Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kredit Mobil Agar Disetujui Pihak Leasing

 Cara Kredit Mobil Agar Disetujui Pihak Leasing

Duniahobiku.com –  Bagaimana cara kredit mobil  agar disetujui pihak leasing ? Saat ini, banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli sebuah mobil secara kredit. Hal ini dikarenakan ada banyak perusahaan pembiayaan atau leasing yang menawarkan berbagai fasilitas unggulan untuk menarik minat para calon kreditur. Pembelian mobil secara kredit saat ini memang lebih populer di banding membeli mobil dengan cara tunai. Bagaimana tidak, dengan membeli mobil secara kredit, anda bisa mengalokasikan dana ke lain hal sehingga dana Anda tak habis untuk membayar secara tunai. Namun sebelum Anda akan mengajukan kredit mobil, sebaiknya melakukan beberapa hal berikut ini.

Menghubungi Dealer Mobil

Carilah informasi mengenai promo promo yang telah di berikan oleh perusahaan leasing. Apakah ada promo yang menarik jika membeli mobil secara kredit. Selain itu, pertimbangkan juga mengenai detail harga maupun spesifikasi mobil yang akan Anda beli serta berapa lama proses pengajuan kredit mobil Anda sampai di setujui

Harga Terjangkau

Ketika Anda sudah mantap untuk membeli sebuah mobil, sebaiknya pilih mobil yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Tak bisa di pungkiri lagi bahwa saat ini ada banyak sekali varian harga mobil yang mereka tawarkan mulai dari tipe, bentuk dan model yang bisa disesuaikan dengan pilihan Anda. Namun ada baiknya Anda berpikir realistis, jika tidak Anda akan kerepotan sendiri dalam mengatur keuangan untuk membayar angsuran per bulannya.

Perusahaan Leasing Mobil

Saat Anda mantap memilih mobil tersebut, segera cari informasi mengenai perusahaan leasing mana yang akan dipilih. Pada umumnya, perusahaan leasing selalu memberikan banyak penawaran menarik. Oleh karena itu, Anda harus berhati hati dalam memilih perusahaan leasing, dengan bunga yang ringan, jangka waktu yang relatif fleksibel serta mempunyai realitas harga yang cukup bersaing.

Konsultasi Cicilan

Jika Anda sudah memilih perusahaan pembiayaan yang tepat, sebaiknya konsultasikan cicilan Anda dengan rencana kredit yang telah di sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda konsultasikan

Uang Muka dan Besar Cicilan

Pastikan Anda telah menyiapkan uang muka berdasarkan persentase harga mobil tersebut sekitar 20 sampai 30 persen. Misalnya, jika harga mobil sebesar 200 juta, maka Anda harus persiapkan uang sebesar 40 sampai 60 juta di tambah biaya biaya lain seperti biaya administrasi. Semakin besar jumlah DP yang akan Anda berikan, semakin besar pula peluang bagi Anda untuk memilih besaran cicilan dan tenor masa kredit.

Masa Kredit

Sebaiknya Anda memilih masa kredit yang tak melebihi batas ekonomis dari mobil Anda. Artinya jika Anda mengambil masa kredit lebih dari 4 atau 5 tahun, maka Anda pun akan banyak mengeluarkan dana untuk perbaikan mobil Anda. Hal ini tentu saja tidak baik untuk keuangan Anda padahal Anda masih memiliki tanggungan pembayaran cicilan mobil.

Suku Bunga

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami dalam menyikapi suku bunga kredit di pasaran yakni jenis suku bunga tetap (flat rate) dan suku bunga mengambang (floating rate). Saat ini ada banyak bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang memberlakukan suku bunga tetap hanya di awal tahun dari masa kredit.

Setelah Anda mantap memilih leasing, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan lagi sebagai cara kredit mobil agar disetujui. Anda harus memenuhi persyaratan adminstrasi beserta kelengkapan dokumen asli. Di beberapa wilayah di Indonesia, jika Anda memiliki KTP setempat, proses pengajuan kredit mobil akan di permudah. Tentu saja bank atau lembaga pembiayaan akan percaya dengan KTP domisili yang bersangkutan. Selain itu, dokumen lain yang dibutuhkan ialah Kartu Keluarga (KK), SIM, laporan gaji bulanan untuk karyawan atau laporan keuangan perusahaan. Tak seperti pihak bank, biasanya leasing mobil tak akan mempermasalahkan hal hal kecil. Hal ini karena jika sewaktu waktu terjadi kredit macet, maka ada jaminan BPKB mobil Anda

Rekening Pribadi

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil kredit apapun, ada baiknya Anda membentuk rekening secara sehat. Artinya pemasukan atau pengeluaran dalam rekening Anda harus berimbang dan surplus aktif. Surplus aktf disini berarti bahwa rekening Anda meskipun pemasukan tak begitu banyak, namun secara nominal pemasukannya terus saja meningkat. Hal ini di karenakan pihak leasing akan lebih percaya dengan semua laporan pribadi yang Anda miliki. Hal ini juga termasuk acuan dasar perkreditan mereka yakni 5 C yang artinya Character, Collateral, Capital, Condition, Capacity.

Dengan rekening pribadi Anda yang sehat, pihak pemberi kredit pun akan lebih percaya kepada Anda. Untuk itu, bentuklah rekening pribadi Anda lebih aktif di tiap bulannya. Demikianlah informasi mengenai cara kredit mobil agar disetujui pihak leasing. Semoga bermanfaat