Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik Agar Tidak Tertipu

 Cara Memilih Biji Kopi Yang Baik

Duniahobiku.com - Bagaimana cara memilih biji kopi yang baik agar tidak tertipu? Untuk mencari kopi terbaik yang mampu menghasilkan cita rasa bagus, harga tidak selamanya menjadi patokan. Memang kopi dengan harga mahal umumnya memiliki kualitas yang bagus, namun beberapa penjual justru memanfaatkan ketidaktahuan pembeli untuk meraup untung yang maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memilih biji kopi terbaik yang sudah pasti memiliki citarasa yang memuaskan. Dengan cara memilih biji kopi terbaik harga mahal berikut ini anda tidak perlu takut lagi akan tertipu dengan kopi kualitas rendah yang coba ditawarkan oleh pembeli.

Sudah tidak sabar ingin mengetahui cara memilih biji kopi? Berikut cara cara dalam memilih kopi yang bagus :

Cara Memilih Biji Kopi Terbaik Harga Mahal

Rasakan aromanya terlebih dahulu

Cara untuk memilih biji kopi terbaik yang pertama yaitu dengan merasakan aroma yang ada pada biji kopi tersebut. jangan langsung percaya jika pembeli menawarkan dengan harga yang mahal.

Karena pada umumnya kopi yang berkualitas memiliki aroma yang lebih wangi dibandingkan dengan kualitas rendahan.

Lebih bagus jika anda meminta contoh kopi yang sudah jadi

Cara kedua ini memang lebih sulit, karena tidak semua toko mau memberikan contoh kopinya kepada calon pembeli. Cobalah untuk meminta contoh yang sudah jadi, dan rasakan apakah aroma tersebut sudah sesuai dengan apa yang anda cari.

Membeli biji kopi pada toko yang mau memberikan contoh juga lebih aman dibandingkan dengan toko lain yang tidak mau memberikan contohnya.

Ketika toko sudah berani memberikan contoh, otomatis mereka berani menjamin bahwa pembeli tidak akan kabur setelah mencoba contoh karena kopi yang ditawarkan memang berkualitas.

Cari tahu lebih dalam mengenai kopi

Jika anda berniat berjualan kopi maka sebelum hal ini sebaiknya anda mencari terlebih dahulu mengenai jenis kopi apa saja yang disukai oleh para pembeli karena setiap jenis kopi memiliki aroma yang berbeda beda.

Banyak cara yang bisa anda gunakan seperti mengunjungi beberapa kedai kopi andalan di sekitar kotamu atau melakukan survei kepada mereka para pecinta kopi.

Pahami kualitasnya

Cara memilih biji kopi terbaik selanjutnya yaitu dengan memahami kualitas dari setiap jenis biji kopi, karena kopi jenis satu dan lainnya memiliki keunggulan yang berbeda beda.

Jangan membeli terlalu banyak terlebih dahulu

Sebenarnya ini bukanlah cara untuk memilih biji kopi terbaik. Namun, setelah melalui beberapa step tersebut dan anda yakin bahwa anda sudah menemukan biji kopi terbaik, anda harus tetap berhati hati dengan membeli dalam jumlah kecil untuk dijadikan contoh terlebih dahulu.

Kunjungi penjual sebanyak mungkin

Mengunjungi penjual satu dan lainnya memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun hal ini sangat efektif untuk menemukan biji kopi terbaik sesuai dengan keinginan dan kemauan pasar.

Intinya biji kopi yang mahal belum tentu memiliki kualitas yang berkualitas, namun biji kopi yang berkualitas rata rata memiliki harga yang mahal. Semoga dengan mengetahui cara memilih biji kopi yang baik  anda tidak perlu takut lagi tertipu dengan tawaran penjual.