Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi Burung Cendet Over Birahi Bagi Pemula

 Cara mengatasi Burung Cendet Over Birahi Bagi Pemula

Duniahobiku.com – Cara mengatasi burung cendet yang Over Birahi (OB) baik dari segi ciri, penyebab, dan solusi supaya tidak terjadi lagi yang namanya over birahi pada burung cendet dan mungkin bagi para senior atau kicau mania yang sudah lama berlalulalang di kancah burung kicau sudah tidak asing dan mudah untuk mengatasi hal seperti ini.

Tingkah laku yang lain dari biasanya tentunya akan menimbulkan pertanyaan dibenak para penggemar burung pemula, ada apa gerangan dengan burung cendet kesayangannya? Bagi seorang master burung tentunya hanya dengan melihat telah mengetahui apa yang terjadi dengan kondisi burung cendet anda. Namun bagi pemula yang baru pertama atau belum mengerti betul tentang burung cendet pastinya akan kebingungan. maka alangkah lebih baiknya bertanya dan cari solusinya baik secara langsung bertanya pada pakarnya atau searching sendiri di google dan salah satunya pada web duniahobiku.com karena disana kalian bisa menemukan berbagai hal seputar binatang peliharaaan dan hobi lain seperti mancing, otomotif, kuliner, dan travelling.

1.  Ciri atau Perilaku Burung Cendet Over Birahi (OB)

Burung cendet yang Over Birahi cenderung galak dan tidak memandang siapa yang datang pada sangkarnya bahkan sang pemilik dari burung tersebut.

Burung cenderung agresif tidak bisa diam, loncat kesana kemari baik dalam sangkar maupun saat sedang diatas tenggeran.

Burung akan terlihat sering mencabuti bulu bulunya yang ada pada bagian sayap atau ekor. Tapi tidak semua burung yang mencabuti bulunya terkena over birahi mungkin juga ada faktor lain seperti jamur karena jarang dimandikan serta dijemur.

Nah itulah ciri dari burung cendet yang over birahi tapi perlu kalian ketahui juga bahwa jangan sampai membuat cendet kurang birahi! Karena kalau sampai cendet kurang birahi bisa bisa burung tidak mau berkicau atau cenderung untuk malas berkicau.

Selain mengetahui ciri dari perilaku cendet yang over birahi kita juga harus tahu beberapa penyebab yang mengakibatkan burung cendet over birahi dan bisa jadi galak, agar hal itu tidak berkelanjutan maka harus kita atasi sejak dini.

2. Penyebab Burung Cendet Over Birahi

Bisa jadi karena pakan yang diberikan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kurangnya perawatan yang dilakukan seperti jarang dimandikan serta di jemur sehingga birahinya tidak terkontrol.

Bisa juga karena ketertarikan pada lawan jenis dimana kita sering menggantungnya dekat dengan cendet lawan jenis terutama pada burung cendet yang telah dewasa.

Dan berikut ini adalah cara untuk mengatasi burung cendet yang over birahi dan bisa juga dikatakan sebagai cara terbaik dalam mengatasi cendet over birahi suapaya kembali normal dan bertingkah sewajarnya.

3.          Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi (OB)

Untuk mengatasi cendet yang over birahi bisa disesuaikan dengan penyebab terjadinya over birahi pada burung cendet seperti yang sudah disebutkan di atas. Seperti pemberian pakan yang mengandung banyak protein jadi sebisa mungkin kita kurangi atau ganti jenis pakan dengan yang mengandung sedikit protein agar burung tidak over birahi.

Atau mungkin bisa dikarenakan pemberian Extra Fooding (EF) yang berlebihan sehingga kita bisa mengurangi pemberian EF atau dihentikan sementara sampai over birahi pada burung cendet berkurang.

Mandikan burung setiap pagi dan jangan lupa untuk dijemur sampai kering. Dalam hal memandikan cendet over birahi ada yang melakukannya 2 kali dalam sehari ada juga yang hanya 1 kali tergantung pada kebiasaan dan perlunya burung untuk mandi.

Biasanya cendet akan melihat burung lain atau lawan jenis ketika sedang di jemur. Untuk itu usahakan jangan sampai burung melihat lawan jenisnya agar tidak ada ketertarikan yang membuantnya jadi over birahi.

Adapun cara perawatan khusus yang bisa kita lakukan pada burung cendet yang over birahi dimana sering juga dilakukan oleh cedet mania.

4.  Cara Perawatan Burung Cendet Over Birahi (OB)

Selain dimandikan pada pagi hari bisa juga kita mandikan burung cendet yang sedang over birahidi sore hari dengan catatan cuaca mendukung alias tidak mendung sehingga bisa kita jemur dahulu sampai kering dengan di angin anginkan juga.

Dengan catatan pengurangan waktu penjemuran yang biasanya penjemuran di pagi hari bisa berlangsung 1 – 2 jam tapi kalau untuk sore hari cukup 30 menit saja kemudian anginkan di teras rumah.

Kurangi pemberian Extra Fooding  

Berikan 2 jangkrik dulu perhari

Berikan juga cacing 2 kali dalam 1 minggu serta ulat bambu 3 kali dalam 1 minggu guna menstabilkan birahinya.

Satu lagi, bisa juga kalian mandikan burung pada malam hari (jika memungkinkan) meskipun hal ini tidak terlalu disarankan.

Silahkan kalian lakukan perawatan terebut secara berulang sampai over birahi yang terjadi pada burung cendet hilang tapi tetap jangan sampai juga cendet kekurangan birahi. Proses pemulihan cendet over birahi biasanya akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan baru akan terlihat hasilnya. Setelah itu bisa kalian lakukan lagi pemasteran dengan suara masteran pentet yang sudah gacor.

Oke itulah cara dalam mengatasi burung cendet yang over birahi. Adapun cara atau solusi lain dalam memulihkan cendet over birahi seperti halnya memberikan multivitamin seperti BirdVit yang dapat membuat kondisi burung stabil serta fit. Tetap lakukan hal hal di atas secara rutin sampai keadaan burung benar benar stabil dan tidak lagi over birahi.

Semoga artikel Cara mengatasi Burung Cendet Over Birahi Bagi Pemula dapat bermanfaat buat anda para kicau mania terutama bagi para pemula yang baru terjun menekuni hobi memelihara burung.