Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ikan Hias Predator Untuk Pemula Paling Dicari Di Indonesia

Ikan Hias Predator

Duniahobiku.com - Apa saja ikan hias predator yang cocok untuk pemula? Masyarakat Indonesia, mulai dari yang muda sampai yang tua  gemar memelihara berbagai jenis ikan hias air tawar. Selera orang berbeda-beda dalam memilih jenis ikan peliharaan yang cocok dengan selera mereka. Ada yang menyukai jenis ikan yang memiliki warna tubuh yang menarik tetapi sebagian juga menyukai ikan yang termasuk predator dalam dunia ikan. Kepuasan saat menyaksikan ikan ini makan dengan “buasnya” menurut bagi sebagian pencinta ikan predator adalah tontonan menarik. Untuk mengetahui apa saja jenis ikan hias predator yang bisa anda koleksi diaquarium rumah anda simak pada artikel dibawah ini.

Dari jenis pakan, ikan hias air tawar dikelompokkan dalam dua bagian, yaitu ikan hias dan ikan predator. Ikan hias predator ini bisa ditempatkan di aquarium karena dapat hidup di air tawar. Ikan hias predator umumnya memiliki sifat kanibal yaitu suka memangsa jenis ikan lain yang berukuran lebih kecil dan juga tidak menolak jika diberi pakan potongan daging. Walaupun tampilannya tampak seram dan ganas, tidak sedikit orang tertarik memeliharanya. Nah, jika anda ingin memelihara ikan hias predator murah, berikut beberapa pilihan yang bisa anda coba.

1.     Ikan Belida

Belida adalah salah satu jenis ikan predator yang tinggal di air tawar. Ikan ini berasal dari perairan Indonesia, yaitu di Sumatera Selatan, Palembang serta Jawa. Ikan ini berhabitat di daerah rawa-rawa atau sungai. Nenek moyang kita dulunya sering menggunakan ikan belida untuk bahan utama krupuk serta empek-empek. Namun, kelangkaannya membuat ikan ini dijadikan sebagai ikan hias.

Ciri khas ikan Belida adalah punggungnya yang tampak seperti pisau sedangkan badannya tampak pipih. Untuk kepalanya, ikan ini berkepala kecil, sedangkan punggungnya tampak menonjol ke atas. Bagian tubuhnya berwarna kelabu dengan corak lingkaran berjejer yang membuatnya tampak unik.

Udang, ikan kecil, serta katak adalah beberapa pakan hidup untuk ikan belida. Untuk harganya, semua tergantung ukuran.

Ikan Belida

Ikan Belida

2.     Ikan Datz

Ikan hias predator murah ini dikenal sebagai Datnoid atau Tigerfish. Jenisnya juga beragam, ada yang Indo Datz karena asalnya dari Indonesia, atau Datz Sumatra, Datz Papua, Datz Borneo dan bahkan Datz dari luar negeri.

Ciri khas ikan ini adalah tubuhnya yang tampak seperti macan dengan tampilan loreng kuning emas dan hitam. Sedangkan harganya bergantung pada jenisnya. Untuk yang paling murah saja, anda harus merogoh 300.000 rupiah.

Ikan Datz
Ikan Datz

3.     Ikan Palmas

Untuk para hobiis, ikan jenis predator ini terbilang familiar. Bentuknya begitu elegan, mirip naga dan mudah juga dipelihara. Ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah mati. Itulah mengapa ikan hias predator ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin memelihara ikan.

Ciri khasnya adalah bersirip banyak. Jenisnya juga cukup banyak mulai dari Barred Bichir, Cang Bichir, Saddled Bichir, Ornate Bichir, sampai yang lainnya. Panjang rata-rata ikan ini adalah 94 cm. Sedangkan harganya tergantung dari jenis, domisili dan juga kondisi ikan tersebut. Jika anda ingin membeli yang jenis Albino, harga umumnya ada di kisaran 50.000 - 100.000 ribu rupiah.

Ikan Palmas
Ikan Palmas

4.     Ikan Wolf Cichlid

Nama ikan predator ini memang sedikit ribet. Sebab ikan wolf ini masih masuk dalam keluarga Cichlid. Asal muasal ikan ini adalah dari Benua Amerika. Ciri khasnya adalah gigi yang begitu tajam. Sekali saja anda memberikan pakan hidup, ikan ini langsung mengoyak mangsa tanpa sisa sama sekali.

Nah, kalau anda ingin membeli ikan ini, sebaiknya letakkan di akuarium sendiri. Kalau tidak, ikan yang lain bisa dimangsa.

Ikan Wolf Cichlid
Ikan Wolf Cichlid

5.     Ikan African Pike Characin

Ikan yang satu ini membutuhkan perawatan yang bagus supaya bisa panjang hingga 70 cm dan membuatnya semakin mahal. Itulah mengapa ikan ini membutuhkan akuarium yang besar. Udang, ikan kecil dan cacing darah adalah makanan favoritnya. Sedangkan harganya mungkin cukup murah untuk yang sudah terbiasa dengan ikan hias predator dengan kisaran 350.000 rupiah.

Ikan African Pike Characin
Ikan African Pike Characin

6.     Ikan Arwana

Ikan asli Indonesia ini tentu tidak asing bagi para pencinta ikan hias di tanah air. Ada banyak jenis ikan arwana yang bisa anda koleksi di akuarium anda. Harganya yang cukup mahal membuat kita harus belajar cara merawat ikan ini agar dapat hidup sehat dan untuk itu diperlukan perlengkapan akuarium yang memadai. Ikan ini termasuk ikan yang dilindungi sebab habitatnya dialam liar semakin berkurang. Harganya tergantung jenisnya.I kan arwana tertentu bisa mencapai harga hingga puluhan juta rupiah.

Ikan Arwana
Ikan Arwana

7.     Ikan Oscar

Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki cukup banyak penggemar. Corak tubuh disisiknya seperti batik dengan warna warni cerah yang sangat indah. Ikan yang berasal dari sungai Amazon ini cukup ganas sebab dialam aslinya ikan ini mampu memangsa udang, kepiting dan ikan-ikan kecil sebagai menu hariannya. Anda yang melihat corak tubuhnya pasti tertarik untuk mengoleksinya. Harganya sekitar 50 - 125 ribu rupiah.

Ikan Oscar
Ikan Oscar

8.     Ikan Arapaima

Ikan yang berasal dari sungai Amazon ini termasuk ikan yang berada pada puncak rantai makanan dihabitatnya, bayangkan saja ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 3 meter dengan berat dapat mencapai 200 kg.  Untuk memelihara ikan ini sebaiknya anda memeliharanya didalam akuarium berukuran besar atau kolam beton untuk mengansipasi pertumbuhan tubuhnya. Jenis ikan arapaima yang terkenal disebut arapaima gigas. Untuk mengoleksinya anda wajib merogoh kocek dalam-dalam karena ikan ini bisa mencapai harga jutaan rupiah/ekor.

Ikan Arapaima
Ikan Arapaima

9.     Ikan Toman

Ikan Toman bisa kita temukan diberbagai wilayah di Asia tenggara dan termasuk salah satu predator dialam liar. Ikan ini memangsa kodok dan ikan-ikan kecil sebagai sarapannya.Ikan ini bahkan tak segan-segan menyerang apapun yang memasuki wilayahnya terlebih saat sedang mengawasi anak-anaknya yang berjumlah ratusan berenang didekatnya. Ikan Toman memiliki bentuk fisik mirip gabus dan dapat tumbuh hingga lebih dari 1 meter. Harga ditingkat pedagang sekitar 50 - 100 ribu rupiah tergantung ukuran dan jenisnya.

Ikan Toman
Ikan Toman

10.         Ikan Piranha

Dibanding ikan hias predator lainnya ikan ini mungkin yang paling populer didunia.  Keganasan ikan ini saat berkumpul telah menginspirasi banyak pembuat film Hollywood untuk membuatkan cerita tentang ikan ini. Ikan asli sungai Amazon ini pun sudah dapat kita jumpai diberbagai pedagang ikan hias di tanah air.

Ikan Piranha
Ikan Piranha

Semoga 10 Ikan Hias Predator Untuk Pemula Paling Dicari Di Indonesia dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi anda saat akan memelihara ikan hias predator yang eksotik dimata para penggemarnya.