Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Madu Asli Murni Tanpa Campuran

 Ciri-Ciri Madu Asli Murni Tanpa Campuran

Duniahobiku.com - Ciri-ciri madu asli/murni tanpa campuran dan bagaimana cara membedakan madu asli dengan yang palsu banyak dipertanyakan oleh masyarakat. Madu memang banyak memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan ataupun bagi kecantikan kulit. Akan tetapi, hanya madu murnilah yang memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jika anda sulit membedakan antara madu murni dan madu palsu, maka artikel berikut ini akan membantu anda mengenali ciri-ciri madu asli.

Untuk mengetahui kualitas madu asli memang dibutuhkan ketelitian, jadi tak hanya cukup dilihat dari botol ataupun tampilan warnanya saja. Seperti memiliki warna kuning cerah akan tetapi hal inipun tidak dapat menjamin keaslian madu tersebut. Karena sekarang banyak pedagang atau penjual nakal yang ingin meraup keuntungan dengan mengoplos atau pun membuat madu sintesis mengingat harga madu asli tanpa campuran cukup mahal.

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan dari nektar bunga yang telah diolah oleh hewan yang disebut lebah, sedangkan rasa manis pada madu tersebut berasal dari zat glukosa. Tapi perlu di ketahui juga ya, tidak semua madu memiliki rasa manis seperti madu hitam. Walaupun tidak memiliki rasa manis akan tetapi khasiatnya dari madu hitam memang tidak dapat diragukan lagi.

Nah yang jadi pertanyaannya bagaimanakan mengetahui ciri-ciri madu asli? Berikut ini akan kami uraikan cara mengetahui madu asli, langsung saja disimak :

7 Ciri-ciri Madu Asli Untuk Membedakan Madu Asli dengan Palsu

Tidak Berbuih / Endapan pada Botol

Perhatikan pada bagian dasar atau bawah botol tempat madu diletakkan jika tidak terdapat endapan atau buih maka bisa dipastikan madu tersebut asli. Jika terdapat buih pada endapan tersebut ada kemungkinan madu tersebut telah diletakan pada wadah terbuka serta telah mengalami proses fermentasi.

Tetesan Madu Asli tidak Terputus

Coba masukan benda kedalam botol atau wadah yang bersisi madu, lalu angkat atau tarik benda tersebut. Jika madu tidak terputus-putus maka bisa dipastikan madu tersebut asli, sedangkan jika terputus-putus maka dapat dipastikan madu tersebut palsu.

Tidak Tembus Kertas

Ciri atau tanda madu asli berikutnya yaitu memiliki tekstur kental dan memiliki kandungan air yang sangat sedikit. Caranya yaitu coba teteskan beberapa tetes madu pada kertas tipis, jika madu tersebut tidak menetes atau tidak tembus seperti air maka madu tersebut asli.

Saat Dipanaskan Tidak Berbuih Tapi Bergelembung

Coba panaskan madu jika madu tersebut berbuih seperti air mendidih makan dapat dipastikan madu tersebut palsu karena dicampur dengan gula. Sedangkan madu asli jika dipanaskan akan menghasilkan gelembung-gelembung bukan buih.

Tidak Beku

Coba letakan madu pada lemari pendingin (freezer), jika madu tersebut beku seperti es maka madu teresebut palsu. Sedangkan madu asli jika disimpan dalam freezer tetap cair kental seperti sirup.

Madu tidak Mengering

Coba oleskan madu pada telapak tangan lalu jemur, jika madu tersebut mengering dan meninggalkan atau menyisakan lapisan kerak pada telapak tangan maka dipastikan madu tersebut palsu. Sedangkan madu asli jika di jemur tidak akan mengering ataupun mengerak.

Cek Dengan Telur

Campurkan telur dan madu sambil dikocok, jika telur tersebut lama kelamaan berubah menjadi setengah matang. Maka dapat dipastikan madu tersebut asli berbeda dengan madu palsu meskipun dikocok dalam waktu lama tetap saja seperti itu tidak akan matang atau berubah.

Nah, bagaimana? Jadi tahukan cara bagaimana mengetahui ciri-ciri madu asli? Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca semuanya.