Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membersihkan Mata Kucing Persia

 

Cara Mudah Membersihkan Mata Kucing Persia

Duniahobiku.com - Mungkin catlover yang memiliki kucing persia selalu mengeluhkan tentang kotoran yang menempel di mata kucing persia. Mata kucing persia biasanya lebih sering keluar kotoran mata dibandingkan dengan kucing lainnya. Bahkan, semakin kecil hidung kucing persia bisa semakin sering kotorannya matanya keluar. Adapun penyebab dari kotoran mata yang terus keluar, diantaranya adalah :

Debu di sekitar ruangan / kandang kucing. Hal ini merupakan salah satu penyebab dari banyaknya kotoran mata pada kucing persia. Karena, kucing persia memiliki mata yang lebih besar dibandingkan kucing lainnya sehingga debu mudah menempel di mata kucing persia.

Sisa makanan yang menempel. Karena kucing persia memiliki hidung yang kecil dibandingkan dengan kucing lainnya maka sisa makanan mudah menempel di sekitar mata kucing persia. Biasanya terlihat pada bagian bawah mata dan disekitar hidung.

Adapun cara mudah untuk membersihkan mata kucing :

Jika kucing banyak cairan mata yang keluar dan menempel di bawah mata, maka catlover dapat menggunakan tissu basah untuk membersihkannya. Gosoklah bagian yang kotor dengan tissu basah sampai kotoran mata menghilang.

Menggunakan cream / salep untuk membersihkan mata kucing. Biasanya para pembiak menggunakan salep teramicyn untuk membersihkan kotoran mata kucing persia. Teramicyn dapat di beli di apotek. Untuk pemakainnya dengan cara mengoleskan langsung dimata kucing dekan ukuran kira – kira seujung jari. Tapi, harus berhati – hati untuk menggunakannya karena jika tidak kemasan salep dapat menusuk bagian mata kucing. Untuk mempermudahnya bisa dengan cara menempelkan salep di jari kita terlebih dahulu kemudian masukan secara perlahan ke mata kucing.  kemudian tutuplah mata kucing dan pijit secara halus.

Bisa menggunakan cairan infus untuk membersihkan mata kucing. Cara ini juga sering dipakai oleh pembiak kucing persia. Adapun caranya, cairan infus dituang ke sebuah wadah kemudian tissu celupkan ke cairan infus. Catlover bisa langsung mengelap bagian mata yang kotor dengan tissu yang sudah dibasahi cairan infus tersebut.

Selalu perhatikan kebersihan kandang. Usahakan menggunakan exhaust di ruangan kucing. Karena, dengan menggunakan exhaust dapat mengurangi debu yang berada di ruangan kucing. Dan selalu bersihkan kandang serta tempat makan kucing.

Semoga artikel Cara Mudah Membersihkan Mata Kucing Persia dapat bermanfaat buat anda para catlover dalam merawat kucing persia kesayangan anda agar lebih cantik dan sehat.