Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Memeriksa Mobil Bekas Sebelum Melakukan Transaksi

10 Cara Memeriksa Mobil Bekas Sebelum Melakukan Transaksi

Duniahobiku.com – Bagaimana cara memeriksa mobil bekas sebelum melakukan transaksi? Mungkin hal ini banyak dipertanyakan oleh kaum awam yang kurang mengerti tentang seluk beluk mobil. Anda pun bisa memeriksanya terlebih dahulu asal tahu apa yang mesti anda periksa  tetapi jika anda ragu anda bisa meminta bantuan saudara atau teman yang mengerti tentang mobil terutama mobil bekas agar tidak menjadi penyesalan setelah transaksi.  Tidak harus menjadi ahli mekanik untuk memutuskan apakah mobil bekas tersebut masih layak digunakan dijalan. Berikut 10 cara memeriksa mobil bekas sebelum anda melakukan transaksi:

Dapatkan nama dan nomor telepon pemilik sebelumnya, jika anda membeli mobil tersebut dari dealer. Jika pihak dealer tidak memberikan informasi pada anda, lepaskan saja, jangan membeli mobil tersebut

Hubungi pemilik pertama jika mobil ini telah berpindah tangan dan tanyakan apa masalah mobil tersebut (seandainya memang pernah mengalami masalah). Juga pastikan anda mengetahui jarak tempuh mobil tersebut ketika dijual.

Periksa mobil anda langsung. Jika tampilan luarnya sudah jelek atau akan merugikan anda kalau membelinya atau memperbaikinya lagi. jangan melekukan kesepakatan  harga

Periksa bagian bawah mobil, mungkin anda menemukan adanya tanda tanda perbaikan yang masih baru. Hanya ada satu motif bagi dealer kenapa mereka melapisi atau memperbaiki bagian bawah mobil untuk menyembunyikan adanya bagian bagian bawah mobil yang sudah berkarat. Periksalah dengan pisau atau yang sejenis (tentunya dengan izin pemilik dealer). Jika anda menemukan adanya karatan, meski sedikit, lupakan saja mobil itu

Gosok jemari anda dalam knalpot, jika anda merasakan adanya oli, mobil tersebut tidak beres, anda harus menanyakan pada petugas mekanik mengapa demikian?

Buka dan tutup semua pintu. Pintu yang sulit di buka atau di tutup menunjukkan kemungkinan pernah mengalami kecelakaan

Lakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan bagian yang berkarat mulai dari bodi, bagian bawah bemper, pintu bagian bawah, dibalik karpet lantai, dan area sekitar jendela mobil.

Periksa ban. Apakah semua ban masihmemiliki tipe yang sama? apakah bagian bagiannya sesuai ?

Periksa rem dengan memberikan tekanan yang kuat pada bagian pedal dan pegang selama 30 detik, jika pedal rem sampai ke lantai maka perlu diperbaiki.

Lakukan test drive terhadap mobil, dan catat semua bagian atau sparepart yang tidak berfungsi atau memerlukan perbaikan. Dengarkan bunyi bising dari mesin dan putaran roda gigi. Periksa rem dan stir mobil. Kendarai di jalan atau daerah yang bergelombang untuk memeriksa daya serap shockbreker mobil.

Semoga artikel 10 Cara Memeriksa Mobil Bekas Sebelum Melakukan Transaksi dapat bermanfaat buat anda yang sedang mencari mobil bekas sebagai teman perjalanan anda sehari-hari. Jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan yang akan anda beli.