Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Anjing Microphthalmia Bisa Mengakibatkan Kebutaan

 

Penyakit Anjing Microphthalmia Bisa Mengakibatkan Kebutaan

Duniahobiku.com - Apa yang dimaksud microphthalmia? Ini adalah penyakit genetik yang diwariskan dari satu atau kedua orang tua yang membuat anjing terlahir dengan mata kecil dan menyebabkan penglihatan menjadi kurang baik bahkan mengalami kebutaan. microphthalmia itu juga bisa terjadi jika anjing diberikan obat tertentu selagi hamil.

Microphtalmia menyebabkan perkembangan mata tidak bersamaan dengan perkembangan atau  pertumbuhan kepala dan akan tampak lebih kecil dari seharusnya. Anjing yang terkena microphthalmia memiliki kelopak mata ketiga yang menonjol dan mata kecil yang tersembunyi di rongga mata (enophthalmos). Sebuah kecacatan pada awalnya dimana mata anjing lebih kecil dari mata normal (microphthalmia). Microphthalmia sering dikaitkan dengan kelainan mata lainnya, termasuk cacat kornea , lensa  dan atau  retina.

Penyakit Anjing Microphthalmia

Microphthalmia dengan beberapa cacat (disgenesis okular) sering terlihat pada anjing dengan cacat bulu yang jumlah warna bulu  putih yang berlebihan. Warna mata biasanya berbeda. Pendengaran anjing agak tuli adalah merupakan sindrom penyakit ini. Anjing yang menderita microphthalmia akan mengalami kebutaan total dan akan mengalami beberapa gangguan mata lainnya seperti katarak. Struktur internal mata juga tidak normal sehingga sedikit yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Gejala dan Jenis microphthalmia

Dokter hewan dapat menentukan microphthalmia melalui analisis genetik dan bisa kelihatan dalam penampilan anjing, juga mungkin tidak ada gejala sampai timbulnya sinyal kebutaan. Tahapan penyakit, ada beberapa yang lebih jelas daripada yang lain yang kemudian terlihat jelas pada akhirnya.

Microphthalmia adalah kondisi di mana bola mata kelihatan lebih kecil daripada  normal; anophthalmia, di mana bola mata yang normal cekung di rongganya; anterior mineralisasi stroma kornea yaitu jaringan kornea yang telah menjadi mineral yang menunjukkan seperti lapisan awan di atas mata ini diakibatkan lipatan retina di mana dua lapisan retina tidak terbentuk baik bersama.

Penyebab microphthalmia

Penyebab lainnya adalah infeksi dalam rahim, kekurangan vitamin A, toksisitas obat dan terkena penyakit genetik lainnya seperti encephalomyelopathy.

Diagnosa microphthalmia

Kondisi ini jelas dalam anak anjing setelah mata mereka telah membuka dan bulu putih yang berlebihan  atau albino atau menuju bulu putih yang berlebihan. Mata yang terkena lebih kecil dari biasanya dan tampak tersembunyi. Kelopak mata ketiga akan lebih menonjol. Dengan disgenesis mata, penglihatan sering terganggu.

Pengobatan

Dasar cacat tidak dapat diobati.

Menjaga kelangsungan Hidup Anjing

Anjing sangat baik dalam menggunakan indra penciuman dan pendengaran ini dapat mengkompensasi kerusakan visi anjing. Apabila anjing di lingkungan yang di kenal dan akrab kerusakan visi bisa terkompensasi. Untuk membantu anjing jagalah lingkungannya dalam keadaan konsisten hindarilah memindahkan alat alatnya dan perabot  kalau harus buatlah secara bertahap.

Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi dalam merawat anjing yang mengalami penyakit Microphthalmia dan butuh waktu untuk anjing dan anda menyesuaikan dengan keadaan lingkungan.