Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Sayuran Sawi Hijau Bagi Pemula

 Cara Menanam Sayuran Sawi Hijau Bagi Pemula

Duniahobiku.com – Cara menanam sayuran sawi hijau bagi pemula merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengisi lahan kosong yang ada dirumah .Tanaman sawi merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan cocok untuk para pemula yang sedang ingin belajar menanam sayuran. Ingi tahu bagaimana cara menanam sayur sawi ? simak terus artikel ini dan temukan langkah-langkah mudah yang bisa anda terapkan dirumah.

Indonesia merupakan negara yang potensial sekali unutk mengembangkan tanaman sayur-sayuran, Karena negara Indonesia sendiri memiliki tanah yang sangat subur dibanding dengan negara yang lainnya. Di mancanegara Indonesia juga tekenal dengan negara yang kaya akan rempah rempah dan sayurannya dari jaman dahulu.

Menanam sayuran merupakan suatu hal yang paling banyak digemari oleh banyak orang.  Dari banyak jenis tanaman di Indonesia , sayuran sawi lah yang paling sangat mudah untuk di budidayakan. Sayuran sawi menjadi salah satu sayuran yang paling digemari masyarakat Karena rasanya yang enak dan biasanya digunakan untuk campuran membuat mie dan sangat mudah untuk diolah menjadi lauk pauk saat bersantap bersama keluarga,selain hemat juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan gizi yang terdapat di sayuran sawi dapat berfungsi untk menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya penyembuh sakit kepala, pemebersih darah, menghilangkan rasa gatal di tenggorokan, dan lain lain. Sayur yang berwarna hijau sangat direkomendasikan sebagai salah satu menu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sawi hijau memiliki teknik budidaya tanaman sawi yang cukup mudah, hal ini dikarenakan sayuran sawi ini mudah tumbuh subur di berbagai media tanam, dari yang gembur hingga berpasir. untuk memanen sawi dapat dilakukan saat sawi mulai berumur satu bulan dengan cara memotong pada bagian batangnya.Cepatnya waktu panen yang hanya berkisar 30-40 hari menjadikan tanaman ini juga berpotensi menjadi peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan.

Untuk menanam sayuran sawi kita memiliki beragam pilihan, selain langsung ditanam ditanah kita juga bisa menggunakan pot, polybag, bahkan botol plastik bekas minuman air mineral. Berikut adalah cara menanam tanaman sayuran sawi hijau:

1.           Pengolahan Tanah

Penanaman sawi hampir sama dengan penanaman sayuran lainnya.. Siapkan media tanam seperti tanah yang bercampur dengan pupuk kandang./kompos. Dengan perbandingan 2:1:1, campurkan media tersebut kemudian pindahkan ke dalam pot/polybag yang sudah disiapkan.

Hal kedua yang akan dilakukan jika kita menanam langsung dikebun / lahan yaitu lakukan penggemburan tanah yang bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah dan sirkulasi udara di dalam tanah. Sebelum digemburkan, tanah harus dibersihkan dahulu dari bebatuan, semak, rumput dan pepohonan. Usahakan tanaman sawi jangan sampai ternaungi oleh pohon besar karena tanaman sayuran sawi akan cepat tumbuh dibawah sinar matahari secara langsung.

Bila daerah yang akan ditanami memiliki pH asam terlalu rendah maka sebaiknya dilakukan pengapuran. Hal ini bertujuan untuk menaikkan derajat keasaman pada tanah.

2.           Pembenihan Tanaman Sawi

Pembenihan merupakan salah satu factor penentu keberhasilan dalam budidaya tanaman sawi hijau. Karena benih yang bagus akan menghasilkan pertumbuhan yang bagus pula. Untuk satu hektar lahan dibutuhkan kira-kira sebanyak 750gram benih sawi hijau tetapi jika digunakan untuk menyalurkan hobi dirumah anda bisa menggunakan bibit dengan kemasan berukuran kecil yang banyak dijual ditoko pertanian dengan kisaran harga 20-25 ribu / kemasan. Benih tersebut sudah lebih dari cukup untuk hobi berkebun dirumah..  Benih sawi hijau yang harus digunakan yaitu benih yang harus memiliki kualitas yang baik dengan ciri bentuk bulat kecil, warna kulit kecoklatan hitam, dan permukaannya licin mengkilap..

Pembenihan Tanaman Sawi

3.            Pembibitan Tanaman Sawi

Pembibitan dapat dilakukan berbarengan dengan pengolahan tanah. Untuk pembibitan pada cara budidaya sayuran sawi ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu:

Rumah bibit

Kita dapat membuat rumah bibit dengan menggunakan bambu sebagai tiang dan plastic sebagai atap.

Penyemaian Bibit Sawi

Taburkan 2 kg pupuk kandang yang telah matang didalam rumah bibit ditambah 20 gram urea, 10gram TSP, 7,5gram KCL Setelah dua minggu,benih dapat ditabur, kemudian tutupi benih tersebut dengan tanah halus setebal 2 cm dalam bedengan

Penyemaian Bibit Sawi

Transplanting

Transplanting merupakan proses pengisisan panel semai pada media semai. Bila benih sudah berdaun sekitar 2-3 helai, tanaman sawi dapat dipindahkan ke panel semai. Kemudian simpan panel semai di dalam rumah bibit hingga siap tanam. JIka anda tidak memiliki media tanam semai anda bisa menggunakan bekas aqua gelas / polybag .

Penanaman Tanaman Sawi

Sebelum melakukan penanaman sebaiknya lakukan proses pemupukan i pada lahan tanah. Benih yang sudah siap tanam akan ditanam di bendengan yang memiiki lebar 120cm. tinggi bendeng sektar 20-30 cm dan jarak bendeng satu dengan bendeng yang lainnya yaitu 30cm.  jarak tanamnya sekitar 20 x 20 sampai 40x40 cm. pilihlah bibit yang terbaik terlebih dahulu sebelum dipindahkan.

4.           Pemeliharaan

Untuk pemelihraannya sendiri ada beberapa proses yaitu:

Penyiraman, hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya tanaman sawi hijau adalah penyiraman. Jika musim penghujan maka pengurangan air bisa dibatasi. Tetapi jika pada musim kemarau maka penyiraman bisa dilakukan 2 – 3 X sehari, baik di pagi, siang maupun sore hari.

Penyiangan dilakukan setelah dua minggu penanaman. Biasanya dengan cara mencabut tanaman yang tumbuh terlalu rapat dan berdempetan dan ditumbuhi gulma

Panyulaman/Penggantian tanaman yang mati dan diserang hama penyakit tanaman. Jika dirasa perlu pada saat penyiangan dan penyulaman lakukan pula penggemburan tanah

Perawatan Tanaman Sawi

Selain penyiraman dan perawatan tanaman dari gulam peril dilakukan pemupukan utnuk memperoleh hasil yang maksimal. Gunakan pupuk yang mengandung nitrogen tinggi untuk sayuran daun. Untuk dosis dapat dilihat pada kemasan pupuk dan berikan sesuai umur tanaman. Penambahan pupuk kandang dan kompos bisa dilakukan untuk menambah unsur hara tanaman.

5.           Panen Tanaman Sawi

Pada umur sekitar 40 hari setelah masa semai, tanaman sawi biasanya sudah dapat dipanen, untuk cara memanennya sendiri dilakukan dengan cara dipotong pada batangnya, mencabut seluruh tanaman atau juga memetik daunnya satu persatu.

Panen Tanaman Sawi

Semoga artikel Cara Menanam Sayuran Sawi Hijau Bagi Pemula dapat bermanfaat bagi anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com dimanapun anda berada.