Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandang Kucing yang Ideal untuk Ternak Kucing

 Kandang Kucing yang Ideal untuk Ternak Kucing

Duniahobiku.com - Jika cat lover memutuskan untuk menjadi pembiak kucing, tidak perlu khawatir memiliki banyak kucing akan membuat kesehatan kucing kurang diperhatikan. Sebenarnya kesehatan kucing bergantung kepada tempat tinggal kucing.

Mengapa kesehatan kucing bergantung kepada tempat tinggal kucing?

Untuk cat lover yang memutuskan untuk menempatkan kucing di dalam kandang, alangkah lebih baiknya jika kandang kucing juga dirawat dan diperhatikan. Seorang dokter hewan menyebutkan bahwa kesehatan kucing bergantung kepada pemilik mengkondisikan kandang kucing dengan sebaik baiknya. Adapun hal yang harus di perhatikan adalah :

Kebersihan kandang merupakan yang paling utama yang harus di perhatikan. Jika kandang kucing bersih maka kesehatan kucing pun akan selalu dalam kondisi yang baik. Begitu juga sebaliknya, jika sang pemilik tidak memperhatikan kebersihan kandang, dikhawatirkan kesehatan kucing pun akan bermasalah. Karena dengan kandang yang kotor, segala bakteri dan virus akan menempel dikandang dan  menyebar ke kucing. Sebaiknya para peternak kucing membersihkan ruangan minimal 2 kali dalam sehari. Jangankan untuk kucing, sebagai seseorang yang selalu mengidamkan hidup sehat, tentunya yang pertama di perhatikan adalah kebersihan lingkungan kita. Begitu juga dengan kucing karena kucing pun mahluk hidup yang pastinya ingin selalu sehat dan selalu berada dengan pemiliknya

Sirkulasi udara, ruangan yang digunakan untuk beternak lebih baik memiliki sistem sirkulasi yang baik juga. Karena kucing membutuhkan udara yang bersih setiap harinya. Untuk membantu sirkulasi udara hendaknya ruangan yang akan dipakai untuk tempat tinggal kucing memiliki minimalnya 1 buah jendela untuk pergantian udara. Disamping itu sebaiknya ruangan dilengkapi dengan exhaust berguna untuk menyerap bau didalam ruangan. Bau tidak akan menyebar keluar ruangan dan kesehatan akan terjaga baik di dalam kandang maupun di luar kandang. Ataupun mempergunakan pendingin ruangan untuk yang akan beternak kucing di daerah yang panas.

Cahaya yang cukup. Kebutuhaan cahaya dalam ruangan pun tidak kalah pentingnya. Sebaiknya ruangan yang digunakan untuk ternak kucing mendapatkan cahaya yang cukup.

Memberikan kandang dengan ukuran yang cukup besar agar kucing lebih leluasa untuk bergerak.

Mencuci kandang, usahakan lebih sering mencuci kandang. Agar tidak ada bekas minyak dan bulu pada kandang yang menempel.

Memberikan alas pada kandang, tentunya alas yang bisa membuat kucing terasa nyaman.

Tetapi usahakan jangan setiap hari menempatkan kucing di dalam kandang. Buatlah jadwal bermain dengan kucing di luar ruangan pada saat tertentu.  Karena kucing pun ingin bermain dan tidak ingin selalu berada di dalam kandang.

Jika cat lover merasa kewalahan untuk merawat kucing banyak, cat lover dapat mencari catboy untuk meringankan cat lover dalam merawat kucing dalam jumlah yang banyak.