersebut. Perlu anda ketahui ayam memiliki naluri bertarung untuk mempertahankan diri. setiap binatang memiliki kemampuan tertentu untuk menjaga dan melindungi diri mereka. Ada beberapa Faktor yang bisa memicu ayam bersifat kanibal diantaranya pakan , populasi kandang yang terlalu padat,kebersihan kandang, dll. Dalam dunia ternak ayam ada beberapa jenis kanibal yang biasa terjadi pada ayam yaitu sebagai berikut.

Kanibal Bulu

Jenis penyakit ini biasanya terjadi pada ayam yang  kurang mendapatkan perawatan yang baik, pakan yang kadang terlambat diberikan dapat menyebabkan sifat  kanibal ayam. Karena sering kehabisan pakan, awalnya ia hanya menyisir bulu dengan paruhnya, kemudian mematuk kotoran bahkan sisa makanan yang masih menempel di bulu mereka atau kawan yang berada dalam satu kandang.

Kanibal Kaki

Ayam dapat mematuk kakinya sendiri karena terbiasa mendapatkan perlakuan alas kandang yang tak pernah dibersihkan, maka ketika mulai muncul birahi mereka akan berperilaku aneh dengan mematuk kulit kaki mereka, bahkan kuku kaki sekalipun. Maka kondisi ini harus segera diatasi.

Berikut  beberapa cara yang dianggap bisa menyembuhkan ayam yang terkena penyakit kanibal :

Cara Mengatasi Ayam Kanibal Menggunakan Balsem

Tips ini dapat anda dicoba dengan bahan yang telah kami tulis di judul postingan,  Balsem ? mungkin cara ini dianggap nyentrik tapi dikalangan pencinta ayam cara ini biasa digunakan untuk ayam aduan yang memiliki sifat kanibal. Balsem merupakan bahan yang dapat mengalihkan aktifitas kebiasaan ayam karena aroma panas yang ada didalamnya. Yang perlu anda siapkan adalah Berupa semprotan yang dapat anda beri sedikit balsem. Alat dan Bahan

Balsem merek apa saja

Alat semprot atau semprotan

Air bersih 1 liter

Ember atau wadah dan alat pengaduk

Langkah-langkah Mengobati Kanibal Dengan Balsem

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan setelah semua bahan sudah anda siapkan.

Pisahkan (karantina) ayam yang terjangkit dengan ayam lainya.

Campurkan dan aduk balsem menggunakan ember Air yang anda siapkan dengan balsem setengah ruas ujung kelingking.

Masukan kedalam alat semprot lalu semprotkan ke koloni ayam anda secara menyeluruh.

Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan bau pada lokasi ayam serta tubuh ayam, sehingga ayam akan merubah perilaku yang biasanya.

Lakukan hingga kebiasaan kanibal ayam anda berubah permanen.

Lakukan secara  rutin sampai ayam  mengalami perubahan perilaku total. lakukan perawatan yang baik dengan selalu membersihkan kandang dan berikan pakan yang cukup dan bergizi. bersihkan juga wadah pakan dan minum setiap hari.

Kurangi Populasi ayam dalam kandang yang terlalu berlebihan dalam satu koloni

Semoga artikel Cara Mengatasi Ayam Kanibal Menggunakan Balsem dapat bermanfaat buat para pencinta ayam yang sedang mengalami masalah diatas. Selamat mencoba !