Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yamaha X MAX 300 :Harga dan Spesifikasi Lengkap

 

Yamaha X-MAX 300  :Harga dan Spesifikasi Lengkap

Duniahobiku.com – Keberhasilan demi keberhasilan telah diraih oleh produsen otomotif asal negeri matahari terbit, tentunya tak lain adalah Yamaha. Kesuksesannya pada kelas matic 150cc dengan Yamaha N-Max tidak lantas membuatnya berbangga hati dan tidak berhenti berinovasi bahkan membuat gebrakan baru dengan meluncurkan resmi motor matic terbarunya, sekaligus sebagai generasi penerus yang di juluki sebagai Yamaha X-MAX 300.

Sepeda matic terbaru milik Yamaha kini diperkuat dengan mesin kelas 300cc, yang didukung tehnologi tinggi, hingga performanya  diragukan lagi. Tak cuma itu, Yamaha juga membuat Yamaha X-Max 300 tampak lebih menarik dengan nuansa yang lebih fresh, hingga akan membawa anda mendapatkan pengalaman berkendara lebih seru dan tentu saja semakin nyaman meskipun digunakan jarak jauh.

Sesuai dengan dengan generasi terdahulu, pada bagian belakang diperlengkapi dengan unit swing komplet dengan double suspensi, hingga soal stabilitas saat berkendara lebih terjamin, baik pada kecepatan tinggi maupun waktu berada di tikungan,  intinya Yamaha X-MAX 300 menjamin pengendara dapat melakukan beragam manuver lincah dengan mudah. Untuk mengoptimalkannya, pada sektor depan diperlengkapi dengan suspensi berkualitas hingga dapat mengimbangi laju kendaraan dengan maksimal.

Selain itu, kedua kakinya dilengkapi pula velg dan ban tapak lebar, jadi dengan otomatis meningkatkan kenyamanan pada saat berkendara. Pada  bagian lain, Yamaha membuat penampilan baru, baik itu di lini depan, tengah, belakang, bahkan sampai bagian dashboard, yang akan sangat menunjang pengendara motor. Untuk mengetahui lebih jauh simak penjelasan lengkapnya dalam Spesifikasi dan Harga Yamaha X-MAX 300 di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga Yamaha X-MAX 300

Mesin

Tipe mesin : Silinder tunggal, berpendingin cairan, 4-stroke, SOHC, 4-katup

Daya tampung mesin : 292cc

Diameter x Langkah : 70,0 milimeter x 75,9 milimeter

Perbandingan kompresi : 10,9: 1

Daya : 20,6 kW / 7.250 rpm (rotation per minute)

Tenaga : 29,0 Nm / 5.750 rpm (rotation per minute)

Strarter : elektrik

Sistem pelumasan : Basah

Sistem pembakaran : fuel injection

Transmisi

Tipe kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering

Pengoperasikan gigi : Otomatis

Dimensi

Panjang : 2.185 milimeter

Lebar : 775 milimeter

Tinggi keseluruhan : 1.415 milimeter

Berat : 179 kg

Jarak sumbu roda : 1.540 milimeter

Jarak terendah ke tanah : 135 milimeter

Daya tampung tangki : 13 liter

Rangka / Suspensi

Tipe Rangka : –

Suspensi Depan : Teleskopik

Suspensi Belakang : Lengan ayun dengan shockbreaker dual

Pengereman

Rem depan : Hidrolik disk tunggal,  267 milimeter

Rem belakang : Hidrolik disk tunggal, 245 milimeter (ABS)

Kelistrikan

Starter : Electric starter

Ban

Ban depan : 1 2 0 / 70-15

Ban belakang : 140 / 70-14

Review Yamaha X-MAX 300

Mengutamakan aerodinamika dalam mendesain bodi motor, Yamaha menyuguhkan penampilan matic ala Eropa dan mengadopsi DNA TMAX. hasilnya pada bagain depan, terpasang dual head-lamp yang di isi dengan lampu LED (Light Emitting Diode), dengan bekal lampu LED tersebut tentu bakal amat menunjang dalam menerangi jalan terutama saat berkendara  pada keadaan minim cahaya. Yamaha X-Max 300 juga menambahkan side panel bergaya boomerang yang berfungsi membelah angin dari bagian depan, hingga laju motor selalu terjaga pada kecepatan tinggi.

Dashboard Yamaha X MAX 300
Dashboard Yamaha X MAX 300

Pada bagian dashboard, produsen otomotif terkenal asal Jepang ini memberi LCD multifungsi. Didalamnya terdapat gabungan antara analog  pengukur kecepatan dan rpm (rotation per minute), sedangkan di bagian tengah terdapat panel LCD yang berperan memberi signal sisa bahan bakar, jam, tripmeter, dan masih banyak lainnya, dengan penampilan userfriendly dan mempunyai tingkat akurasi tinggi, yang membuat siapa saja pengendaranya dapat mengetahui dengan jelas  kondisi motor saat dikendarai.

Visor Yamaha X MAX 300
Visor Yamaha X MAX 300

Untuk melindungi pengendara dari terpaan angin dari bagian depan, dipasangkan pula visor dengan ukuran besar, disamping berfungsi melindungi, juga memberikan kesan mewah motor Yamaha X-Max 300. Lalu pada bagian tengah, tampilannya sama dengan yamaha N-MAX, yang memberi ruang gerak lebih luas, hingga pengendara bebas memposisikan kaki. Kerennya ,X-MAX 300 diperlengkapi pula dengan outlert 12v yang terletak pada panel sebelah kiri, yang dapat difungsikan sebagai alat pengisi daya, baik itu GPS, smartphone maupun lainnya yang  menggunakan colokan USB.

Pengisi Daya Yamaha X MAX 300
Pengisi Daya Yamaha X MAX 300

Masih dibagian tengah, terdapat lubang tangki BBM, layaknya motor laki-laki, pengendara tidak harus turun dari motor sewaktu mengisi bahan bakar.  Pada bagian smart key system keyless ignition pengendara diberikan akses menuju tangki bahan bakar, kompartemen penyimpanan, buka kemudi dan kursi. Canggihnya Yamaha memberikan remote control kendaraan  untuk mengunci kendaraan sewaktu diparkir cuma dengan menekan satu button saja.

Design Yamaha X-MAX 300

Pada bagian jok motor dibuat sangat nyaman karena tempat duduk dibuat bertingkat serta diperlengkapi dengan busa tebal, yang mendukung perjalanan jauh terasa lebih  nyaman tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Ditambah dimensi tubuhnya yang besar yang memiliki ukuran panjang 2185 mm, lebar 775 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.415 mm, menyisakan ruangan lebih pada bagian belakang, yang menjadikannya mempunyai bagasi ekstra luas, yang dapat menampung 2 helm full face dan beragam perlengkapan berkendara lainnya.

Sedangkan pada bagian paling belakang, stop-lamp diperlengkapi dengan lampu LED (Light Emitting Diode) yang hemat daya namun maksimal dalam pencahayaan, jadi cukup efektif dalam penggunaannya. Lanjut ke bagian kaki-kaki, terdapat suspensi teleskopik pada bagian depan dan unit swing dibagian belakang komplet dengan dua suspensi, yang dapat memberi keseimbangan tinggi.

Selanjutnya ada pula velg mempunyai ukuran 15 inch (depan) dan 14 inch (balakang) model tapak lebar, yang memantapkan anda melakukan manuver lincah di jalan raya.

Tak lupa di sisi pengereman, Yamaha membekali diri dengan double disc brake komplet dengan tehnologi ABS, dan TCS (traction control system) yang dapat mencegah ban belakang kehilangan traksi dengan mengurangi putaran roda waktu sensor mendeteksi slip, sehingga anda tidak perlu takut waktu melaju pada jalanan dalam keadaan basah. Terakhir, masuk ke sektor dapur pacu, mesin tipe silinder tunggal, 4 stroke, 4 katup dengan mesin 292 cc dibenamkan pada bagian mesin, dengan membawa rasio kompresi 10,9 : 1.

Mesin Tamaha X-300 dapat menyemburkan power maksimal sebesar 20,6 kW pada putaran mesin 7.250 rpm dan tenaga sebesar 29.0 Nm pada 5.750 rpm. Sehingga, pemakai dimungkinkan mendapatkan top speed cuma dalam hitungan detik saja. Walaupun tenaga yang dialirkannya termasuk besar, namun penggunaan bahan bakar tetaplah terjaga dengan kata lain hemat, pasalnya seperti matic terlebih dahulu, pihak Yamaha melengkapinya dengan tehnologi mutakhir di sistem suplai bahan bakar berupa fuel injection.

Harga Yamaha X-MAX 300

Daftar Harga Yamaha X-MAX 300

Yamaha X-300 secara  resmi memang telah dikenalkan di pasar, namun untuk sementara ditujukan bagi pasar Eropa, dan cukup disayangkan soal harga Yamaha X-MAX 300 belum terdengar berapa harga yang nantinya berlaku di Indonesia. Namun kalau melihat daya tampung mesin yang dibawanya, kemungkinan besar Yamaha bakal melepas motor matic terbarunya pada angka jual IDR.100 juta-an  atau bisa lebih dari apa yang kami perkirakan.

Mengingat spesifikasi yang dibawanya benar-benar mumpuni, kuat serta mutakhir, jadi layak bila kedepannya harga Yamaha X-MAX 300 dilepas dengan harga  tinggi. Apalagi Yamaha X-300 didukung desain mewah dan berkelas, yang membuatnya kian menawan serta menggoda bagi para rider. Apakah anda tertarik untuk memilikinya? Tapi ada kemungkinan lain, kalau versi 300cc ini bakal beralih kapasitasnya jadi 250cc waktu masuk ke tanah air.