Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh

 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh

Duniahobiku.com  – Buah kesemek merupakan salah satu jenis buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan yang tak kalah dengan buah-buahan lainnya. Mengkonsumsi buah kesemek secara rutin dapat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit, karena buah ini memiliki kandungan vitamin yang beragam seperti vitamin, beta-karoten, karbohidrat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, serat dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh

Semua kandungan tersebut mampu mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit seperti berikut ini:

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

buah kesemek memiliki kandungan yang sangat berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (LDL).

Manjaga daya tahan tubuh

Tingginya kandungan vitamin C yang dimiliki buah kesemek sangat baik bagi tubuh sehingga dengan mengkonsumsinya  akan  membuat kita terhindar dari serangan virus yang dapat menyebabkan influenza.

Melancarkan system pencernaan

Mengkonsumsi buah kesemek secara rutin pada saat mengalami susah buang air besar, dipercaya dapat membantu dalam mengurai makanan di dalam usus sehingga buang air besar menjadi lancar.

 

Membantu dalam menurunkan berat badan

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kesemek, ternyata sangat ampuh dalam  membakar lemak di dalam tubuh sehingga lemak dalam tubuh dapat berkurang. Selain itu, kandungan serat alaminya mampu melancarkan system pencernaan sehingga buang air besar menjadi lancar dan mencegah lemak menumpuk pada usus yang dapat menyebabkan kegemukan.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah  tinggi dapat memicu stroke yang dapat berakibat mengalami kelumpuhan pada organ tubuh, karena mengalami penyempitan pada pembuluh darah. Akan tetapi semua itu dapat di cegah dengan mengkonsumsi buah kesemek secara rutin hingga tekanan darah kembali normal, hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan kalium yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat di dalam buah kesemek, sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah tanda penuaan

Buah kesemek kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah tanda penuaan pada kulit seperti keriput, garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya. Selain itu, kandungan vitamin C yang di miliki buah kesemek dapat mencegah dan mengobati jerawat yang membandel.

Mengatasi asam urat

Mengkonsumsi buah kesemek secara rutin setiap hari dapat mengurangi produksi asam urat berlebih yang dapat menimbulkan rasa sakit pada pergelangan tangan dan kaki, sehingga rasa sakit akan berkurang secara perlahan.

Mencegah kanker

Kandungan vitamin C di dalam buah kesemek dapat berfungsi sebagai antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat dengan cepat menangkal serangan radikal bebas dan membunuh sel kanker di dalam tubuh.

Demikianlah informasi mengenai manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.