Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pare untuk Kesehatan Dibalik Rasanya Yang Pahit

 Manfaat Pare untuk Kesehatan Dibalik Rasanya Yang Pahit

Duniahobiku.com - Manfaat pare untuk kesehatan ternyata sangat banyak namun beberapa kalangan membuat pandangan negatif terhadap salah satu jenis sayuran ini. Pare selama ini dikenal sebagai sayuran yang tidak banyak difavoritkan karena rasanya yang pahit. Meskipun sudah dimasak dan dicampur dengan berbagai macam bahan tambahan, pare tetap memiliki rasa pahit yang sulit dihilangkan. Akan tetapi di balik rasanya yang pahit dan tidak terlalu enak, pare menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Pare diketahui mengandung zat-zat anti inflamasi, anti jamur, antibiotik, anti alergi, antivirus, anti parasit, dan ada salah satu zat yang berfungsi sebagai ekspektoran.

Khasiat Pare Bagi Tubuh

Meskipun tanaman ini dimasukkan dalam jenis sayuran tetapi tanaman ini termasuk dalam golongan buah. Dengan rasa pahitnya yang khas, pare bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Pare telah diketahui mengandung charntin yang berupa peptida. Peptida di sini memiliki peran yang menyerupai insulin yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Manfaat pare yang lain adalah pare bisa membantu mengobati sakit wasir. Jus pare yang diminum oleh penderita wasir terbukti bisa membantu meredakan gejala-gejala wasir. Hanya saja penggunaan pare sebagai jus sepertinya tidak terlalu diminati karena rasanya yang sangat pahit.

Pare bisa dikonsumsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diketahui bahwa pare memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini yang nantinya akan membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang kalau tertimbun di tubuh bisa membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit. Kandungan antioksidan dalam pare ini juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa dalam sayur pare terdapat zat yang berfungsi sebagai anti tumor dan anti karsinogenik.

Dalam daging sayur pare, ditemukan kandungan berupa anti histamin, supresan, anti inflamasi, ekspektoran, dan antivirus yang terbukti bisa membantu meringkankan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Penyakit pernapasan yang dimaksut antara lain adalah asma, bronchitis, rhinitis, dan lain sebagainya. Penderita penyakit pernapasan ini bisa melakukan konsumsi pare secara rutin sebelum tidur supaya bisa membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan selama tertidur.

Manfaat Air Pare Untuk Wajah dan Kulit

Bukan hanya untuk dikonsumsi, pare juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk meredakan dan mengobati penyakit kulit karena adanya infeksi jamur. Contohnya, pare bisa dijadikan salep oles untuk kulit yang terkena kadas, kurap, panu, dan lain-lain. Sifat anti jamur yang dimiliki pare bisa membantu membasmi jamur-jamur yang membuat kulit terinfeksi. Jadi, sudah jelas kalau pare memiliki banyak manfaat meskipun memiliki rasa pahit yang kuat. Untuk merasakan sendiri manfaat pare, maka tidak ada salahnya kalau mulai dari sekarang melakukan konsumsi pare secara rutin.

Semoga artikel Manfaat Pare untuk Kesehatan Dibalik Rasanya Yang Pahit dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang berbagai jenis sayur dan buah yang ada di Indonesia.