Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Ikan Mujair Santan Pedas

 Resep Masakan Ikan Mujair Santan Pedas

Duniahobiku.com - Resep masakan ikan mujair santan pedas, pernah mencobanya ? Ikan merupakan makanan yang kaya akan sumber protein yang cukup tinggi. Ikan di kelompokan menjadi dua jenis, yakni ikan air tawar dan ikan laut. Keduanya memiliki gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Ikan mujair merupakan sejenis ikan yang hidup di air tawar dan sekilas tampilannya mirip dengan ikan nila. Ikan ini cukup kenyal dan gurih rasanya, tetapi durinya lumayan banyak.

Berbagai jenis olahan makanan yang berbahan dasar ikan sangat banyak dan bermacam-macam. Salah satunya ikan mujair dapat diolah menjadi aneka masakan, seperti disambal maupun disantan. Jika anda ingin menyantap ikan jenis ini dengan cara digoreng, alangkah baiknya di goreng hingga kering dan renyah supaya duri-durinya bisa kita kunyah.

Dalam artikel ini duniahobiku.com akan membagikan resep masakan dari ikan mujair dengan santan dan akan kita masak sedikit pedas agar menggugah selera. Berikut ini adalah resep untuk membuat ikan mujair masak santan pedas.

Bahan-bahan :

2 ekor mujair (ukuran 500 -700 gr) bersihkan lalu potong sesuai selera

500 ml santan

1 buah jeruk nipis

Garam secukupnya

Bumbu yang di haluskan :

5 siung bawang putih

8 butir bawang merah

2 ruas kunyit

2 buah cabai merah

5 butir kemiri yang sudah disangrai

7 buah cabai keriting di rebus

2 butir bawang merah besar di rebus             

1 ruas jahe di goreng

1 ruas kunyit di goreng

¼ sendok teh jintan

Bumbu lain sebagai pelengkap :

2 lembar daun salam

1 batang sereh

2 butir kapulaga

1 ruas lengkuas di geperek

Gula merah secukupnya

Garam dapur secukupnya

Cara memasak ikan mujair santan pedas :

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu bumbui/lumuri ikan yang sudah di bersihkan tadi dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sampai meresap. kemudian bilas dengan air bersih dan tiriskan.

2. Goreng ikan mujair sampai kering dan sisihkan.                    

3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan hingga harum, masukan daun salam sereh, kapulaga, dan lengkuas kemudian aduk sampai merata.

4. Tuangkan santan, sambil sembari diaduk agar santan tidak pecah sampai mendidih. Tambahkan gula merah dan garam, setelah itu cobain dahulu rasanya sebelum ikan munjairnya di masukkan, setelah Anda icip-icip dan rasanya sudah pas dilidah.

5. Barulah si ikan meluncur masuk ke dalam kuah santan lalu diaduk dan diamkan sebentar lalu angkat dan sajikan di mangkuk.

6. Biar tambah nikmat, taburi bawang goreng dan nikmati ikan munjair kuah santan pedas bersama keluarga tersayang.

Demikian resep masakan ikan mujair santan pedas. Semoga menjadi referensi ada dalam mengolah ikan mujair. Selamat mencoba!