Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Mudah Dan Nyaman

 Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Mudah Dan Nyaman

Duniahobiku.com – Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Mudah dan Nyaman merupakan hal penting dipelajari sebelum anda memelihara hewan yang lucu dan menggemaskan ini. Kandang adalah bagian penting karena merupakan rumah bagi kelinci selama dalam pengawasan kita. Kandang yang bersih dan sehat akan membuat kelinci merasa nyaman dan juga sehat. Bagaimana cara membuat kandang kelinci yang mudah dan sederhana? Simak terus untuk menemukan berbagai model kandang kelinci yang bisa menjadi inspirasi buat anda dirumah.

Kelinci termasuk hewan yang hidup berkoloni atau pun individu tetapi kebanyakan kelinci hewan hidup secara berkoloni, kelinci dulunya banyak hidup di daratan Eropa dan Afrika, dan saat ini banyak yang membudidayakan binatang yang satu ini karena bentuknya yang lucu dan daging kelinci pun enak untuk dikomsumsi. Kelinci bisa kita temui di belahan bumi mana saja dan sampai di kutub utara pun bisa kita jumpai namanya kelinci kutub.

Salah satu faktor penting dalam beternak kelinci ialah menyiapkan kandang terlebih dahulu sebagai tempat berlindung kelinci dari panas dan hujan ada hal dan faktor penting dalam pembuatan kandang kelinci yaitu menentukan lokasi yang cocok,ukuran kandang dan ukuran kelinci, lantai kandang dan tempat pakan minum tak lupa kotak sangkar atau tempat melahirkan buat induk betina.

1. Lokasi Kandang Kelinci

Penempatan kandang kelinci yang baik sebaiknya melihat arah matahari pagi yang cukup dan menyinari kandang, selain untuk kesehatan kelinci juga untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit kelinci.  Pastikan tempat dan lahan kering dan lebih baik lagi jika memiliki rumput hijau disekitar kandang, pastikan kandang memiliki ventilasi udara yang cukup untuk bernapas dan juga tidak terlalu jauh dengan rumah anda.

Suhu yang bagus di lingkungan kandang sekitar 15-20 derajat celcius, kelembaban 60% - 90% dan sebaiknya lokasi kandang dekat atau tempatkan di bawah pepohonan rimbun agar kelinci merasa sejuk dan nyaman tetapi pastikan terkena matahari pagi.

Ventilasi udara yang cukup akan memberikan kehangatan dan pendinginan pada kelinci sehingga kelinci dapat bernafas lebih lega dan udara bisa keluar masuk dengan bebas.

2. Pembuatan Kandang Kelinci Di Dalam Ruangan

Bagi para pemelihara kelinci hias pastinya mereka akan menempatkan kandang kelinci mereka di dalam rumah. Begitu juga para peternak yang memiliki kelinci dalam jumlah besar cenderung akan menempatkan kandang kelinci potong mereka di ruangan untuk memudahkan perawatan dan pengawasan.

Pembuatan Kandang Kelinci Di Dalam Ruangan

Pembuatan kandang di dalam ruangan sebaiknya tidak usah mengunakan atap lagi sebagai gantinya di buat jaring saja agar ventilasi udara pada kandang cukup. tapi jika anda tidak ingin membuat atap kelinci dengan jaring buatlah dengan terbuka dan buat lagi setinggi 80 cm agar kelinci tidak melompat ke atas.

Jika anda di rumah mempunyai hewan peliharaan lain seperti anjing dan kucing ada baiknya di buatkan pengaman jarring, jangan di biarkan terbuka. Dan sebaiknya jauhkan kandang kelinci dengan hewan peliharaan lainnya. Kelinci yang sering kaget dan ketakutan bisa membuat kelinci mengalami stress.

3. Kandang Kelinci Di luar Ruangan

Pembuatan kandang di luar ruangan haruslah memerlukan atap dan dinding yang cukup rapat serta kokoh agar aman dari terpaan angin, Sinar matahari langsung dan bebas dari hewan buas yaitu anjing ,ular dan lain-lain.

Untuk pembuatan kandang kelinci di luar sebaiknya gunakan kandang berbentuk pangung dengan kayu maupun besi dengan tinggi sekitar 60-100 cm.

Kandang Kelinci Di luar Ruangan

Dalam kandang kelinci bisa di bedakan menjadi 2 yaitu kandang berbentuk koloni dan individu, kandang  individu hanya satu kandang di huni oleh 1 kelinci dan kelinci pada kandang koloni untuk menempatkan  semua kelinci dalam 1 lahan. Kandang koloni juga berfungsi untuk mengisolasi kelinci yang sedang sakit terutama penyakit menular seperti diare, scabies, dll.

Pembuatan kandang panggung sebaiknya di buat bertingkat dan sediakan tempat pembuangan kotoran dan tempat penampungan air seni yang langsung terbuang dengani tujuan agar kotoran tidak jatuh ke dalam kandang di bawahnya.

Ada 2 cara di gunakan dalam pembuatan kandang kelinci koloni dengan mengunakan bata tembok dan dengan pagar bambu atau kayu.  Namun alngkah baiknya mengunakan bata atau tembok. Takutnya kalau mengunakan bambu atau kayu di pastikan kelinci akan mengali tanah dan keluar dari batas yang telah dibuat..

4.  Kandang Kelinci Berpindah Pindah

Kandang yang satu ini memang bisa di dapatkan dengan cara membeli di toko khusus ternak biasanya kandang kelinci ini di gunakan oleh kelinci hias lainnya seperti angora, lion head dan lain lain. kandang ini memang tergolong praktis karena anda bisa membawa ke mana mana hewan kelinci anda tanpa takut kelinci anda kelaparan di rumah atau di ganggu hewan lain.

Kandang Kelinci Berpindah Pindah

5. Cara Membuat Kandang Kelinci

Dalam pembuatan kandang tentukan desain kandang terlebih dahulu agar dapat sesuai dengan skesta rancangan anda. dalam pembuatan kandang kelinci bisa mengunakan kayu, bambu ataupun besi.

Pembuatan kandang kelinci berbentuk panggung sebaiknya diberi jarak, Jangan langsung bersentuhan langsung ke tanah dan buatlah kandang cukup tinggi supaya kelinci aman dan dapat berdiri dengan nyaman. Dalam pembuatan kandang ada baiknya di buat lebih tinggi 4 kali dari besar tubuhnya.

Apabila anda hanya memilki kelinci dalam jumlah kecil dan ingin membuat kandang untuk ukuran kelinci dewasa. Bisa memakai patokan berikut, untuk 2 ekor kelinci anda bisa membuat kandang dengan ukuran 120 x 75 x 40 cm untuk kelinci agak besar bisa juga menggunakan ukuran 180 x 75 x 50 cm.

Dalam pembuatan kandang sebaiknya buatlah pintu kandang agak lebih besar supaya memudahkan kelinci untuk keluar masuk. Ukuran pintu idealnya kira-kira 35 x 40 cm, dan buatlah sesuai kebutuhan dan ekonomis dengan mengggunakan triples, kawat, baja ringan, dll.

6. Pembuatan Lantai Kandang Kelinci

Pembuatan lantai kandang kelinci bisa di buat dengan mengunakan kayu ataupun bambu dan jaring kawat jika lantai kandang langsung menghadap tanah ada baiknya gunakan semen dan bata, dan pastikan kandang aman dari genangan air. Umumnya kelinci tidak bisa tumbuh baik dengan kondisi lingkungan lembab dan basah yang bisa menimbulkan berbagai masalah penyakit pada kelinci.

Pembuatan lantai mengunakan semen sebaiknya menggunakan saluran pembuatan air seni pada kelinci dan pastikan kandang selalu kering.

Jika anda membuat lantai kandang kelinci dari kayu, bambu, besi, berilah jarak sekitar 2-3 cm agar air seni pada kelinci bisa terbuang dan tidak tertampung.

Lantai kandang kelinci yang mengunakan kawat ada baiknya gunakan alas selang seling dengan kayu ataupun bambu agar tidak menyakiti kaki kelinci dan merusak bulu kelinci, berikan celah agar air seni keluar agar kandang tidak lembab.  Anda bisa mengggunakan jerami kering sebagai alas kawat pada kandang.

8. Tempat Makan Dan Minum Kelinci

Ada banyak bentuk tempat pakan dan minum kelinci yang tersedia di pasaran. bahan-bahan dan ukurannya pun beraneka ragam ukuran tempat pakan kelinci sebaiknya memilki kedalaman 7,5 - 10 cm dengan panjang 15-20 cm sesuaikan dengan tempat kandang yang anda miliki.

Wadah minum kelinci bisa anda beli di toko petshop atau pasar hobi di kota anda sedangkan wadah tempat pakannya bisa anda buat dengan barang bekas sekitar anda, wadah bisa anda buat dengan kaleng wadah plastik bambu dan lain lain ‘

Biasakan wadah makanan dan air minum di tempatkan di sudut kandang tujuan agar tidak menganggu gerak pada kelinci. Wadah pakan dan minum sebaiknya mudah untuk di bongkar pasang. Wadah air minum haruslah selalu di cek agar aman dari lumut, bersihkan setiap hari tempat pakan dan minum untuk menghindari penularan penyakit.

Contoh Dan Desain Kandang Kelinci

Berikut ini terdapat beberapa contoh pembuatan kandang kelinci yang bisa anda tiru dan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda.

1. Desain kandang Kelinci Campuran Kayu Dan Kawat

Desain kandang Kelinci Campuran Kayu Dan Kawat

2. Desain Kandang Kelinci Bertingkat Di luar Mengunakan Kayu Dan Kawat

Desain Kandang Kelinci Bertingkat Di luar Mengunakan Kayu Dan Kawat

3. Desain Kandang Kelinci Bongkar Pasang Pintu

Desain Kandang Kelinci Bongkar Pasang Pintu

4. Desain Kandang Kelinci Hias Dari Kawat

Desain Kandang Kelinci Hias Dari Kawat

Semoga artikel Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Mudah Dan Nyaman dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan.