Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perawatan Ikan Arwana Sehari-Hari Yang Tepat Untuk Pemula

Perawatan Ikan Arwana Sehari-Hari Yang Tepat Untuk Pemula

Duniahobiku.com  – Perawatan ikan arwana sehari-hari  perlu diketahui oleh para pemula yang berniat memelihara ikan arwana mengingat harga ikan arwana lumayan mahal bahkan jenis tertentu seperti super red bisa berharga hingga puluhan juta rupiah. Semua pecinta ikan pasti setuju bahwa ikan Arwana adalah ikan yang sangat gagah, cantik, anggun dan juga eksotis. Apalagi ada banyak jenis ikan Arwana yang bisa anda koleksi, seperti misalnya ikan arwana merah atau super red, ikan arwana platinum, arwana jardini, dan masih banyak lainnya. Nah, jika anda suka dengan ikan arwana, tentu saja ada beberapa kiat perawatan ikan arwana yang harus anda ketahui, terutama jika anda adalah seorang pemula.

Perawatan Air Akuarium

Anda harus sering-sering memeriksa kondisi kebersihan media filter pada akuarium yang digunakan seperti halnya, biofoam, kapas, zeolit dan juga karbon aktif. Kemudian, jangan lupa untuk mengganti air sekitar 1/4 dengan air yang baru yang sudah didiamkan selama beberapa jam agar khlor mengendap. Tambahkan juga aerator agar kandungan oksigen di dalam air bisa meningkat.

Selain itu, tugas anda selanjutnya adalah memastikan bahwa akuarium bisa bersih dari kotoran termasuk sisa pakan. Untuk hal ini, anda bisa menggunakan filter. Suhu air akuarium juga harus dicek secara berkala dengan suhu air yang ada di tempat penampungan. Tempat penampungan air akan sangat baik jika ditambah dengan aerasi atau gelembung udara.

Perawatan lainnya yang harus anda lakukan adalah rajin membersihkan kaca akuarium. Hal ini penting supaya tidak ada lumut atau kerak di bagian kaca akuarium. Semua peralatan akuarium juga harus diperiksa secara rutin untuk tahu apa masih bisa berfungsi secara optimal atau tidak. Pastikan bahwa suhu air akuarium dengan suhu air penampungan tidak jauh berbeda. Jangan sampai kedua tempat tersebut memiliki suhu yang berbeda bahkan lebih dari 1 derajat celcius yang akan membuat ikan malah stress dan sakit.

Ketika mengganti air, air yang dimasukkan dalam akuarium harus dilakukan secara hati-hati, pelan-pelan, dan tidak terlalu deras agar ikan tidak stress.

Pemberian Pakan

Perawatan ikan arwana yang tak kalah pentingnya adalah ketika memberi pakan. Anda bisa memberikan super worm, kelabang, jangkrik, udang air tawar, katak, cicak atau lainnya termasuk pakan buatan. Memberi makanan juga harus disesuaikan dengan ukurannya. Jika ikan yang anda pelihara tersebut berukuran 12 sampai 20 cm, maka sebaiknya beri jangkrik sebanyak 4 atau 5 ekor.

Kemudian, anda sebaiknya memberi makanan yang bervariasi supaya ikan arwanan tidak kehilangan nafsu makan serta stress karena mogok makan. Jika anda ingin memberikan jangkrik sebagai pakan hidup, sebaiknya potong terlebih dahulu kaki belakang jangkrik. Buang bagian tubuh  yang tajam pakan hidup yang ingin diberikan supaya tidak melukai ikan arwana anda. Memberi pakan yang sedikit dan sangat sering lebih baik daripada memberi sekaligus dalam jumlah banyak.

Perawatan Kesehatan

Akan lebih baik jika anda sering malakukan pemeriksaan seperti perilaku serta fisik ikan arwana atau perubahan lainnya yang terjadi misalnya tidak mau makan, menggosok-gosok badan di dasar akuarium, ekor rusak, atau warna pudar, maka lakukan perawatan ikan arwana dengan sesegera mungkin. Jangan membiarkan ikan jika sudah tampak tidak sehat. Anda sebaiknya segera memberikan obat dengan dosis yang sesuai ketika menangani ikan arwana yang sakit.

Ikan arwana anda juga membutuhkan pemberian multivitamin yang rutin supaya tampak aktif, sehat, dan intensitas warna tubuhnya tampak optimal. Jika ikan arwana anda dalam keadaan yang aktif dan fit, sebaiknya tidak perlu menggunakan heater. Suhu thermometer juga harus di kisaran 33 derajat celcius atau tidak kurang dari 25 derajat celcius.

Nah itulah beberapa informasi tentang perawatan ikan arwana sehari-hari yang harus anda ketahui jika ingin belajar memelihara ikan arwana terutama bagi pemula, semoga membantu!