Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kota Penghasil Batu Intan di Martapura, Kalimantan

 Kota Penghasil Batu Intan  di Martapura, Kalimantan

Duniahobiku.com- Salah satu tempat yang terkenal akan sumber batu permata terbaik di dunia terdapat di Indonesia tepatnya di Martapura, di Kalimantan Selatan. Jenis batu yang terkenal di Kalimantan adalah jenis batu intan atau yang lebih kita kenal dengan nama berlian.

Selain itu, Kalimantan juga terkenal dengan banyak ditemukannya jenis batu akik kucubung yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu, Indonesia sendiri terkenal dengan kekayaan alam dan hasil batuannya yang memiliki harga jual yang sangat tinggi baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Jenis batu yang banyak ditemukan diberbagai daerah diindonesia memiliki yang berharga jika dijadikan sebagai perhiasan, bahan baku bangunan dan industri kerajinan yang peminatnya semakin lama semakin meningkat.

Kalimantan merupakan provinsi penghasil bebatuan yang sangat terkenal akan jenis batu permatanya, seperti salah satunya yaitu Martapura yang merupakan salah satu tempat penghasil batu intan yang terbaik yang ada diwilayah Kalimantan Selatan.

Pasar Intan Martapura

Pasar Intan Martapura

Didaerah Martapura juga terdapat pasar intan yang menjual berbagai jenis intan, baik jenis intan yang belum diolah ataupun yang sudah menjadi perhiasan. Harga yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah sampai puluhan juta rupiah. Tergantung dari jenis, kualitas dan kelangkaan batu intan itu sendiri.

Bagi sebagian orang, keindahan dari berbagai jenis batu permata yang terdapat di Kalimantan ini sering dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Coba anda bayangkan saja, jenis batu permata yang dijual di Martapura sekitar Rp. 100.000 jika dijual dipulau Jawa harganya bisa mencapai hingga 500 – 1 jutaan, tergantung dari kualitas dan keunikan batu itu sendiri. Maka tak heran jika banyak penjual atau pengrajin batu permata yang sukses dan memiliki penghasilan yang sangat besar dari bisnis batu ini.

Namun sayangnya, harga yang murah itu dapat membuat kualitas batu intan menurun. Jika dilihat dari cara pengolahan atau penggosokannya memang masih banyak yang menggunakan cara tradisional, sehingga banyak konsumen yang menjadi kurang tertarik dengan bebatuan berharga yang ada di Indonesia.

Sebenarnya berbagai jenis bebatuan atau batu permata di Indonesia merupakan salah satu jenis bebatuan yang termasuk kedalam jenis bebatuan terbaik didunia, akan tetapi konsumen dari mancanegara bukan tertarik dari batu yang sudah menjadi perhiasan, tetapi jenis batu yang masih berbentuk bongkahan yang natinya bongkahan batu tersebut diolah dengan cara yang modern yang berteknologi tinggi, sehingga memiliki kualitas yang lebih baik lagi dan pastinya memiliki harga jual yang lebih tinggi dari harga jual didalam negeri kita sendiri.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika batu permata yang kita hasilkan dapat diolah dinegeri kita sendiri dengan cara pengolahan yang lebih modern. Sehingga kualitas intan kita bisa tembus ke pasar intan didunia dengan harga jual yang lebih tinggi.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan mengenai jenis batu intan di Kalimantan khususnya di daerah Martapura.