Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Hobi Murah Yang Tidak Bikin Kantung Jebol

 Hobi Murah

Duniahobiku.com – Kira-kira hobi apa yang murah yang tidak bikin kantong jebol? Hobi terkadang identik dengan pengeluaran walaupun pernyataan itu tidak sepenuhnya betul. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda, ada yang hanya sekedar untuk mengisi waktu luang atau senggang, dan adapula yang menekuninya menjadi ladang usaha. Tidak bisa dipungkiri ada beberapa hobi mahal yang hanya bisa dilakukan segelintir orang , bahkan boleh dikatakan sangat mahal. Tapi anda tidak usah khawatir masih ada kok hobi yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya bahkan beberapa hobi dapat menghasilkan uang. Ingin tahu apa saja hobi yang murah meriah ? simak terus artikel ini dan temukan hobi yang anda miliki.

Tentunya hidup kita akan terasa sangat membosankan jika hanya dijalani dengan rutinitas yang itu-itu saja, untuk menghilangkan kejenuhan atau stress beberapa orang berusaha menyalurkan hobi yang dimilikinya. 12 hobi dibawah ini dapat menyalurkan hobi anda tanpa menyebabkan kantong anda jebol :

1.           Membaca

Hobi ini dapat dilakukan tanpa harus membeli buku, novel atau majalah, karena anda dapat membaca ditempat perpustakaan sekolah, kampus, perpustakaan negara bahkan anda dapat meminjam dari kawan maupun keluarga dengan syarat tentu mengembalikannya seperti semula. Contohlah Bung Karno bapak Proklamasi kita, pada usia 16 tahun beliau telah melahap habis berbagai karya besar dunia. Ia mengagumi Thomas Jefferson dengan Declaration of Independence yang ditulis tahun 1776. Di usia belia tersebut, Ia telah paham betul gagasan George Washington, Paul Revere, hingga Abraham Lincoln. Hampir 70% harta kekayaan beliau adalah “buku”. Semuanya beliau pelajari dari membaca . Membaca membuat kita bisa menambah ilmu dan pengetahuan, ada pepatah mengatakan bahwa buku adalah “Jendela Dunia”.

2.  Menulis

Menulis merupakan suatu hobi yang hampir sama dengan membaca, Tidak semua orang memilki bakat untuk menulis, menyusun kata-kata hingga menjadi sebuah kalimat yang baik dan dapat menjadi sebuah buku yang menarik. Menulis Novel atau komik bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang sekaligus menyalurkan hobi anda menguntai kalimat.

Perkembangan dunia digital saat ini sangat membantu, bagi anda yang memang memiliki hobi atau passion di bidang menulis ini. Anda dapat menulis dengan mudah karena tersedia beberapa platform untuk menulis blog, Blog ini sifatnya gratis maupun berbayar. Tulisan yang anda buat dapat dibaca atau dinikmati oleh jutaan orang yang mengakses tulisan di blog anda. Orang yang menulis blog, disebut juga sebagai Bloger, banyak Bloger di Indonesia yang berhasil meraup rejeki lewat tulisannya. Salah satunya yaitu Raditya Dhika dan tentunya masih banyak diluar sana para “suhu” yang tidak ingin diketahui keberadaannya yang meraup puluhan hingga ratusan juta dari blog yang dikelolanya.

3. Makan

Ketika saya bertanya kepada keponakan saya, apa hobi kamu dek? Dijawabnya dengan sedikit malu malu, sukanya “makan”. Yah begitulah jawaban yang jujur keluar dari mulut seorang anak SD. Mungkin anda juga memiliki hobi makan. Setiap orang tentunya perlu makan untuk bisa hidup .Anda yang memiliki hobi ini, pasti akan selalu menjelajahi tempat-tempat kuliner yang baru atau pun yang ramai orang kunjungi. Beruntung sekali buat anda yang hobinya makan, karena di era digital saat ini ternyata anda dapat menjadikannya sebagai mata pencahariaan hingga menghasilkan uang . Dengan bermodalkan kamera, lalu foto makanannya sebelum dimakan kemudian diupload di media sosial seperti Instagram dan facebook, jika foto anda menarik anda bisa mengirimkannya ke perusahaan yang berani membayar mahal hasil jepretan anda. Kini sudah banyak komunitas Food Bloger di Indonesia sebagai wadah untuk anda yang memiliki hobi yang sama.

4. Memasak

Untuk hobi yang satu ini biasanya identik sekali dengan wanita, yang menghabiskan waktunya di dapur. Namun ternyata hampir semua restoran itu kebanyakan koki / chefnya adalah seorang pria. Hobi memasak memerlukan Passion dan keberanian untuk mencoba. Jika anda berpikir tidak bisa memasak jangan khawatir karena kini anda bisa mendapatkan jutaan resep dan mempelajarinya langsung lewat Youtube, Facebook, dan Google. Hobi ini memiliki keuntungan ganda karena selain menyalurkan hobi perut juga bisa kenyang, dan jika anda piawai dalam memasak kembangkan bakat anda dengan membuka restaurant atau catering.

5. Browsing

Hari gini siapa yang tidak hobi berseluncur di dunia maya? Saya yakin bahwa setiap hari anda browsing paling tidak 2-3 jam sehari, bahkan lebih. Anda dapat melakukan browsing lewat gadget kesayangan anda, dan banyak browser yang dapat anda pilih mana yang cepat, nyaman dan tentunya aman. Berselancar di dunia maya tentunya akan membuka wawasan dan pengetahuan anda, tetapi ingat anda harus pintar-pintar memilah yang baik dan buruk didunia maya karena jangan sampai anda termakan HOAX yang banyak bertebaran didunia maya serta konten yang tidak mendidik.

6. Main Game

Hobi ini hampir semua kalangan menyukainya, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Anda dapat memainkan game ini secara individu atau beberapa orang. Hanya dengan bermodalkan sebuah video game seperti Playstation atau di Smartphone, komputer dan laptop. Ada sebagian orang yang main game, hanya untuk menunggu waktu luang atau sekedar menghilangkan rasa bosan. Lain halnya dengan gamers sejati, pasti lebih sering melakukan permainan game online, jenis RPG dll.  Beberapa gamers bahkan bisa memperoleh pendapatan yang luar biasa setelah mengunduh videonya di Youtube.

7. Nonton

Menonton film di bioskop maupun di TV merupakan salah satu hobi yang banyak digandrungi masyarakat. Selain tidak memerlukan biaya yang bikin kantong jebol, menonton bisa melepaskan strees setelah sekian lama bekerja.

8. Denger Musik

Dahulu, media untuk mendengarkan musik yaitu radio, piringan hitam, tape dan walkman. Perkembangan zaman membuat media yang tersedia untuk mendengar music semakin beragam. Untuk mendengarkan musik lebih asik jika menggunakan headset/headphone selain lebih privasi juga tidak mengganggu orang lain.  Saat ini kita semakin mudah menemukan music favorit kita dengan tersedianya berbagai aplikasi pendukung ,hanya dengan bermodalkan flash disk anda bisa mendownload file music dalam jumlah ratusan hingga ribuan.

9. Menyanyi atau Karaoke

Waktu kita kecil pasti selalu dinyanyikan lagu sebelum tidur oleh ibu kita, menyanyi dirumah tidak perlu teknik khusus, kecuali anda memang ingin menjadi penyanyi professional. Hobi nyanyi dapat dilakukan sendiri di kamar mandi, atau jika ingin beramai-ramai dengan teman-teman bisa ke tempat karaoke. Biayanya pun bisa patungan bersama keluarga atau teman untuk membayarmya Jika anda memiliki bakat dalam bidang tarik suara maka hobi ini dapat menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Apalagi sekarang  banyak  ajang-ajang pencari bakat di TV yang mencari artis-artis baru berbakat yang siap diorbitkan menjadi penyanyi professional, siapa tahu bakat anda mengantar anda menjadi penyanyi professional dan terkenal.

10. Ngeband

Hayoo siapa yang waktu SMU punya hobi main musik/ngeband? Saya yakin banyak anak-anak sekolah SMU/SMK dulu sampai sekarang masih gemar atau hobi ngeband, di tiap-tiap sekolah sendiri mungkin ngeband sudah menjadi kegiatan ekskul. Umumnya personil ngeband sendiri terdiri dari 3 – 5 orang, bisa juga lebih. Ngeband tidak diharuskan untuk memiliki alat musik sendiri dirumah. Namun yang pasti, sebuah gitar itu wajib punya untuk tiap band. Jika anda memiliki dana yang terbatas anda bisa menyewa sebuah studio untuk latihan. Studio latihan biasanya menyediakan peralatan band yang lengkap, standar yang harus ada adalah mic, gitar, bass, drum, keyboard, lengkap dengan amplifier masing-masing.

11. Olahraga

Ada sebagian orang yang jika ditanya apa hobinya, maka dijawab olahraga. Hobi ini selain murah tentunya bisa menyehatkan tubuh. Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah berlari. Berlari termasuk hobi yang menurut saya murah karena anda tidak memerlukan biaya apapun selain sepatu olahraga untuk melindungi kaki anda. Waktu yang ideal untuk berlari yaitu di pagi hari atau sore hari.

12. Nongkrong

Banyak café atau mall yang menyediakan tempat yang asik untuk nongkrong. Contohnya saja Starbucks, tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Salah satu dari anda mungkin hobi nongkrong di Starbucks? Buat kamu penggila kopi, tentunya pasti mengenal tempat ini. Walaupun untuk harga secangkir kopinya tidak terlalu murah,. Terdapat fasilitas wifi gratis dan sound musik lagu-lagu jazz dan classic. Yang membuat anda betah dan berlama-lama ditempat itu. Hobi nongkrong di café atau mall jika dilakukan sekali-kali untuk refreshing tentunya tidak akan menguras dompet anda kecuali anda mengunjunginya setiap hari.

Semoga 12 Hobi Murah Yang Tidak Bikin Kantung Jebol diatas dapat menambah wawasan anda tentang berbagai jenis hobi yang bisa anda lakukan untuk mengisi hari-hari anda. Tentunya masih banyak hobi lain yang bisa anda pilih sesuai dengan “passion” anda.